Home » , » Fungsi clone di fl studio dan cara memakainya

Fungsi clone di fl studio dan cara memakainya

Eh..Bray..Tumben mampir kemari, ada apa nih? Gini bro..Tadi di rumah sempet iseng-iseng buka fl studio buat pelajari cara penggunaanya. Terus..? Ya, ane tadi lihat di bagian pattern ada menu clone, apa fungsi clone di fl studio itu, ya ? ane klik jadi tidak karuan.

okh, cara menggunakannya gini, sob. Misalnya ente sudah bikin pattern terus di rename dengan nama beat basic yang sebelumnya sudah membuat step untuk , terus ingin membuat lagi pattern lain tujuannya untuk beat juga. Misalnya untuk beat tingginya. Jadi, dari pada bikin pattern baru dan kosong stepnya, terus bikin step satu-satu lagi lebih baik clone dari beat basic. Jadinya akan muncul pattern baru dengan nama beat basic#2.

Cara clone pattern di fl studio

Cara clone pattern klik kiri tanda panah bawah di sebelah kiri pattern seperti gambar di atas, terus pilih menu clone,  maka hasil clone seperti gambar di bawah :

Membuat duplikat channel dan pattern Fl

Selanjutnya tinggal ente atur lagi step beatnya, gitu sob..Ohk..Lumayan membantu ya, jadi menghemat tenaga saat bikin lagu.
Iya, sob. Dan juga untuk channel juga bisa di clone sob. Cara clone channel klik kanan saja di channel target yang akan di clone, kemudian pilih clone. Maka channel yang di clone tadi akan jadi 2, dengan nama yang berbeda. Misalnya ente clone channel Refx nexus, maka akan muncul baru dengan nama refx nexus#2. Dan seterusnya jika clone lebih dari satu.

Jadi fungsi clone di fl studio ini sama saja berfungsi untuk duplicat baik channel maupun pattern ketika kita sedang mengerjakan project lagu remix atau membuat lagu original sendiri. Ok,,Ngerti ane sekarang fungsinya.

Ohk ya, bro..Kalau lagu ane masukkan ke playlist terus ane mau duplikat juga, di clone maksud ane, bisa nggak bro..?
Bisa sob, tapi bukan di clone melainkan di Make unique, or make unique as samples. Gimana caranya ya ? Lihat gambar di bawah.


Di bagian sebelah kiri pada gambar kan ada menu unique, dan sebelah kanan make unique as sample, jadi menduplikat cukup klik salah satunya. Nanti hasilnya nama channel akan ada # di belakangnya. Biasanya kalau ane buat membuat vocal lagu jadi tebal. Jadi ane double, tapi vocal yang hasil duplikat di kecilin volumenya. Vocal yang pertama lebih dominan. Gitu sob..Ane lagi rada gila nih..Nulis sendiri di jawab sendiri...hehe

Ya begitulah sob, fungsi clone di fl studio dan cara memakainya, sangat membantu sekali saat lagi mengerjakan project lagu. Tidur dulu ya sob,..Ok bye..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.00

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.