Home » , » Jika data sampling bagus hasil lagu akan tebal kualitas suaranya

Jika data sampling bagus hasil lagu akan tebal kualitas suaranya

Sedikit mengulas kembali pengalaman dulu waktu mixing sound channel di Fl studio yang mana hasil suara lagu kok mendem, kurang tebal, pelan dan tidak bulat. Setelah melewati beberapa tes baik melakukan proses eq dan lainnya, ada hal simple yang dapat Ane simpulkan agar kualitas suara lagu menjadi bagus. Yaitu ternyata jika data sampling bagus hasil lagu pun jadi bagus kualitas suaranya.

sampling bagus biasanya hasil lagu akan tebal

Data samples seperti Drum kit ( Kick, snare, hi hat, percusy ), one shout, dan lainnya, baik berasal dari Vst instrumen atau samples pack. Nah, agar hasil lagu bagus pada saat mixing sound pada Aplikasi Fl studio, ternyata terkadang kita melupakan sumber suara samplingnya. dan tidak memperhatikan seperti apa keluaran suaranya. Terdengar tebal, tipis, bright, dan lainnya. Dan karena asal mengambil data samples, hal ini kadang yang membuat kita sibuk dengan proses eq agar suara kick contohnya, menjadi tebal dan bulat.

Jadi  begini : Sebagai contoh-- apabila ingin membuat beat maka usahakan cari suara kick dan elemen suara lainnya yang benar - benar bagus, serta sesuai dengan karakter lagu yang akan kita buat. Tujuannya agar pada proses mixing / balancing suara tidak merepotkan. Terkadang tanpa di eq pun sudah bagus, karena data source samples yang digunakan juga bagus.

Ane pernah bete gara - gara setting suara kick agar tebal, padat, dan bulat, tapi gagal terus. Sebab jika ada suara 1 saja yang kurang bagus, rasanya yang lainnya jadi terpengaruh, dan mood untuk mengerjakan elemen musik lainnya jadi hilang. Pada saat seperti ini solusinya hanya satu " Ganti data source samples", dari pada lagu tidak kelar - kelar gara masalah kick saja. Ya untungnya Ane punya bahan samppling yang banyak, khusus untuk drum kit dan one shout, juga Vst instrument synth.

Ini hanya tips saja buat teman - teman yang lagi mixing sound di channel di Fl studio, untuk mengatasi kualitas suaranya kurang bagus, bisa jadi masalahnya adalah data samplingnya kurang bagus. Coba ganti dengan data saurce samples yang lain. Misalnya jika suara bass berasa tidak mantap, ya ganti suaranya, tinggal cari didalam Vst plugin yang kita punya. Atau ambil dari samples pack data one shout file dari pada melakukan proses eq yang makan waktu lama. Tapi....

Jika ingin lebih berkembang dalam hal mixing sound di Fl studio, boleh saja lakukan proses eq sampai suara instrumen jadi bagus. Justru inilah peningkatan kita dalam mixing sound, bukan hanya menggunakan loop samples terutama beatloop yang sudah jadi ( tinggal tempel). Ya sudah, intinya jika data source / sampling bagus maka hasil suara lagu akan bagus, pada saat mixing. Sekedar tips semoga bermanfaat, dan take action.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 09.44

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.