Home » , » apa yang di ajarkan sekolah dj untuk pemula?

apa yang di ajarkan sekolah dj untuk pemula?

Halo sob..Pada postingan tentang cara menjadi dj, ane bahas tentang belajar di dj school, karena ini cara yang paling mudah untuk mengetahui dan belajar teknik dj. Sudah tahukah ente teknik apa saja yang di ajarkan sekolah dj pada  murid yang belajar ? Ok..biar tidak pada penasaran ane kasih bocorannya.

Teknik dj  yang di ajarkan sekolah dj untuk pemula

Untuk kelas dj pemula/newbie biasanya mengajarkan teknik basic mixing di antaranya:

1. Pengenalan alat / Equipment introduction
2. Beat n Clab
3. Speed Hunting
4. Beat mixing
5. Bar mixing
6. Creative mixing

Agar lebih jelas mari kita bahas garis besar teknik di atas satu persatu:

1. Pengenalan alat

Bagian ini akan diajarkan bagaimana menggunakan alat dj yang umum di gunakan seperti : turntable atau cdj player, mixer dj. Tentang fungsi dan kegunakan tombol pada alat akan di jelaskan secara detail agar pada saat memakai tidak bingung, karena seorang dj harus mengenal alat dan ini sangat penting.

Salah satu fungsi tombol alat dj baca di postingan : Apa fungsi tombol cue pada alat dj pioneer, yang sudah ane bahas.

2. Beat n Clab

Pada materi beat n clab murid akan di ajarkan bagaimana mengenali dan memahami beat pada irama lagu, dari menangkap beat dan clab  agar mengasah kepekaan dalam teknik mixing.

3. Speed hunting.

Speed hunting / pitch control adalah teknik untuk menyamakan tempo/bpm pada dua lagu yang di putar secara bersama-sama. Murid akan di ajarkan bagaimana menghitung bpm lagu secara manual dengan benar. Jangan lupa baca article tentang bagaimana cara speed hunting jika ingin belajar otodidak.

4. Beat mixing

Teknik beat mixing di ajarkan setelah murid menguasai teknik dj beat n clab, speed hunting. Garis besar materi ini adalah mengajarkan bagaimana proses mixing lagu dengan benar dan sempurna.

5. Bar Mixing

Dalam materi ini murid akan di bimbing tentang cara menghitung bar kedua pada lagu yang akan di mix, sehingga lagu menjadi harmonis. Di dj school akan di latih cara menghitung BAR MIX.

6. Finishing mix

Pada tahab ini murid akan di ajarkan bagaimana melakukan proses pergantian lagu secara harmonis / selaras, dengan kata lain " halus", sehingga perpindahannya tidak ketahuan atau mengejutkan audien. Istilah kasarnya tidak "ngeprak", alias bledak bledak gak karuan.

Setelah semua teknik di atas sudah di kuasai maka biasanya seorang murid akan mendapatkan magang atau tes perform langsung di depan audien. Itu jika sekolah dj tempat belajar memberikan magang ini, karena tidak semua dj school melakukannya. Tapi kebanyakan sekolah dj yang bagus di jakarta atau daerah lainnya akan memberikan kesempatan untuk tampil di depan audien (tes mental ). Ini dengan tujuan agar murid di harapkan menjadi dj profesional, karena itu juga akan mengangkat nama sekolah dj itu sendiri.

Demikian gambaran tentang dasar dasar teknik dj yang di ajarkan oleh dj school pada umumnya. Bagi yang ingin menambahkan silahkan comment. Dan jika ente ingin tahu di mana tempat belajar (khursus dj ) di seluruh indonesia, silahkan baca aticle tentang - informasi dj school di indonesia kota dan daerah. Barangkali ada yang dekat dengan tempat ente.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.47

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.