Home » » Vst Plugin apa yang bagus untuk mastering lagu?

Vst Plugin apa yang bagus untuk mastering lagu?

mastering lagu
Proses terkahir yang kita lakukan sesudah membuat lagu adalah mastering yang mana di bagian ini membutuhkan skill dan pengalaman. Tapi jaman sekarang  teknologi makin canggih dan banyak di buat hardware serta vst effect plugin untuk mastering mixing. Di bawah ini akan ane informasi nama-nama vst plugin effect yang bagus untuk mastering lagu, yang ane tahu dan pernah di coba akan hasilnya. Ini bagi yang ingin berusaha mastering lagu sendiri (standar). Jika ingin lebih bagus silahkan ke studio mastering (berbayar).



1. Izotope ozone 5
cara mastering lagu

Vst ozone sangat bagus dan cocok untuk newbie and pro, karena tool yang tersedia cukup complete baik preset recommend tiap genre lagu sudah tersedia maupun feature lainnya seperti : compressor, equalizer, reverb, harmonic mixing, dynamic, loudness, dan fungsi lainnya (complete tool dalam satu plugin). Bisa juga castum untuk experiment sendiri. Artinya kita lebih mudah dalam mastering lagu tidak harus mempunyai skill khusus soal hitungan frequence suara (modal utama kuping..hehe). yang kita butuhkan adalah kepekaan telinga. Ane sering pake plugin ozone untuk mastering lagu-lagu di ane upload souncloud/djhendry. Hasil pake ozone 5, lagu lebih padat, jernih, suara menyatu, stereo ( tapi zebelumnya di mixing dulu tiap intrument lagunya). Plugin ini di letakkan di master buss (master mixer). Tutorial silahkan lihat di youtube ( mastering with ozone). Cuma sayang tidak gratis. Silahkan search di google untuk download.

2. waves L3 LL multimaximizer


Penjelasan singkat di sini -- bahasa inggris ( actifkan fungsi caption on). Ane juga sering pake plugin ini untuk finishing mastering. Kesan yang ane dapat hasilnya lebih soft dan padat soundnya. Untuk type sound bisa di pilih di bagian profile : warm, analog, loud and proud, dan lainya. Salah satu lagu ane yang di mastering menggunakan  plugin waves l3 ini silahkan dengar di sini dan rasakan soundnya. Plugin ini bisa di gunakan di software daw apa saja yang support, termasuk di fl studio, acid pro. Untuk download waves l3 silahkan gogling aja.

3. Multiband compresor, maximus, limiter, parametiq eq 2, stereo enhancer

Plugin diatas sudah ada di fl studio versi signature bundle, producer. Lihat di file browser sebelah kiri -- mixer preset- pilih saja: contoh general purpose mastering..Drag ke master mixer. Silahkan bandinkan tiap presetnya, karena beda2 karakter soundnya.

Ok sob.. Itulah plugin2 bagus yang sering ane pake buat mastering. Walaupun sebenarnya banyak sekali plugin effect recomended dari para sound engineer. Silhakan googling untuk informasi vst plugin laiinya. Kalo bisa mengolahnya hasilnya akan bagus, lebih banyak ber-experiment sendiri saja buat dapat hasil yang lebih bagus dan puas.

Karena mastering bukan hanya masalah plugin apa yang di pake, tapi juga bagaimana kepekaan pendengaran kita tentang sound. Dan juga soundcard dan speaker yang mendukung. Untuk speaker di sarankan memakai speaker type flat (merek esi near, krk, dan lainnya). Serta bagaimana kita mixing sound tiap instrument (channel). Semoga postingan vst plugin apa yang bagus untuk mastering lagu singkat ini membantu. Sekedar informasi silahkan ente kembangin sendiri. Sabar dan jaga mood. Salahkan kuping jika hasilnya kurang bagus..hehe..Silahkan comment jika ada yang nambahin.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 10.16

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.