Home » » Perbedaan DJ idealis dan multi genre

Perbedaan DJ idealis dan multi genre

Mungkin teman-teman sering membaca obrolan pada thread di sebuah forum atau mendengar
seorang yang mengatakan tentang dj idealis dan multigenre. Mari kita bahas lebih detail perbedaan masing-masing type dj agar menambah wawasan kita mengenal dunia djing.

Dj idealis

Adalah seorang dj yang biasanya hanya memainkan genre lagu yang dia suka saja, dan tidak mau memainkan genre lagu yang tidak selaras dengan jiwanya. Contoh : Yang dia suka genre lagu progressive house, house, maka setiap kali dia tampil pasti akan memainkan genre tersebut dan kadang tidak perduli apakah crowd menyukai atau tidak. Dj type ini biasanya hanya tampil pada tempat / club yang jenis musiknya sealiran dengannya, begitu juga para audiennya. Contoh dj bobby suryadi ( aliran musik dia progressive house). Untuk mendengarkan lagu-lagu dj bobby silahkan search di soundcloud, karena dia banyak upload mixtape.

Memilih type genre lagu dj

 Dan alasan tiap dj idealis kenapa tidak mau memainkan genre lagu selain yang dia suka biasanya akan berbeda-beda. Ada yang beralasan tidak feel, jaga image atau mempertahankan ciri khas dia pada jenis genre lagu yang dia mainkan, dan lainnya.

 Kebanyakan type dj seperti ini adalah dj bedroom, atau dj yang perform di tempat-tempat tertentu. Misalnya di room party. Dan ada kemungkinan  profesi dj hanya sebagai sumber income sampingan atau menyalurkan hoby. Ada sumber income lainnya selain dari perform dj. Tapi ada juga yang menjadikan bayaran dj sebagai sumber income utama.

DJ multigenre

Type dj ini sudah jelas kebalikan dari idealis yaitu dia mau memainkan genre lagu apa saja dimanapun di tampil asal masih sejalur. Hajar terus yang penting dapat uang.. Tantangannya adalah harus banyak belajar bagaimana mixing lagu dan memahami benar-benar tentang genre lagu yang akan di mainkan. Karena tiap genre lagu dj punya karakter sendiri dan cara mixingnya berbeda. Akan tetapi jika sudah menguasai teknik dasar ilmu dj, hali ini tidak terlalu sulit.

 Dan yang merepotkan bagi dj multigenre adalah harus punya koleksi lagu banyak dengan genre yang berbeda-beda. Agar setiap dapat job tampil tidak repot  dan sibuk cari bahan lagu. Teman ane rata-rata dj multigenre, dapat job main genre apa saja hajar...Bagaimana dengan ente ?

Jadi perbedaan antara kedua jenis type dj di atas yang mencolok adalah pada genre lagu yang paling di suka dan sering dia mainkan. Sebaiknya gimana dong..?..hmmm.. Terserah, karena yang tahu tujuan menjadi dj adalah ente.

 Sekedar masukan : Jika hanya untuk menyalurkan hoby musik, boleh saja jadi dj idealis, tapi jika untuk cari duit dari job dj lebih baik memilih mau memainkan banyak genre lagu, karena akan lebih di sukai audien/ crowd. Dan tentu harapan dapat job perform banyak. Ada yang mau nambahin infonya? Silahkan comment.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 17.20

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.