Home » , , » Set auto backup project fl studio agar aman jika terjadi crash

Set auto backup project fl studio agar aman jika terjadi crash

Set backup project / auto save fl studio agar aman jika terjadi crash sangat penting dilakukan. Karena salah satu masalah yang timbul saat kerja menggunakan Fl studio adalah terkadang mengalami eror / crash. Ini biasanya sebabkan karena pengaruh Vst plugin external ( bukan bawaan Fl studio ). Problem ini pernah Ane alami. Mau tidak mau harus close program, dan buka lagi.

Namanya software bikinan manusia tetap saja ada cacatnya.

auto backup project fl studio agar aman jika terjadi crash

Saat lagi cari sound di plugin Refx nexus yang cocok buat lagu yang lagi di remix, tiba - tiba Fl studio crash ( no responding ). Parahnya lagi belum sempat save project secara manual ( Ctrl+S ).

Jadi kerja dua kali dan ini sangat menjengkelkan. Bayangkan kalau sudah ngebatik nada hingga selesai. Pas terjadi error dan dibuka lagi hilang semua datanya... Beuuh..capek deh.. harus kerjakan ulang. Ya kalau masih ingat ?

Error / crash di Fl studio kadang terjadi di semua versi, tak terkecuali versi 12. Apalagi versi bajakan. Walaupun secara default fitur autosave ini sudah aktif di Fl. Hanya saja waktunya lebih lama.

Nah bagaimana cara atur backup project fl studio agar lebih aman jika terjadi crash ?

Cukup simple, begini :

- Klik menu option - File setting, kemudian di label "atutosave ", pilih :

Frequently ( every 5min & before risky operations ), atau pilih regularly ( every 5min ) lihat gambar

Cara backup project fl studio agar aman jika terjadi crash

Dengan melakukan pengaturan ini otomatis setiap 5 menit sekali Fl studio akan menyimpan project. Jadi kita tidak perlu lagi save manual, jika lupa.

Dengan pengaturan autosave ini jika terjadi crash pada FL studio, maka kita tidak akan kehilangan semua data project yang telah kita buat, 5 menit sebelumnya. Ketika dibuka kembali data masih ada.

Tapi tentu saja data step, melody atau lainnya yang telah kita buat sesudah proses autosave, dan sebelum 5 menit selanjutnya, terjadi crash / not responding maka tidak akan tersimpan.

Keuntungannya adalah kita tidak kehilangan banyak data project.

Jadi... Jika terjadi error setelah di atur time autosave backup ini ke yang lebih cepat waktunya, bila terjadi crash pada Fl studio cukup open project kembali ( sebelumnya save project dan beri nama filenya ).

Bagaimana jika belum sempat save project sendiri lalu terjadi crash ? Bingung kan yang mau dibuka file project apa.

Jangan khawatir untuk membuka kembali kerjaan di Fl sebelum simpan project caranya cukup simple. Begini :

-- Klik menu file - pilih - Revert to last backup 

Dengan cara ini data terakhir kerjaan di FL akan terbuka kembali. Dan selanjutnya tinggal save manual ( Ctrl+S ), isi nama file project.

Ya sudah ini hanya tips saja buat kalian yang pernah mengalami crash saat bikin lagu di Fl studio. Agar tidak kehilangan banyak data, lebih baik set auto backup project agar aman ( perpendek waktunya ). Cara set auto backup / autosave di Fl studio seperti diatas.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 09.00

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.