Home » » Apa itu sampler dan bagaimana menggunakannya

Apa itu sampler dan bagaimana menggunakannya

Jika kita bandingkan dengan sebuah groub band tentu masing-masing personil memiliki kemampuan yang berbeda..Ada yang ahli di keyboard, gitar, drum,  melody, rythm, dan lainnya..Coba ente bayangkan jika ingin membuat lagu dj atau ngeremix harus mengumpulkan personil yang mana mereka telah memiliki hardware sebagai alat musiknya, tentu rada sulit bukan??

Nah untuk itulah agar lebih memudahkan kita dalam membuat lagu / nge-remix maka para ahli audio, pembuat software, dan studio recording membuat samples, loop, synthesizer, dan instrument lainnya yang bisa di gunakan ke dalam software musik production dengan atau Tampa hardware. Yang mana suara dari instruments samples tersebut sesuai dengan genre musik itu sendiri, khususnya untuk genre-genre lagu electronic.

Samples lebih umum di kenal sebagai: file Midi, Wav, ogg, apple loop, Aif,  file extension (tergantung software), sampler Patch, dan format lainnya. Jadi seperti apa itu sampler?? agar lebih jelas silahkan lihat video di bawah. Untuk file midi sampling bisa download di blog ferry .




Bagaimana cara menggunakannya untuk membuat lagu atau nge-remix?? lihat video di bawah...contoh bagaimana meletakkan beat loop, lead, Fx, dan lainnya, genre electro house ke dalam pattern channel atau playlist. Proses ini sama halnya dengan membuat lagu atau nge-remix. Untuk timing penempatan bassline atau lainnya silahkan tentukan sendiri..video di bawah hanya contoh.



Contoh video di atas menggunakan Fl studio v.9, jika ente lum punya ente bisa coba v.8 xx silahkan download, link ada disini..Setelah selesai install jangan di loading dulu karena nanti jadi demo.

Copy paste file  di dalam folder reg ke folder..C:\Program Files\Image-Line\fl studio 8.. windows xp.Kemudian double klik--pilih pacth. Done. Selanjutnya tinggal loading fl studionya.

Di dalam fl studio memang sudah ada samples dan loop bawaan, namun sangat terbatas dan kadang saat di export ke mp3 suaranya kurang bagus. Maka untuk itulah para remixer menggunakan samples dan loops tambahan agar hasilnya maximal.

Untuk soal loop samples ente bisa lihat di loopmasters agar lebih detail, banyak sekali samples di situs itu untuk harga memang lumayan..Tapi kalau ingin yang murah pesen lewat ane, kualitas audio internasional.

Begitulah kira-kira sob tentang Apa itu sampler dan bagaimana menggunakannyaBagaimana menurut ente.tentang samples??.Jika ada yang masih kurang jelas silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.12

3 comments:

  1. d link donlot FL 8nya berikut loop sample tambahannya gan?

    BalasHapus
  2. mas tempat saling shering musik dj di mana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bikin account di -- soundcloud.com, funkoters.com

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.