Home » , » VirtualDJ 8 tutorial : Mengenal Bagian Audio mixer

VirtualDJ 8 tutorial : Mengenal Bagian Audio mixer

Kalau sebelumnya ane membahas tutorial virtualdj 8 pada bagian cara setting sound untuk mixing lagu di rumah, VirtualDJ 8 home version. Sekarang mau ane perjelas lagi karena ternyata teman-teman masih saja ada yang bingung cara memainkan virtualdj 8 home version. Tutorial vdj 8 kali ini ane bahas pada bagian Audio mixer,  karena ini memang bagian yang paling penting proses mixing lagu /audio terutama yang hanya menggunakan mouse dan keyboard :

Ok, langsung saja kita bahas bagian Audio mixer virtualdj 8, lihat gambar di bawah :

 mengenal bagian audio mixer virtualdj 8

Bagian-bagian internal mixer vdj 8 :

Mixer panel pada virtualdj menawarkan 2 - 4 channel audio mixer dengan di sediakannya tombol :

1. Equalizer (Hight. mid, low).
2. Tombol Gain,
3. Volume fader / level,
4. Audio crossfader
5. PFL selection / select ke phone ( Icon headphone warna merah).
Yaitu tombol untuk pre listen / mendengarkan pada lagu di deck A/ B yang di pilih melalui headphone). Agar bisa mendengarkan lagu di speaker dan headphone kita harus memakai 2 soundcard / usb sound.

6. Filter ( mengatur resonance effect). Jika di mainkan berfungsi untuk Low pas filter dan hight pass dan ini mungkin sering ente dengar ada lagu seperti ada effect suara mendem ke suara kering.

Group tombol EQ adalah Hight, mid, low gunannya untuk mengatur frequence tiap lagu atau balancing antara lagu di dek A dan B. Proses balancing eq ini di lakukan di dalam headphone bukan di speaker. Untuk bisa mendengarkan 2 lagu di headphone virtualdj software ente harus di setting di pengaturan audio setting. Baca postingan -- Cara setting virtualdj 8 untuk mixing.

Fungsi equalizer virtualdj 8

Apa fungsi tombol-tombol mixer internal mixer virtualDJ ?

Untuk memahami fungsi audio mixer virtualdj 8 , pemahamannya bisa melalui dengan mengenal dan memahami mixer analog manual yang sudah ane bahas. Silahkan baca di postingan -- Mengenal mixer dj manual dan fungsinya.

Jadi keterangan tentang fungsi-fungsi equalizer di virtualdj 8 sebagian ada di postingan mengenal mixer dj manual analog. Jika ente membaca postingannya dengan teliti maka akan paham fungsi dari mixer virtualdj 8.

Okelah ini cuma ulasan singkat tentang tutorial virtualdj 8 bagian Audio mixer untuk pemakai versi home. Jika ente memakai versi pro proses penggunaan equalizer bisa di bantu dengan menggunakan Dj controler. Menggunakan controler tentu lebih memudahkan kita saat proses mixing di virtualdj 8 tanpa mouse. Jadi kesimpulannya tombol equalizer dan lainnya di bagian audio mixer berfungsi untuk proses mixing lagu secara live.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.23

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.