Home » , , , » Merubah text jadi suara di Fl studio 12, ini triknya

Merubah text jadi suara di Fl studio 12, ini triknya

Ada yang tidak muncul di plugin database Fl studio 12 yaitu speech synthesizer. Plugin ini digunakan untuk merubah text jadi suara sesuai kata yang di tulis. Ternyata setelah Ane cari - cari letaknya tidak di dalam list vst plugin seperti pada Fl studio 11. Tapi letak plugin untuk merubah text jadi suara, bawaan Fl studio ini ada di bagian bawah file browser. Pada folder speech. Tarik kebawah jika tidak kelihatan.

Cara merubah text jadi suara via komputer dengan speech synthesizer cukup sederhana, yaitu:

1. Drag ke pattern / channel rack dan langsung ketik saja kata - kata / text yang ingin kita rubah menjadi suara.

Tampilan speech dialog di Fl 12 berbeda dengan versi sebelumnya ( baca membuat suara robot ), yaitu pada bagian pemilihan nada vocal. Kini lebih mudah cukup klik di papan note untuk memilih nadanya / merubah pitch.

Merubah text jadi suara di Fl studio 12

2. Atau klik kanan di speech synthesizer preset - add new channel, dan ganti text bawaanya. Karena di Fl 12 bukan standalone version lagi jadi kita harus menggunakan presset yang ada.

Tips agar hasil suara jadi naik turun dan tidak datar ( pitch shifting ) semi tone:


Jadi kita bisa mengatur kata yang di tulis agar memiliki nada dengan menambahkan angka didalam kurung. Misalnya : Welcome..to my party(1), ini berarti kata party suaranya akan naik satu nada. Jika dari C maka naik ke D, dan seterusnya.

Contoh penulisan :

welcome_to_my party(1) you_will_dance(+1) with me(-1) to night.

Rumusnya : Jika naik tambahkan angka 1, jika ingin nadanya turun tambahkan tanda - . Jika ingin agak panjang pengucapan suaranya tambahkan tanda +, seperti contoh di atas. Jika ingin natural pengucapannya cukup tambah underscore antara satu kata dengan lainnya ( interval ).

Contoh:
Tips merubah text jadi suara di fl 12


3. Klik accept jika sudah yakin, kemudian save.

Setelah di save maka text tadi akan menjadi audio samples. Dan selanjutnya bisa kita olah lagi menjadi suara - suara yang unik menggunakan tool lainnya, seperti fruity granulizer, fruity slicer. Jadi suara robot atau vocal orang ke cekik ( cik munk ).

Silahkan langsung pratekin saja biar paham, cara merubah text jadi suara dari komputer dengan memakai aplikasi Fl studio 12, dengan tool speech synthesizer.

Cara merubah text jadi suara di atas memang rada ribet dan kurang bagus. Kalau ingin yang bagus lebih baik gunakan suara sendiri. Dengan cara di rekam memakai mic agar hasil real suara manusia. Dan mudah mengatur gaya vocalnya. Tapi kalau hanya sekedar buat mixtape buat isi vocal nama dj, memakai suara robot dari komputer tidak masalah. Hanya untuk identitas saja. Ane pribadi lebih suka menggunakan microfon sambil di rekam.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 16.49

7 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.