Home » , » Software untuk mengetahui key lagu, penting untuk dj

Software untuk mengetahui key lagu, penting untuk dj

Software untuk mengetahui key laguTahukah teman-teman bahwa selain element musik pada lagu dj, dan sylenya penyebab lagu naik turun saat perform mixing adalah karena pengaruh key/chord pada lagu yang di mainkan. Oleh karena itu sebagai dj wajib untuk mengetahui dan memahami key pada lagu-lagu yang di mainkan. Dan juga tangga nada. Bagaimana cara mengetahui key lagu ?

Bisa memakai cara manual yaitu menggunakan gitar, keyboard, piano atau alat musik lainnya. Tapi itu akan memakan waktu lama, karena kita lakukan satu persatu. Dan juga tidak semua dj menguasai ilmu musik, bagian pemahaman nada-nada ( hanya bisa mixing lagu). Cara yang mudah untuk mengetahui key/chord lagu adalah dengan menggunakan software. Di bawah ini ane share beberapa software untuk estimasi / perkiraan key lagu :

1. Software virtulDJ versi 5 - 8 home dan pro. Baca cara tahu chord sebuah lagu memakai vdj 8
2. MixedNkey
3. KeyFinder for djs ( Gratis)

Dengan software ini cukup drag dan drop data lagu kita di hardisk ke kolom analysis, kemudian klik "Run Batch analysis. Selanjutnya kita bisa melihat hasilnya di sebelah kanan pada label detected key.

Detect key lagu dengan software key finder

Download di site ini : http://www.ibrahimshaath.co.uk/keyfinder/ , tersedia untuk versi mac dan windows. Cara install cukup di extract file keyfinder-win.rar or mac setelah di download. Buka folder hasil extract dan double klik file keyfinder.exe untuk loading programnya. Software ini versi standalone.

4. TraktorDJ
5. Rapid evolution 3 ( Free)

Masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangan, di antaranya adalah terkadang salah detect chord/key. Ane tes pada lagu yang remix yang sudah ane kerjakan, di temukan satu lagu chordnya beda. Misalnya : lagu sebenarnya chord adalah dari DMinor. Tapi hasil dari analyze software adalah Am. Beda tipis, karena mungkin proses algorit pada software. Tapi terbilang wajar tak bisa 100% akurat pada semua lagu, di bandingkan dengan cara manual. Manusia lebih pintar dari pada software.

Dari hasil ane tes lebih banyak benernya dari pada salah detect key. Jadi jangan kawatir jika menggunakan software untuk mengetahui key lagu. Tapi lebih gabungan secara manual dan software agar lebih tepat dan akurat.

Perlu di ingat bahwa software detect key tujuannya hanya untuk mengetahui chord/key dasar pada sebuah lagu, dan bukan keseluruhan chord. Jadi, dengan mengetahui nada dasar lagu dj yang akan kita mainkan akan lebih membuat hasil mixing lagu menjadi harmoni. Yang lebih di kenal di dunia dj adalah Harmonic mixing skill, Ini penting bagi seorang dj menguasai teknik ini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui chord memakai software.

Dan juga untuk para remixer lagu yang mempunyai pengetahuan ilmu musik pas-pasan belum tahu dasar-dasar tangga nada, software detect key cukup membantu. Ok, itulah beberapa software untuk mengetahui key lagu yang penting untuk dj, dan musician. Silahkan di coba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 16.59

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.