Cari di sini bro article-nya

Cari di sini bro article-nya
Custom Search

membuat lagu dj part 2

Yup, sambung lagi sob article kemarin tentang cara bikin lagu dj. yang ini membuat lagu DJ part 2 /bagian kedua.oke sekarang kita bahas masalah aransement nya. Maksudnya, mau seperti apa music yang lo bikin.Ini sering banget di alami saat kita membuat lagu maklum mungkin kita tanpa seorang guru/pembimbing saat bikin lagu. Jadi bingung harus mulai dari mana. Walaupun terkadang di kepala kita suka keluar bunyi, nada-nada, beat,atau suara yang akan kita jadikan lagu.Betul??

Ini wajar sob..terkadang masuk juga ke alam bawah sadar, bahkan sampe mimpi..haha..yang parah lagi sambil beol..wkwk Nah agar lebih mudah soal aransement lagu mari kita bikin simple aja step2nya.

Ini bagian yang umum dalam lagu dj.



Intro -- reff - floating--back to Reff --- outro. atau intro - reff - floating (kosong tanpa beat)- Back to Reff - Outro.

Step:

1. buat dulu basic beatnya. Baca cara membuat  basic beat agar lebih jelas.

Misal:
a. kick/bassdrum
b. snare
c. hi-hat
d. clap
e. crash

2. Bassline
 Pilih yang cocok samplernya.

3. Aransement lainnya.
a. Melody
b. Rythm
c. Effek
d. Bass
e. Vocal dan Lainnya.

3. Susun aransement musiknya ke playlist (tergantung software apa yang ente gunakan)

Sederhananya seperti di atas step-step untuk membuat lagu-lagu dj sendiri. Tapi yang paling penting adalah point no 1 yaitu membuat basic beat, jika dalam tahab pemula Setelah semua bagain telah kita buat, selanjutnya adalah tahapan balancing, dan yang terakhir adalah mastering. Pada bagian mastering terkadang kita perlu seorang audio enginering atau teman agar hasilnya perfect. Terkadang menurut telinga kita dah bagus kedengaran nya tapi menurut telinga orang lain berbeda itu sebab kita perlu orang kedua Agar kualitas suara ketika di putar di sound sistem apapun, suaranya enak. Jika ingin mastering sendiri kita bisa menggunakan software wavlab atau Vst effect ozone 5. Tapi jangan lupa headphone dan speaker harus mendukung karena kita bisa tertipu.

Masalah yang timbul saat membuat lagu:

Sampler kurang:

Apa itu sampler?? singkatnya sampler/loop adalah musik  instrument electronic. Lebih jelasnya baca di sini. Atau bisa di baca di article bagian 1. Kebanyakan dj dalam membuat lagu menggunakan sampler yang sesuai dengan jenis musik akan mereka buat.

Karena di setiap software biasanya sampling yag di sediakan hanya standar saja seperti Kick, snare,hi-hat dan lain-nya, ini kadang menyusahkan kita dalam menentukan karakter suara yang pas. Untuk itu maka kita perlu memakai sampler lainnya. Di mana kita mendapatkan sampler loop tambahan?? Kalo ente suka browsing mungkin bisa cari lewat search engine  google. Kata kunci " Loop sampler house", ganti sesuai genre musik yang ingin lo cari dan download.Contoh sampler.

Biasanya banyak sekali yang muncul dan file size cukup gede di perlukan koneksi internet yg kenceng buat download.  Atau lo bisa pesen aja ma gw untuk sampler--house, electro house, minimal house,tech house, Hard house,funky house, effect,hip hop, dan lainya. Total file size 4gb, total files sekitar 15.000 samples. Jiah....jualan lagi dah...hehe.

.Keuntungan menggunakan sampler loop adalah kita gak pusing lagi memilih milih. Contoh memilih kick yg sesuai untuk genre house. Dan gak repot bikin beat, tinggal langsung pake aja beat loop dari sampler pack (8 bar).

Lost feel alias nge-blank

Ini mungkin sering di alami termasuk gw juga..haha...mo di kasih apa lagi nih lagu..? di apa-apain tetap aja jadi gak enak..Kalo dah begitu lebih baik berhenti, n lanjutin nanti or besok. Mungkin otak dah capek. Biasanya ide.inspirasi pada nongol sesudah kita istirahat. Betul gak bro..? Yo wes bro..cuma sharing dikit tentang cara membuat lagu dj bagaimana prosesnya silahkan lo coba dengan memakai software untuk bikin lagu yang lo punya Good luck.

Article terkait by Categories



13 comments :

  1. jiah...mantap nih....
    kalau ada gambarnya, makin asoy tuh....
    tu pakek VDJ ya bang?
    oh ya, blogroll ane yg musik jepara dh ane gantu urlnya bang....webnya lom jadi, soalnya mau Q taruh di hosting aja...itung2 buat tambahan belajar lagi deh...
    next ntar gue kasih kabar lagi....
    oh ya. mau tanya nih....ada sofware semacam VDj yang lebih canggih dan tentunya gak negitu ribet dan mudah buat para pemula....

    ReplyDelete
  2. itu pake fruty loop lah..bro..vdj mana bisa buat bikin bassline..

    ReplyDelete
  3. Ni Blog..bner2 keren..ane bnyk belajar ngemix lagu ni..Om ane bguru langsung y..hehehe..

    ReplyDelete
  4. thank bro dah baca2..hehe,,mo langsung ketempat ane aja..bisa di atur..

    ReplyDelete
  5. mas, ente sell sampler yah...
    gw mau yg versi dutch n tribal..
    pokokne yg electro2 dutch gitu mas

    ReplyDelete
  6. iya..sob...sms aja kalo mau pesan--dutch n tribal samples ada sob..

    ReplyDelete
  7. Kalau pake soft wear garage band gimana boss ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane lum pernah pake sob..software garage band..cari di youtube aja tutor-nya..

      Delete
  8. thx om bermanfaat. semoga masuk surga dan mendapatkan banyak pahala...

    ReplyDelete
  9. Support sob.... biar dunia dj indonesia makin mengkilap....

    ReplyDelete

thank for your comment, bro ! Jangan lupa subscribe by mail. Dan tolong bantu share articlenya ke teman lainnya.