Home » , » 5 Langkah sebelum Membuat musik DJ

5 Langkah sebelum Membuat musik DJ

5 langkah membuat musik Dj
Postingan kali ini saya akan membahas masalah bagaimana langkah membuat musik DJ, yang sering di tanyakan beberapa teman melalui email atau facebook. Padahal sebenarnya telah saya bahas pada postingan cara membuat lagu dj dan remix. It's ok, perjelas lagi bagaimana langkahnya lebih detail. apa saja yang harus kita siapkan dan lakukan, agar prosesnya menjadi lebih mudah dan bisa menjadi panduan untuk pemula. Karena musik/lagu dj agak berbeda dengan musik dan lagu-lagu pop komersil di pasaran.

Inilah 5 langkah dalam sebelum membuat musik Dj adalah:



1. Pahami terlebih dahulu style/genre lagu DJ

Maksud saya adalah perlu pemahaman lebih serius tentang struktur lagu dan element musik genre lagu EDM (electronic Dance music). Agar pada saat proses tidak mengalami stuck di tempat alias ngeblank, bingung mau seperti apa musiknya. Sebagai contoh, jika anda akan membuat lagu dengan genre electro house, maka kita harus pahami betul genre tersebut. Juga ketika kita akan membuat lagu dutch house, progressive house, trance, yang kini lagu hit di indonesia. Sangat di perlukan pemahaman musiknya. Untuk memahaminya kita bisa mendengarkan lagu-lagu yang sudah ada. Pahami tempo/bpm, bassline, beat, sound instrument, melody, dan lainya. Juga struktur lagunya. Dengarkan dari Intro sampai outro.

 Dan jangan lupa gunakan samples yang sesuai genre lagu agar lebih mudah dalam membuat lagu. Karena karakter suara, Contoh untuk drumkit berbeda dengan lagu pop. Biasanya di setiap software DAW sudah menyertakan samples tiap genre musik. Tapi jika kurang puas anda bisa beli samples khusus di online store. Seperti--loopmasters.com

2. Gunakan Software musik composing dan production

Setelah kita paham, selanjutnya kita putuskan akan memakai software DAW apa untuk membuatnya. Anda bisa menggunakan Logic pro, Fl studio, pro tool, abelton live, dan lainnya. Saya pribadi memakai Fl studio 10 signature bundle box version dalam mengerjakan project musik, karena saya tahu ilmunya (walaupun masih terus belajar). Apapun software yang kita gunakan untuk hasilnya adalah tergantung kita sendiri, bagaimana kita bisa meng-explorasi suara. Termasuk bagaimana kita bisa menjiwai musik itu sendiri. Karena menurut para musisi handal musik yang lahir dari jiwa akan berasa lebih hidup. Setuju?
 Menguasai satu software musik lebih baik ketimbang memakai banyak software tapi tidak menguasainya. Waktu kita habis buat belajar terus. Akan tetapi jika kita ingin mencari  mana yang nyaman di pakai dan mudah, kita boleh mencoba demo software tersebut setelah itu putuskan. Usahakan beli yang asli, karena semoga dengan memakai software yang asli kita beli ada ridha ALLAH swt. Aamin. Apalagi jika kita gunakan untuk mencari rezeki..hehe..

3. Pelajari terlebih dahulu tentang Ilmu musik

Ini sangat penting sekali kita kuasai walaupun sedikit sebelum membuat musik dj/ngeremix. Agar punya panduan dan skill. Terutama tentang Chord progression / harmonic progression. Secara sederhana pengertian chord progression dalam  musik adalah teori untuk mengetahui perubahan chord, hubungan harmoni tiap nada, root key. Silahkan baca di wiki agar lebih jelas. Sebagai contoh ketika kita memainkan gitar kemudian bernyanyi dengan chord / Key dasar C, maka rootnya adalah ke chord C, DM, E, F, G , A, B (kombinasi major dan minor), jika di urut berdasarkan scale nada. Tapi dalam lagu tidak harus urut seperti itu pada chord. Tergantung lagunya.

Yang di maksud chord adalah tiga buah nada atau lebih yang di bunyikan secara bersamaan atau terputus sehingga menjadi nada yang teratur dan terdengar harmonis. Dalam membuat musik DJ biasanya menggunakan teori simple progression dalam penggunaan chord. yaitu Scale nada Major dan Minor. Karena kebanyakan lagu lagu dj element musiknya simple dan tidak banyak chord yang di pakai, berbeda dengan musik pop. Untuk belajar memahami chord anda bisa melihat di postingan chord wizard memakai Fl studio. Jika anda pemain keyboard atau anak band pasti sudah tahu dan menguasai tentang chord dan rootnya. Bagi yang belum tahu anda harus belajar jika ingin membuat musik DJ/musik producer secara benar, karena bagian ini sangat vital yang mana dengan menguasai chord progression kita akan mudah dalam membuat bassline, melody, lead dan lainnya. Karena memang dasarnya dari bagian ini, minimal paham tentang teori Simple progression (yaitu scale major dan minor).

4. Komputer dan sound sistem

Pastikan PC komputer atau laptop, mac, yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang cukup. Seperti Procesor, Ram, hdd, soundcard/usb sound. Menurut pengalaman saya komputer yang kita pakai sangat mempengaruhi kinerja Vst instrument atau effect yang kita gunakan dalam membuat lagu. Terutama untuk procesor, hdd dan Ram (memory). Hdd atau hardisk kita gunakan untuk menyimpan file hasil render data lagu yang berupa file wav. File wav mempunyai file size yang besar, tapi untuk kualitas suara bagus, padat dan tebal. Untuk spek  saya sarankan :
Minimal Ram 2gb, hdd 320gb, procesor Intel atau Amd, Os (windows or Mac)
Lebih bagus Ram 4 - 8Gb, procesor i3 - i7, hdd 500 - 2TB (bebas, makin besar makin enak untuk menyimpan data lagu dan data samples). Layar monitor 17 - 22inch. Saya memakai Pc dengan spesifikasi : Procesor intel core i7 3,80ghz, ram 8gb, hdd 2tb, layar lcd 22inch. Untuk tips home recording  silahkan baca tips di sini.

Untuk sound sistem:
Speaker monitor: Para audio enginer menyarankan kita menggunakan speaker jenis Flat agar lebih mudah mengetahui detail suara yang kita dengar . Ini untuk proses mixing dan mastering sendiri agar kualitas suara menjadi bagus. Speaker monitor type Flat banyak sekali di jual di pasaran, salah satunya adalah merk Esi near 05, KrK dan lainnya. Silahkan baca review di sini tentang speaker monitor untuk musik produser.

Soundcard / usb sound:
Para musisi senior ada yang menyarankan typr soundcard / usb yang support sample rate up to 192 khz. Seperti merk Audiofire, M-audio, esi U24 XL, Motu ultra lite - mk 3 hybrid audio. Info lainnya tentang memilih soundcard untuk pemula silahkan baca di musikforum. Saya memakai audifire2 firewire, dan untuk anda terserah akan menggunakan soundcard/usb/firewire yang mana yang penting sesuaikan buget. Jika akan memakai apa adanya yang terdapat di dalam laptop atau pc yang anda punya, silahkan saja. Ini hanya recomendasi saja. tapi untuk kualitas lagu tentu ada bedanya.

5. Action
Mulailah dari sekarang, hal apa yang pertama harus anda lakukan untuk membuat musik DJ dengan serius, anda lah yang tahu. Baik hanya sekedar untuk hoby atau untuk tujuan mancari income dari musik. Jika ingin pelajari secara otodidak lakukan step by step dan sabar, karena ada proses yang harus anda bayar.Cari informasi dan tutorialnya di youtube atau bisa mulai di blog ini jika memakai Fl studio. Bila ingin cepat bisa, carilah seorang pembimbing atau guru di daerah anda. Jika tidak ada, ya nasib.hehe..

5 langkah sebelum membuat musik DJ (edm: electronic dance musik), ini hanya buah pikiran saya dan pengalaman selama ini, juga dari informasi para senior. Bukan bermaksud mengurui atau sok tahu, karena saya juga bukan musisi terkenal. Saya hanya ingin terus bertumbuh ilmunya. Karena jika saya berbagi ilmu walaupun sedikit, InsyAllah ilmu saya pun bertambah. Masih banyak di luar sana dan di internet yang menulis lebih bagus dari ini. Selamat mencoba dan mulai berkarya. Mohon maaf jika ada kekurangan..Ciuss.?

Hendryal
Hendry Al Updated at: 08.40

6 comments:

  1. om tumpang copas ok hehehe

    nice info om thanks ... saya make virtual dj home om ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok..jangan lupa cantumin sumbernya..

      Hapus
  2. nice post gan...
    jangan lupa mampir di inma-xp.com

    BalasHapus
  3. gan saya liat di tempat2 latihan dj ada latihan buat dj, ada juga latihan buat edm making, lebih baik latihan dj dulu atau edm making?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah tahu dasar2 musik lebih baik edm making ( musik produser ) dulu aja..Kedepannya nanti lebih enak kalau mau ke djing.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.