Home » , » apa fungsi tool fade in dan fade out pada software audio editing

apa fungsi tool fade in dan fade out pada software audio editing

Pernahkah teman-teman melihat sebuah tool pada software khusus audio editing? Namanya fade in dan fade out. Buat apa fungsinya dan cara menggunakannya pada lagu ? Lagu yang di setting fade in dan fade out biasanya lagu-lagu pop alternatif, rnb, blues, jazz dan genre lagu slow lainnya. Nah untuk lagu dj biasanya yang khusus untuk preview atau radio edit version . Tapi tidak semua lagu di setting untuk fade in / fade outnya.

Jadi fungsi tool fade in adalah untuk mengatur suara lagu bagian awal, dari suara pelan ke suara standar. Sedangkan fade out adalah kebalikannya. Yaitu mengatur suara lagu dari besar ke suara yang kecil / lama-lama pelan dan hilang suaranya. Jelasnya lihat gambar di bawah :

Cara fade in fade out pada lagu

Dari gambar di atas, sebelah kiri adalah fade in proses, dan sebelah kanan fade out. Ini ane pake software nero wave editor, karena software ini yang sering ane gunakan untuk motong lagu atau membuat radio edit version di lagu ane yang di upload di soundcloud. Di software ini ada tol fade in dan fade out yang mudah digunakan, dan biasanya ketika kita install nero burning room software nero wav editor sudah include di dalamnya. Search di google box di sebelah kanan untuk download nero.

Pada software lain, seperti audacity, sony sound forge, wavlab dan software lain yang untuk khusus audio editing tool fade in fade out pasti ada. Bagaimana cara menggunakan fade in fade out pada lagu yang akan di set ?

Cara Fade in :
Block bagian depan lagu yang akan di set kemudian pilih tool fade in, dan pilih typenya. Biasanya di sediakan pilihan type fade in. Jika di nero wave editor ada 4 type, yaitu : Sinunsoidal, exponential, linear, logaritme. Gambar contoh di atas adalah type fade in sinunsoidal. Tiap type beda cara fade in lagunya. Gambar di bawah adalah fade in / fade out di nero wave editor.

Type fade in dan fade out software nero

Cara Fade out:
Caranya sama, tapi yang di block adalah bagian ujung lagu yang akan di set suaranya pelan-pelan, pilih typenya juga. Antara fade in dan fade out fungsi tiap typenya sama, hanya beda pengaruh pada lagu.

Jadi itulah fungsi fade in dan fade out pada software audio editing untuk lagu biasa atau lagu dj. Untuk lagu dj cocok sekali untuk membuat demo / preview kemudian upload di souncloud. Gunakan software nero burning room ultra edition free, atau audacity untuk membuat fade in dan fade out. Ok semoga membantu.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 23.37

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.