Home » , » Info Speaker monitor yang bagus untuk mixing, studio atau home

Info Speaker monitor yang bagus untuk mixing, studio atau home

Speaker Flat yang bagus untuk mixingMemiliki speaker monitor stereo dengan kualitas suara yang bagus akan sangat memudahkan kita dalam mixing sound pada project lagu yang kita buat. Para sound enginer menganjurkan agar kita menggunakan speaker monitot type flat atau semi flat ( walaupun sebenarnya yang benar-benar flat adalah telinga kita). Adapun kelebihan dari speaker flat adalah kita bisa mendengar suara dengan detail dan jelas. Baik frequence low, mid dan hight artinya sangat jarang kita tertipu pada apa yang kita dengar, jika di bandingkan dengan speaker monitor biasa.

 Apalagi jika kita mixing sound untuk lagu dance electronic buat dj dengan software fl studio, ableton, logic pro, dan lainnya, dimana hasil mastering lagunya harus betul-betul pas loudnya agar terhindar dari hasil suara lagu yang terdengar mengulung, mendem, low kebesaran dan lainnya. Jadi dengan memiliki speaker monitor flat kita cukup  terbantu

Speaker monitor buat studio di bawah ini harga kisaran 250 - 7,500 euro. Cukup mahal memang tapi informasi yang ane dapat dari sebagian teman dan melihat review di youtube, serta melihat di site audio, daftar speaker di bawah ini sangat bagus untuk studio monitor. Cocok buat mixing sound lagu yang ente buat. Frequence responce kisaran 45hz - 35khz

1. Presonus Eris E5
2. KrK rokit 5 G3
3. Equator audio D5
4. Yamaha HS8
5. Adam A7X
6. Genelec M040
7. Neumann KH 120
8. Event Oval
9. Focal Twin6 Be
10.Atc Scm25A Pro

best speaker monitor studio

Sekarang mari kita lihat daftar speaker monitor dengan harga yang terjangkau jika kita memiliki buget terbatas seperti ane yang hanya home studio. Harga speaker sekitar 3 - 7 juta. Karakter suara yang di keluarkan tentu tiap speaker pasti berbeda.

1. M-Audio bx5 D2
2. Fluid Audio F5
3, Behringer Truth B1031A
4. Adam F5/F7
5. Equator audio research D5
6. Adam audio A3x
7. Fostex Pm641
8. KrK Rokit 8G3
9. Tannoy Reveal 802
10.Presonus Eris E8
11.Pioneer S-DJ05
12.Eve audio Sc204
13. Esi Near 05

Speaker type ini biasanya menyediakan 2 colokan cable yang biasa dan xlr. Yang paling di sarankan adalah type xlr (left n right) karena lebih bagus. Akan tetapi harus lihat dulu soundcard/ usb sound yang kita gunakan suport cable xlr atau tidak. Silahkan ketik di google untuk lihat detail cablenya jika belum tahu, kata kunci "cable xlr. Harga cable xlr cukup mahal. Dulu ane beli untuk speaker esi near 05 400rb ( 2 buah- untuk kanan dan kiri).

Ada yang mau menambahkan informasi speaker monitor yang bagus untuk mixing recomended untuk studio atau home producer ? Silahkan comment sob, barangkali ente punya pengalaman sendiri selama memakai speaker di home saat mixing sound atau latihan djing.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 05.59

10 comments:

  1. Sorry nih mas, budget ane bener bener terbatas. (malahan kurang dari 1jt.) apa bisa digantikan sama speaker aktif 2.0 atau speaker komputer 2.1 (simbadda/altec lansing)? Soalnya pemakaian masih belajar dirumah.

    Ane masih blum bisa ngebedain gear untuk monitoring sama yang biasa buat denger musik. hehehe....

    best regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses aja sob..kalau tidak ada buget buat speaker monitor yg bagus..gunakan apa adanya dulu...nanti bisa beli kalo ada dananya..ane juga dulu gitu..pake speaker tape aiwa malahan awalnya..hehe

      Hapus
    2. beLum tahu ane sob beli speaker di wilayah jogja karta.. coba gogling " jual speaker monitor jogjakarta

      Hapus
  2. Lum tahu ane sob beli speaker di wilayah jogja karta.. coba gogling " jual speaker monitor jogjakarta

    BalasHapus
  3. Permisi Mas... Ane Mau Nanya... Kalau Speaker Monitor Merk DS Acoustic DS5A... Itu Kira2 Bagus Nggak Ya..?? Soalx Budget Ane Terbatas Mas... Tapi Banyak Yang Saranin Speaker Monitor Itu.. Karena Murah Tapi Kualitasnya Nggak Murahan... Menurut Mas.. Pendapatnya Gimana Ya..?? Mohon Pencerahanya.. Terima Kasih
    Best regards ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob..ane pernah baca di forum katanya bagus juga merk itu..standar..cuma ane lum pernah denger langsung jika tes di lagu atau lainnya.. lebih baik datang langsung ke tokonya tes langsung sob kalau speaker..

      Hapus
  4. Om kalo misalnya gapunya Sound Interface gimana aku punya Krk 5 apa itu suara aslinya apa gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nar reportnya colokan cablenya dari soundcard ke speaker.. kalo onboard sound bawaan pc colokan kabelnya kan standar ( 1- 2 ). Nah biasanya di speakernya gk ada lubangnya, rata2 yang xlr atau yg colokan stereo..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.