Home » , , » Apa fungsi tombol cue dan play pada cdj 1000

Apa fungsi tombol cue dan play pada cdj 1000

Ini untuk yang punya alat cdj 1000 saja, mungkin pengen jadi dj dan punya buget lebih untuk beli alat sendiri buat di rumah. Bagi yang sudah kursus ke dj school abaikan saja postingan ini, ane mau share di blog belajar menjadi dj ini, sedikit tentang fungsi tombol cue dan play di cdj 1000 yang sebenarnya. Mungkin saja bisa membantu ente yang punya alat sendiri tapi tidak tahu cara menggunakannya dan ingin belajar dj sendiri secara otodidak. Mudah-mudahan jadi wawasan bagi yang ingin jadi dj agar sedikit mengenal alat yang biasa di gunakan.

Buat ente yang suka mainin virtualdj dan belum pernah menyentuh alat cdj info ini ane rasa penting, karena dasar pembuatan dj software di era digital dj ini berasal dari alat dj manual. Sudah selayaknya kita harus mengenal fungsinya. Mari kita bahas fungsi tombol cue dan play.

  • Tombol play / pause :
Berfungsi untuk menghidupkan lagu dan pause serta untuk drob. Di dalam prateknya saat digunakan untuk djing tombol pause berfungsi juga untuk proses membuat titik point Cue ( start awal lagu). Bagaimana caranya nanti kita bahas nanti pada postingan selanjutnya.
  • Tombol Cue di cdj 1000 dan Fungsinya.

Apa fungsi tombol cue di cdj 1000

Tombol cue di cdj 1000 atau lainya selain berfungsi untuk Stop di gunakan juga untuk membuat titik point suara pada lagu yang akan di mainkan, dalam ilmu dj di sebut juga CUEING. Jadi persisnya jika kita ingin mematikan lagu yang di putar di cdj cukup tekan tombol Cue maka lagu akan berhenti. Jadi 1 tombol multifungsi dalam penggunaan.

  • Feature Hot Cue.


Di cdj player tombol ini mempunyai fungsi untuk membuat cue dan play cue point juga ( tapi bagian lagu yang di anggap hot ), Caranya jika ingin membuat hot cue yaitu aktifkan fungsi Rec Mode, kemudian play lagu, hitung 1,2,3,4 ikuti suara beat kemudian di hitungan ke 4, pada ketukan pertama tekan salah satu item hot cue. Misalnya di hot cue A. Maka bagian lagu akan terekam di bagian hot cue A.

Bagaimana cara menghidupkan / memakai hot Cue A, tadi ?

Caranya adalah matikan tombol Rec Mode, dan tekan hot cue A. Jika tidak di matikan maka akan terus merekam. Jadi dengan feature hot cue ini seorang dj bisa membuat cue lebih dari 1 yang tujuanya agar memudahkan play lagu saat mixing. Sehingga tepat pada ketukan awal lagu agar sejalan dengan lagu pertama saat akan ganti lagu ( dengan syarat bpm sama).

Dan juga untuk jaga-jaga kalau kepepet, serta untuk lebih berkreativitas saat mixing lagu. Sebagian dj ada yang sering memakai hot cue di cdj dan ada juga yang tidak, jadi cukup menggunakan tombol cue/stop. Dulu sewaktu ane masih aktif djing juga sering menggunakan feature ini.

Ok, sob ? Jadi apa fungsi tombol cue dan play pada cdj 1000, seperti yang ane /saya bahas di atas, bisa jadi gambaran sebelum menggunakan alat dj buatan pionner. Untuk ente yang alat sendiri di rumah dan belum tahu fungsinya semoga jadi paham. Ane hanya share saja apa yang terekam di otak. Cdj yang lain juga sama pasti tombolnya tulisannya Cue. Jika ente Dj yang sudah mahir abaikan saja article ini. Semoga bermanfaat.

Silahkan baca lanjutannya yaitu : Cara membuat cue point di cdj 1000 mk

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.50

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.