Home » , , , » Cara membuat cue point di cdj 1000, untuk newbie

Cara membuat cue point di cdj 1000, untuk newbie

Kalau kemarin ane posting tentang fungsi tombol cue dan play di cdj 1000, kali ini ane berbagi tips tentang cara membuat cue di cdj 100 dan alat dj lainnya. Karena salah satu teknik dj menggunakan alat manual adalah Cueing. Mengingat tidak semua lagu dj di bagian awal ada beatnya.

Terkadang ada di 8 bar maju, kadang pula di 4 bar. So, teknik dj cueing ini perlu di kuasai oleh seorang dj. Ane harap ente punya alatnya, jika tidak jadikan postingan ini sebagai wawasan saja untuk mengenal sedikit tentang alat dj manual. Atau gunakan saja software virtualdj, dengan skin pioneer cdj 1000.

Gimana cara membuat Cue point / start awal lagu dengan tombol cue ?


Cara membuat cue point di cdj 1000

Cara membuat cue point di cdj 1000 cukup simple, yaitu dengan menggunakan tombol cue dan play/pause seperti gambar paling atas. Langkahnya ?
  • Setelah kita masukkan cd lagu khusus djs only, kemudian play. Hitung 1 - 4, sampai 2 bar - 8 bar ( bebas). Pada beat pertama hitungan ke 4, tekan PAUSE, kemudian tekan tombol cue. Beres...
  • Selanjutnya play, maka lagu akan di mulai dari cue yang telah kita buat tadi melalui proses di atas. Atau dengan cara mendorong maju Jogdial hingga terdengar suara beat, lalu tekan pause, kemudian tekan tombol Cue. Binggung ane bro..?
Hehe..sama ane juga bingung sob.."

Jika binggung soal hitungan beat, okelah agar lebih jelas kita lihat visual dari virtualdj software versi apa saja.

Membuat cue point di cdj player alat manual

Dengan melihat visual beat di atas grafik paling tinggi itu adalah beat "Duk", patokannnya adalah garis tinggi yang ke 4 itu, untuk point yang harus di buat Cue. Jadi.. ketika kita play lagu sambil menghitung 1-4, tepat di hitungan ke 4 itu ( bagian beat), baru tekan pause lalu tekan cue. Paham, kan? Nggak paham yo karepmu..Biasanya pada hitungan 4 yang ke 2x.

Kalau ente punya alat sendiri pasti tidak bingung karena bisa langsung praktek, dan berlaku untuk semua alat dj standar yang biasa di mainkan cdj. Intinnya jika ente punya cdj 200 - 2000, kemungkinan fungsi tombolnya sama. Atau jika ente perhatikan dengan serius pada software dj pun selalu ada tombol cue/stop. Karena memang dasar pembuatan dan munculnya era software dj adalah dari alat dj manual.

Nah, terus misalnya ane mau hapus cue gimana, bro..?

Cara hapus cue point yang telah kita buat di cdj player, cukup tekan tombol cue 2 kali, maka cue point akan terhapus ( netral tanpa cue point) atau pindah track ( tekan tombol track search) kemudan balik lagi ke track awal. Memang kadang-kadang cue point yang kita buat tidak pas, jadi saat di play lagu akan lari / tidak sejalan dengan lagu pertama. Maka dari itu kita harus membuat cue point kembali sampai tepat dan pas. Jika cue point sudah bener dan tempo/bpm lagu sama tapi lagu lari, cukup gunakan Jogdial untuk merapatkan beat kedua lagu yang di mixing.

Apakah setiap mixing lagu di cdj player kita harus membuat cue point, bro..?

Pertanyaan yang sangat bagus sob..
Jawabannnya tidak selalu harus membuat cue point, karena sekarang lagu-lagu dj kebanyakan sudah di setting di bagian awal selalu ada beat untuk starting mixing lagu. Terutama untuk lagu-lagu dj genre house, tribal house, dan genre lainya yang biasa di mainkan para dj.

Jadi, langsung play saja jika sudah waktunya akan ganti lagu, dan lakukan teknik speed hunting dj seperti biasanya. Tapi tidak ada salahnya bila ingin membuat cue point juga untuk jaga-jaga.

Itulah dj tips untuk pemula bagaimana cara membuat cue point di cdj 1000 atau cdj player lainnya. Silahkan di coba dan praktekin bagi yang punya alat dan belum tahu cara menggunakannya. Ane cuma share saja, syukur kalau bermanfaat. Jika ada yang salah silahkan di comment.

Jangan lupa baca juga -- cara menggunakan hot cue di cdj 1000, yang pernah ane bahas sebelumnya

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.37

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.