Home » , » Apa itu speed hunting dan bagaimana caranya?

Apa itu speed hunting dan bagaimana caranya?

Jika ente belajar di dj school pasti ada istilah speed hunting karena memang ini materi yang harus di ajarkan tiap dj school kepada murid-murid karena memang bagian dari teknik mixing. Dan bagi ente yang mencoba belajar menjadi dj sendiri dengan membeli satu set dj tool, istilah speed hunting mungkin asing dan  tidak tahu apa itu speed hunting dan bagaimana cara melakukannya ? Jadi apa itu speed hunting? di bawah ane kupas sedikit.



Sederhananya speed hunting adalah proses atau teknik untuk menyamakan tempo / bpm (baca beat per menit) dua lagu yang di play bersama. Dan cara melakukan speed hunting adalah dengan cara mengatur fungsi PITCH control di cdj atau turtables, ke atas atau ke bawah secara manual, Sampai kedua lagu sama bpm-nya. Ente bisa coba di cdj player atau turtables. Lihat gambar di bawah:

pitch control cdj

Jika pitch di geser ke atas berarti lagu makin pelan temponya, dan jika ke bawah lagu makin tinggi bpmnya. Bila ente perhatikan ketika seorang dj mengatur pitch, maka sebenarnya dia sedang melakukan speed hunting.

Jika dj menggunakan cdj player atau turntables proses ini mutlak harus di lakukan untuk menyamakan bpm/tempo. Walaupun di cdj player model terbaru sudah di sediakan fungsi outo sycn, terkadang belum pas. Tapi jika kita menggunakan dj software proses ini tidak perlu karena sudah ada fungsi SYNC di tiap software DJ. Tapi jika ente tidak punya dj tool hardware ente bisa coba memakai software virtualdj atau lainnya dengan cara fungsi auto bpm/ sync di matikan (disable).

Ok sob..ini hanya informasi singkat saja selanjutnya ene pratekkan sendiri dan kembangin. Jadi cara melakukan speed hunting adalah dengan mengatur fungsi pitch control, dan yang di jadikan patokan untuk menyamakan bpm adalah lagu pertama (set ke 0 pitchnya/bpm normal). Lagu kedua yang di atur bpm-nya sampai sama baik bpm dan ketukannya (beat match). Untuk latihan usahakan gunakan lagu yang full khusus buat dj, dan cari lagu yang temponya sedang atau lambat (contoh: genre soulful house). Ini untuk memudahkan saja dan mengasah kepekaan telinga. Silahkan kursus ke dj school jika memang susah untuk otodidak. Check video reference di sini.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 11.41

3 comments:

  1. Om cara untuk menyamakan tempo yg satu dngan yg satunya itu gmna
    Tempo pertama 100 trus tempo yg di lagu satunya 130 .
    Itu gmna caranya biar tempo ke 2 itu bisa sama dengan tempo yg ke 1 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sihir aja atau ngak di bilangi hey tempo ke 2 sama donk

      Hapus
  2. Diputerin aja Om.. ntar juga sma atao gak di sync.. nnti sama bpm 1 sma 2 ..

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.