Home » » Apa arti floating dalam instilah lagu DJ ?

Apa arti floating dalam instilah lagu DJ ?

arti floatingKemarin ada yang bertanya. "Bang, floating itu apa ya?? Teman saya sering ngomongin soal floating. Katanya jika crowd lagi pada ngedance atau dancer turun, lagunya jangan ada floating lama."..Ok, memang benar jika crowd lagi goyang atau ada dancer lagu yang kita mainkan sebaiknya jangan ada floating yang lama atau tanpa ada floating agar crowd tidak pada diam. Jadi apa yang di sebut floating dalam lagu dj ??

Floating jika di terjemahkan ke bahasa indonesia = Mengapung /mengambang / melayang. Jadi jika dalam lagu cocoknya di artikan menjadi "melayang", Nah lo..Terbang.


Jika kita perjelas lagi dalam lagu DJ, floating adalah bagian suatu  lagu pada durasi tertentu instrument musiknya berkesan, mengambang atau biasanya hanya berupa suara string, melody, pad yang feel-nya dalam. Tanpa ada Beat (duk tak duk tak), dan akhirnya yang mendengar jadi melayang..hehehe..

Jadi cara mudah memahami dan melihat dimana floating dalam lagu dj adalah dengarkan bagian yang tidak ada beatnya. Sebagai contoh denger lagu yang ane remix di bawah ini:




Dengarkan pada durasi  03.08 - 03.20 dan 04.30 - 04.50, bagian itulah yang lebih mudah di sebut Floating. Focus pada bagian yang tidak ada beat. Lagu uninvited - bailey tzuke di atas sengaja ane membuat floating-nya pendek karena memang menjaga pendengar, tidak terlalu lama menunggu bagian beat agar bisa goyang. Walaupun hanya goyang kepala..haha..Pertanyaanya, apakah ente/anda merasa melayang ketika mendengar bagian floating lagu di atas??"..

Lalu jika di hubungkan dengan pertanyaan teman di atas point "Katanya jika crowd lagi pada ngedance atau ada dancer turun, lagunya jangan ada floating lama. Ini memang masuk akal, kita bisa bayangin ketika lagi asik goyang terus lagu floating-nya lama (tanpa beat). Jadi tidak enak kan goyangnya--Diam aja...Atau jangan-jangan malah pada pelukan..Jiaaah..

Apakah dalam membut lagu Dj harus ada floating?
Terserah yang
membuat atau ngeremix, tergantung mood-nya. Jika tanpa floating lagu jadi datar/monoton, sebaiknya kita buat bagian floating agar lebih mudah juga dalam membuat build rissing. Karena memang tujuan ada bagian floating adalah untuk meng-istirahatkan sejenak telinga pendengar agar lebih rilex karena dentuman suara beat. Ini menurut pendapat para peniliti yang ane baca. Dan juga tujuan adanya bagian floating adalah untuk lebih menambah FEEL pada lagu, agar lebih kena ke hati pendengar. Dengan syarat bagian floating jangan panjang durasinya, seperti yang sering ane dengar lagu lagu dj buatan bule tapi ya syah2 saja.

Jika tujuan membuat lagunya agar crowd goyang tanpa ampun, sok, silahkan tidak usah di buat bagian floating..atau beri floating durasi pendek saja.

Kebanyakan genre lagu yang memiliki floating panjang adalah genre lagu progressive house dan Trance/ prog trance, karena genre lagu ini menurut ane lebih banyak combinasi chord / lebih ke arah musical. Kadang juga genre house dan electro house memliki floating dengan durasi yang cuku panjang, kisaran 1 - 2 menit, kemudian baru ada beat.

Ok sob, semoga paham tentang istilah apa arti floating dalam lagu-lagu dj dan paham apa fungsinya sehingga bisa jadi tambahan pengetahuan tentang membuat lagu atau ngeremix di fl studio atau software lainnya. Jadi singkatnya floating adalah bagian lagu yang tidak ada beat.

Jika ada yang mau menambahkan pengertian floating atau jika tulisan ane ada yang salah silahkan di koreksi dengan comment di bawah. Agar lebih paham silahkan dengarkan lagu buatan hendry al yang lain pada genre lagu yang berbeda (selalu ada bagian floating/break). Atau silahkan dengarkan lagu buatan/remix yang lainnya. Local atau luar.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.52

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.