Home » » Apa fungsi Jog Dial - jog Wheel pada CDJ

Apa fungsi Jog Dial - jog Wheel pada CDJ

Apa fungsi Jogdial - jog wheel pada alat DJ : Buat newbie yang baru pertama kali melihat melihat alat DJ pastinya melihat ada tombol bulat kecil berlubang, disamping vinyl pada cdj player, atau Controller. Apa fungsinya ? Dan bagaimana cara menggunakan Jog dial / Jog wheel ? Posting kali ini Ane akan bahas apa fungsi Jog dial pada alat DJ, yang pada article sebelumnya Ane sudah bahas tentang fungsi Cue pada cdj player. Semoga saja menambah wawasan kalian yang sedang mempelajari fungsi dari dj gear. Mungkin saja Ente punya alatnya dan belum tahu kegunaannya. Ok langsung saja kita bahas.

Fungsi Jog Dial / Jog wheel pada alat DJ :

Apa fungsi Jog Dial - jog Wheel pada CDJ
Jog Dial pada Cdj 1000
Tombol Jog dial / Jog wheel digunakan untuk mengejar / merapatkan ketukan lagu yang tertinggal atau kecepetan antar 2 lagu yang dimainkan di deck A dan B pada alat DJ agar sejalan. Karena meskipun bpm kedua lagu sama, akan tetapi belum tentu ketukan kedua lagu sama. Jadi harus disamakan dengan Jog Dial. Meskipun alat dj sekarang sudah banyak yang memiliki tombol SYNC , belum tentu ketukannya sama ( ngeprak ).

Cara menggunakan  Jog Dial yaitu memakai jari tengah atau jari lainnya, tekan tarik kebawah atau dorong keatas pas lubang atau di sampingnya ( syaratnya Jog mode : CD - bukan pada mode Vinyl). Kapan harus menggunakan Jog Dial ?

Tergantung pada keadaan lagu yang sedang di mixing, berpatokan pada lagu pertama ( Dek A / B ). Jika lagu kedua ketinggalan maka Jog dial harus di tekan dan tarik kebawah, dan sebaliknya. Sampai ketukan lagu keduannya sama, sehingga mixing jadi halus ( tidak ngeprak - bledak bleduk ). Dengarkan lewat Headphone DJ untuk mengetahui apakah kedua lagu sudah sama ketukannya, sebelum proses pergantian lagu. Sebelum lagu pertama diturunkan volume fader pada mixer seorang DJ tetap harus jaga, bisa jadi dalam beberapa Bar lagu kedua ketukan lari.

Tidak selalu harus menggunakan Jog Dial pada saat mix lagu di alat dj, ini digunakan hanya jika ketukan lagu belum sama. Jika sudah sama Dj hanya mengontrol saja, takutnya ada bagian lagu yang lari. Kabar baiknya lagu dj sekarang rata-rata normal, jarang banget ada yang lari, jika pada saat start play lagu kedua tepat timingnya maka seterusnya aman ketukan kedua lagu akan selalu sama.

Intinya jika lagunya normal, dan titik Cue benar maka jarang sekali memakai Jog dial atau jog wheel. Apalagi perform menggunakan dj controler dengan software, instant dan aman. Yo weslah..Itulah sedikit informasi tentang apa fungsi Jog Dial pada cdj player.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 14.37

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.