Home » , » Layer channel apa fungsinya dan cara menggunakan ?

Layer channel apa fungsinya dan cara menggunakan ?

Halo sob..sambil nunggu pertandingan piala dunia di mulai ane mau share tentang LAYER channel tool di fl studio 11, apa fungsi layer dan cara menggunakan. Mungkin teman-teman sering melihat tool layer di list vst dalam channel addone, dan belum tahu fungsi serta cara menggunakannya. Ok, tanpa panjang lebar mari kita bahas.

Cara pake layer
Layer channel
Layer adalah channel di fl studio berfungsi untuk menggabungkan suara yang berasal dari vst,  2 - 4 lebih kedalam satu channel. Atau tool yang digunakan untuk mixing suara vst kedalam 1 channel. Layer tidak memiliki sound seperti midi out. Sebagai contoh : Suara bass pada vst nexus, piano pada harmor, string pada sytrus. Ketiga suara tersebut bisa digabungkan ke channel Layer. Menggunakan layer sangat bagus untuk membuat suara menjadi tebal.

Bagaimana cara menggunakan Layer ?
Caranya sangat mudah, ente insert channel layer dari menu channel addone, lalu insert 2 sampai 3 vst (bebas). Pilih sound terlebih dahulu dari dalam vst yang akan di mixing. Setelah di pilih tiap sound pada 3 vst yang akan di mix soundnya, langkahnya :

a. Klik layer channel
b. Tekan shift di keyboard
c. Klik semua channel vst yang akan di mix sambil tekan tombol shift ( pada area seperti pada gambar), kemudian di properti Layer klik "set children", lihat gambar di bawah agar lebih jelas.

Cara membuat suara tebel vst

Setelah semua vst channel di set ke layer channel, ente bisa tes hasil mix dengan cara tekan di keyboard, misalnya ke nada C, d atau chord. Dan dengarkan hasilnya, dan jangan kaget karena suaranya sangat tebal dan bagus jika ente tepat memilih sound. Jika pc jadi berat sebaiknya set audio fl studio ke assio4all. Baca  pengaturan assio4all di disini. Seperti gambar di atas step nada nada kita buat di channel Layer. Jadi intinya layer akan mengambil semua suara yang berasal dari vst yang di hubungkan. Gitu bro..

Bagi ente yang membuat lagu progressive house, trance, edm, dan lainnya, menggunakan layer sangat bagus sekali agar suara lebih berkelas. Seperti avici,  ane lihat video dia ketika membuat rythm sering memakai layer. Tapi tidak harus selalu set ke layer ketika produce, tergantung kebutuhan saja. Ane sendiri kadang menggunakan layer, kadang normal memakai satu channel vst.

Semoga tips cara menggunakan layer ini membantu ente yang sedang membuat lagu atau remix dalam aransement nada. Keep action. Jangan lupa baca juga cara menggunakan midi out.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 01.11

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.