Home » , » 5 tips dalam membuat lagu dj original mix di Fl studio untuk pemula

5 tips dalam membuat lagu dj original mix di Fl studio untuk pemula

tips dalam membuat lagu dj original mix fl studioPada postingan sebelumnya ane pernah membahas topik tentang bagaimana cara membuat lagu dj yang telah ane jelaskan dengan detail. Barangkali teman-teman masih ada yang belum paham, jadi ane persingkat saja dengan membahas 5 tips membuat lagu dj original mix di fl studio untuk pemula. Terutama bagi seorang dj dengan punya lagu original sendiri, ini akan mempermudah karir untuk menjadi dj terkenal dan profesional. Mudah-mudahan bisa di pahami. Di bawah ini point-pointnya :

  1. Memahami terlebih dahulu dengan benar genre lagu yang akan kita buat.
  2. Tentukan dulu nada dasar lagu, atau bahasa umumnya adalah : Do dari nada apa .
  3. Mulailah dari bagian yang paling mudah di lakukan.
  4. Jangan terburu ingin segera selesai
  5. Buat lagu yang simple dulu
Ok, mari kita bahas satu-persatu 5 tips membuat lagu dj original mix di atas agar lebih jelas. Tapi ini adalah apa yang ada di pikiran ane selama ini dalam mengerjakan project lagu, hanya share saja.

  • Memahami terlebih dahulu dengen benar genre lagu yang akan kita buat.
Bagian ini untuk menghindari lagu yang tidak jelas arahnya, ke aliran musik apa. Sebagai contoh : Jika kita ingin membuat lagu genre electro house, house, hip hop, maka mau tidak mau sebelum membuatnya kita harus pahami struktur lagunya. Karakter musik seperti apa, bassline, rhythm, tempo/bpm, sound instrument, dan lainnya. Jangan sampai niatnya ingin membuat lagu electro, eh malah jadinya trance.
  • Tentukan dulu nada dasar lagu.
Bermain dari nada apa sebaiknya ? Karena ini cukup penting agar lagu menjadi indah dan harmonis, serta terarah alur nadanya. Menurut pengalaman dan yang ane pelajari pada genre lagu dj versi original mix, penentuan nada dasar kebanyakan mengambil nada pertengahan dari tangga nada ( C, D, E, F, G, A, B, c - dan nada naiknya/ oktaf). Baik major atau minor. Lihat tabel tangga nada major di bawah :

Memahami Tangga nada major di fl studio

Biasanya diantara nada E - B. Contoh lagu original mix yang ane buat di bawah ini. Nada dasar adalah F.



Kenapa mengambil petengahan dari tangga nada ?

Alasanya sederhananya dalam lagu dj original mix adalah selain lagu untuk kita nikmati sendiri, lagu tersebut akan di mainkan untuk perform agar orang bisa dance. Jadi agar lagunya berkesan tinggi ( kecuali remix), sebaiknya untuk nada dasar tidak mengambil nada rendah. Misalnya dari nada C Do ( rendah). Tidak percaya ?

Coba saja ente mainkan/mixing lagu yang sudah jadi, lagu pertama chord/key A, terus lagu kedua key C, pasti akan terasa turun. Karena A lebih tinggi dari nada C.

  • Mulailah pada bagian yang mudah di lakukan.

Misalnya, membuat beatnya terlebih dahulu, itu paling mudah bukan ?
Jika beat sudah jadi, termasuk setingan soundnya dan proses lainnya, baru kita lanjut ke bagian bassline. Intinya lakukan proses yang paling kita kuasai dulu. Jangan membuat melody dulu selama kita belum menguasai teknik membuat melody yang benar. Karena nanti malah stuck di tempat dan akhirnya bete sendiri.

  • Jangan terburu-buru ingin segera selesai lagunya .

Nah ini kadang jadi penyakit para music producer pemula, tidak sabaran ingin cepet selesai lagunya agar segera bisa di share. Karena buru-buru ini kebanyakan di finishing akhir, mixing dan mastering lagu tidak maksimal. Bahkan jika kita dengar sendiri berasa hambar, sound terdengar mentah, atau kadang ada bagian element lagu yang masih kurang. Ini juga kadang ane alami..haha..

membuat lagu di fl studio untuk pemula
Biar seger matanya, Cantik kan ?

  • Buatlah lagu yang simple dulu 
Yang ane maksud simple adalah untuk chord/key dan element musiknya.

Misal : Untuk awal-awal membuat lagu original mix, sebagai latihan chord lagunya cukup 1- 2 saja. Contoh dari nada E, selanjutnya tinggal olah nadanya. Karena jangan salah lagu dj memang lebih di tekankan untuk dance, jadi jika banyak chord biasanya malah akan terkesan naik turun terutama bagian yang ada beatnya, kecuali bagian floating beda lagi harus bisa mengolah nada.

Terkecuali remix lagu yang ada vocalnya dan harus mengikuti chord lagu aslinya agar harmoni. Dj luar kadang chordnya di tahan agar tidak turun kalau remix lagu.

Selanjutnya jika membuat lagu original mix yang simple dengan hanya sedikit instrument dan chord sudah bisa,  baru lanjut ke yang lebih menantang dengan 2 - 4 chord ( progression).

Ya, sudahlah inilah 5 tips dalam membuat lagu dj original mix di fl studio untuk pemula. Ini sekedar untuk wawasan dan berbagi pengalaman saja, dan bukan bermaksud mengurui. Karena di luar sana banyak para master musik. Bingung ane mau nulis apa lagi. Semoga ini menambah wawasan kita dalam berkarya musik.

Jangan lupa baca juga sob, potingan -- 5 langkah sebelum membuat musik dj yang pernah ane bahas sebelunya.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.38

3 comments:

  1. loop kendang nya kurang dari 1bar gimana cara nya supaya pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. di fit tempo dulu sob..lah commentnya di sini ya bukan di postingan dwonload loop kendang..

      Hapus
  2. bang bagaimna membuat benang merah dari instrument beat yang kita ingin naikkan 1 octave

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.