Home » , » 2 Tips sebelum mix lagu di VirtualDJ 8

2 Tips sebelum mix lagu di VirtualDJ 8

Pada article sebelumnya Ane membahas tentang cara mix lagu di VirtualDJ 8. Kali ini Ane berbagi tip lagi tentang 2 tips sebelum mix lagu di virtualdj 8. Tips ini tujuannya agar membuat proses loading data di Deck menjadi lebih cepat dan juga pembacaan meta Tag data lagu, Contohnya dalam mendeteksi, title lagu, key, bpm, nama artis dan lainnya. Yang terkadang virtualdj tidak sempurna membaca keseluruhan data tag lagu, jika sebelumnya belum pernah di putar. Proses ini dilakukan sebelum mix lagu dan akan membuat performa virtualdj jadi ringan nantinya, mari kita bahas :

2 Tips sebelum mix lagu di virtualdj 8 :


2 Tips sebelum mix lagu di VirtualDJ 8

1. Lakukan Analyze folder data lagu di hardisk sebelum di mainkan:

Proses analize ini akan membuat virtualdj membaca semua Tag lagu, contohnya adalah bpm yang sering terlihat pada kolom playlist. Biasanya jika belum di analize berapa bpm lagunya belum kelihatan.

Caranya Analyze data lagu di VirtualDJ 8 :

Klik di bagian file browser data lagu pada Virtualdj 8 yang ada disebelah kiri. Kemudian pilih folder data lagu Ente yang akan di analize semuanya ( all data track ).

2 Tips sebelum mix lagu di VirtualDJ 8

Pilih "Batch", kemudian pilih - Analyze for bpm ect ( lihat gambar diatas ). Lama proses batch analyze ini tergantung dari jumlah lagu yang di proses dan juga berapa Ram komputer kita. Makin tinggi Ram makin cepat proses analyze. Tunggu proses analyze lagu selesai, maka semua Tag lagu akan terbaca.

2. Buat playlist lagu-lagu pilihan ( persiapan sebelum di mixing )

Proses ini agar memudahkan kita saat mixing nantinya karena lagu sudah di seleksi. Buat nama playlist misalnya : Mix 1, mix 2, dan seterusnya. Cara bikin playlist di virtualdj 8 scrool ke bawah di File browser sebelah kiri. Di bagian paling bawah ada label " Playlist". Klik kanan pilih Create new playlist ketik namanya terserah.

Cara menambahkan lagu ke dalam playlist yang kira buat :

Setelah didengarkan lagu-lagunya untuk menyeleksi mana yang enak, drag lagunya ke "Side list". Kumpulkan dulu sampai banyak, misalnya per 20 lagu. Lalu klik nama playlist yang sudah dibuat. Nah selanjutnya drag lagu dari dalam side list ke dalam playlist. Maka semua lagu yang di drag dari dalam side list akan tersimpan otomatis, dan jika akan digunakan tinggal klik nama playlist. Semua lagu yang sudah di susun akan tampil.

Itulah 2 tips sebelum mix lagu di Virtualdj 8 yang bisa Ane share buat kalian yang lagi coba belajar mixing lagu lewat software DJ. Silahkan di praktekkan sendiri di aplikasi Virtualdj 8 home free atau versi Pro.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.53

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.