Home » , » Cara menggunakan chord wizard di piano roll Fl studio 10

Cara menggunakan chord wizard di piano roll Fl studio 10

Pagi bro.."
Tahu tidak?? Sebenarnya di software Fl studio 9 - 10 telah di sediakan fungsi chord wizard atau bantuan yang memudahkan kita memahami chord / key di piano roll. Fungsi ini sangat berguna sekali untuk pemula yang sama sekali tidak mengenal chord, nada, key, nada Major atau minor, dan juga nada-nada lainnya. Dan juga ketika nge-remix lagu, terutama pada saat mencari chord yang tepat./harmoni pada vocal /acapella (clean). Untuk ente yang belum tahu cara menggunakan chord wizard di piano roll fl studio,  ok, kali ini ane share bagaimana cara memanfaatkan chord bantuan di fl studio.

 Perlu ente ketahui bahwa dengan menggunakan chord wizard di piano roll ini susunan nada chord secara otomatis langsung tersusun (tiga nada). Jadi misalnya kita klik bagian nada C: Maka susunan nada C akan muncul dan langsung bisa di gunakan..Penasaran..? di bawah ini Cara menggunakan Chord wizard di piano roll Fl studio..

Langkah pertama yang harus ente (anda) lakukan adalah pilih satu vst yang ada di Fl studio: Misalnya, pilih Fl Keys atau refx nexus (external vst). Klik kanan channel pilih piano roll. Kemudian klik tombol panah bawah di sebelah kiri atas piano roll. Pilih chord--pilih Major jika ingin menggunakan / memahami nada major. Pilih Minor jika ingin mengetahui susunan chord Minor. Kemudian klik kiri di salah satu tune. Misal: G. Lihat gambar untuk lebih jelas:

chord wizard di piano roll Fl studio

Untuk Tes suara pastikan mode select Pat. Tekan space bar untuk play atau tekan tombol play di atas. Selanjutnya tinggal ente atur step sequenceng chordnya. Apakah per 1 bar. 1/6, 1/4 dan seterusnya. Bebas sesuai keinginan dan yang penting tepat. yang mana nanti hasilnya akan kita tempatkan pada Bar di playlist untuk menyamakan nada Vocal. Tapi untuk ente yang ingin mencoa Live di keyboard pc atau laptop silahkan baca mengetahui susunan nada chord atau key di keyboard pc, untuk melihat shortcut huruf-huruf-nya.

Ane (saya), jarang menggunakan feature ini karena biasanya ane cuma tekan di keyboard untuk membuat step sequence chord. Terutaman untuk membuat Rhythm dan Pad pada lagu yang sedang ane remix. Karena ane sudah paham susunan nada-nada chord basic. Gimana ? Belum paham ?? lihat video di bawah ini:



 Video di atas ane menggunakan Refx nexus karena sangat suka sekali dengan content preset yang di sediakan. Untuk ente yang belum punya silahakan cari. Jika tidak ketemu bisa pesan sama ane..Jiahh.".Jualan lagi...hehe.. Ok bro.. Ane harap ente sudah paham ya, tentang bagaimana cara menggunakan menggunakan chord wizard di piano roll Fl studio, agar bisa ente gunakan untuk pembelajaran tentang chord / key. Remix lagu makin mudah bukan..? keep work guys. Learn remix song by doing.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 08.15

6 comments:

  1. gan, misalkan ane pengen di tune G, nah G nya ada G2 G3 G4 dst. yang dipilih yang mana gan :D terus kasih daftar lengkap hotkey chordnya FL studio dong gan. kayak F Bb Dm dsb. thanks ! blognya sangat membantu newbie seperti saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih aja di G5 untuk chord..kalo untuk bass g4, g3 dan seterusnya. makin tingi nilai makin tinggi oktafnya dan sebaliknya... baca aja postingan http://www.djhendryal.com/2010/11/mengetahui-chord-atau-key-di-fl-studio.html .. untuk susunan nada2 chord di fl studio

      Hapus
  2. Kyk mn cara beli vst nexsus nya mass?

    BalasHapus
  3. Saya mau tanya mas,di pattern itu kita buat sebuah track dari awal sampai akhir lagu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga nggak bisa juga iya.. tapi umumnya per 8 - 16 bar saja..bukan sampe akhir.. pattern kan isinya cuma chord2, melody dan lainnya.. di kan bisa di loop

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.