Home » » Cara tahu chord sebuah lagu di virtualdj 8

Cara tahu chord sebuah lagu di virtualdj 8

Dalam mixing lagu agar harmoni, sangat di sarankan bagi seorang dj untuk mengetahui chord lagu yang akan di mainkan. Ini akan berpengaruh pada naik turunnya lagu ( bukan hanya saat remix lagu saja). Dan hal ini sering di lakukan oleh dj yang profesional dalam menyusun live set sebelum dia performing, baik memakai cdj player atau software. Salah satu kelebihan software virtualdj 8 adalah adanya feature detect key lagu, ini bisa di manfaatkan. Bagaimana caranya ?

Langkah pertama adalah scan dulu lagu tersebut dengan cara klik kanan file lagunya di file browser virtualdj 8, kemudian pilih "Re-analyze bpm ect". Dengan proses ini maka virtualdj akan mendeteksi chord lagu, bpm, composer, remixer dan lainnya. Jika tidak di re analyize ulang yang di tampilkan hanya default tag lagu, yaitu title, artis, bpm. Lihat gambar di bawah ini :

Cara tahu chord lagu di virtualdj

Langkah Kedua : Seperti pada gambar di atas, sebelum proses analyze lagu option Key harus di tampilkan dulu agar bisa terlihat key lagunya setelah di scan. Caranya yaitu klik kanan pada deretan label title, kemudian pilih key . Kolom key akan muncul seperti pada gambar di atas. Jika belum punya software virtualdj 8 versi home silahkan download di site virtualdj.com ( versi home gratis). Apa chord yang di detect virtualdj pada lagu, benar / tepat ?

Ketika tes ane menggunakan lagu strange condition - morgan page, yang ane remix sendiri, dan tahu persis lagu itu main dari chord E, dan hasil dari detect virtualdj adalah E juga. Berarti akurat, akan tetapi ane tidak menjamin selalu akurat hasilnya pada lagu lain. Setidaknya ini sangat membantu kita unutk mengetahui chord lagu dengan cepat. Jika ingin benar-benar yakin akan chord lagunya, silahkan cari sendiri manual menggunakan gitar atau piano. Kuping manusia lebih bagus ketimbang mesin.

Begitulah cara mengetahui chord lagu menggunakan virtualdj 8, cukup simple bukan? Selanjutnya jika ente ingin mixing di virtualdj cukup klik label key, di dalam file browser atau letakkan dulu ke dalam playlist virtualdj 8. Maka lagu-lagu yang sudah di scan akan tersusun berdasarkan chord ( shortir berdasarkan key). Jika ingin membuat mashup lagu, gunakan lagu yang chordnya sama agar harmonic. Mixing dan record.

Untuk menampilkan key lagu di versi 5 - 7, caranya sama. Baca melihat key lagu di virtualdj 5. Ok, bro..semoga ini cukup membantu ente yang ingin mengetahui chord/key lagu dengan cepat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.35

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.