Home » , » 12 Vst Plugin waves yang sering pake orang untuk mixing dan mastering lagu

12 Vst Plugin waves yang sering pake orang untuk mixing dan mastering lagu

Ane hanya mau kasih informasi saja tentang vst plugin waves yang sering di pake orang..Karena waktu itu ada yang nanya tentang vst plugin waves yang sering pake orang untuk mixing atau mastering termasuk ane juga sering menggunakannya. Karena memang kualitas sangat bagus, ya maklum waves adalah pelopor dari vst plugin. Di bawah ini list vst plugin buatan waves yang sering di gunakan banyak musisi dan studio recording.

Vst Plugin waves yang sering pake orang:

1. L3 Maximizer plugin 

Ane biasa menggunakan L3 untuk finishing, setelah mixing sound untuk ngebalance instrument di fl studio 11. L3 vst penempatannya di master mixer jika di fl studio. Salah satu kelebihannya yang dapat ane pahami suara lagu jadi tebel dan bulat, L3 juga menahan suara-suara yang over. Jadi di kompres agar balance.

2. Maxbass Vst

Maxxbass plugin vst yang sering pake orang

Bila kita perlu serius menekan frequence low, pilih Maxx Bass, teknologi untuk pengaturan bass yang digunakan  Maxx Bass menggunakan psiko-akustik untuk menghitung harmonic yang tepat yang berkaitan dengan nada dasar suara. Ketika harmonik ini digabungkan, akan menciptakan efek yang lebih rendah, frekuensi yang lebih dalam. Untuk effect bass lebih membuat benar-benar terasa.

3. L2 Ultra Maximizer


L2 ultramaximizer plugin sering di pake orang

Di gunakan untuk mixing sound, mastering dan banyak lagi fungsinya ( peak limiting, level maximization). Memberikan hasil suara yang jernih dengan tingkat resolusi tinggi.

4. Api 2500 waves 


API 2500 adalah prosesor dinamika serbaguna yang memungkinkan kita membentuk beat dan nada campuran dengan akurasi yang benar. Desain dual channel memungkinkan 2500 juga berfungsi sebagai dua saluran mono terpisah melalui pengaturan kompresi tunggal. Menggunakan gain auto-makeup, Anda dapat menyesuaikan Threshold atau Rasio sementara secara otomatis menjaga tingkat output konstan. Dengan dua "feed back" dan "memberi umpan ke depan" jenis kompresi, API 2500 menawarkan berbagai parameter yang sangat musikal dan membuat vst ini  menjadi favorit sound Engineer di seluruh dunia. Tulisan di atas terjemahan dari websitenya.

Lebih simplenya plugin api 2500 berfungsi untuk mengkompress suara-suara yang over, dan juga untuk mengangkat sound agar lebih besar dan tebal. Ane pernah menggunakan vst ini, hasilnya mantap, suara jadi tebel dan bulat. Untuk semua instrumen bass, drum, piano, vocal, dan lainnya. Tersedia 2 jenis yaitu mono, dan stereo, jadi kita bisa memilih sesuai kebutuhan apakah untuk setting ke mono atau stereo.

5. REDD

6. SSL G-Master Buss Compressor

Vst ini juga banyak sekali yang menggunakannya untuk mixing dan mastering. Kadang ane juga memakai vst ini untuk mastering lagu agar hasilnya jernih dan padat, meletakkannya di master mixer Fl studio. Ini karena ane masteringnya juga langsung di Fl studio tanpa software lain. Kadan juga mastering lagu memakai vst Isotope ozone 5. Bagi ente yang ingin mencobanya silahkan download di websitenya.

7. Renaissance EQ

8. C1 Compressor / Gate
C1 compressor plugin untuk mixing lagu

Dengan feature compression, expansion, gating, and equalization, C1 adalah compressor yang cukup handal, dengan tiga modul independen yang dapat digunakan secara terpisah atau dikombinasikan untuk fleksibilitas maksimum. Agar project lagu kita jadi balance bisa menggunakan vst ini.

9. Kramer Master Tape
10. MondoMod
11. Q10 Paragraphic Equalizer

12. Vocal Rider Plugin

Vokal Rider di gunakan untuk track vokal, secara otomatis akan mengatur level / gain dari sinyal suara yang di hubungkan. Bisa di bilang auto gain untuk mengatur besar kecil suara vocal pada lagu, cukup memudahkan kita saat setting level vocal agar tidak kebesaran. Dan hebatnya lagi vst ini bisa memudahkan kita dalam membuat automation suara vocal jika tombol "write di aktifkan"

Vocal rider plugin vst untuk vocal

Yang perlu kita lakukan adalah mengatur secara manual untuk setting target vokal dalam mixing. Dengan begitu vocal rider akan mengatasi sinyal suara yang menyimpang dari jalur. Slider akan bergerak otomatis mengatur level suara vocal naik dan turun. Mantap kan ? Selain vst vocal rider kita bisa juga menggunakan vst Nectar untuk mixing vocal agar menyatu dengan musik,.

Itulah 12 plugin waves yang sering di pake orang untuk mixing lagu atau mastering yang dapat ane share. Sebenarnya masih banyak sekali plugin waves yang sering di gunakan para sound egineer di dunia, sementara ane hanya tahu sedikit. Untuk description yang belum ane jelaskan silahkan cari informasinya via google atau langsung pada websitenya. Vst plugin waves sebenarnya support untuk semua soffware daw termasuk fl studio, namun ntah kenapa jika ane baca di sitenya fl studio tidak termasuk. Padahal ane jelas-jelas sering menggunakannya dan lancar, tidak mengalami crash.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 21.41

3 comments:

  1. Minta link downloadnya buat yang L3 Maximizer plugin boleh nggak mas, yang nggak pake ribet.

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.