Home » , , » Virtual speaker bagus untuk tes kualitas suara lagu dj

Virtual speaker bagus untuk tes kualitas suara lagu dj

Kemarin ketika lagi duduk ane berfikir gimana caranya agar bisa cek hasil suara pada saat mixing dan mastering lagu yang ane buat dengan mudah di studio, mobil, bigroom, speaker 5.1, tanpa harus datang langsung ke tempatnya dengan memakai headphone. Maklum bedroom studio remix lagu seringnya malam jadi sering memakai headphone. Dan juga untuk mengatasi bagaimana jika ane lagi mudik dan cuma bawa laptop buat ngerjain project. Nggak banget kayaknya kalo mesti bawa speaker juga kalau mudik..hehe

Karena terkadang ketika kita mixing instrument di speaker kita sudah terdengar bagus belum tentu di tempat lain, kualitas suara sama. Minimal balance mendekati sempurna. Dan kebetulan setelah ane bertanya sama google, ketemu juga solusinya. yaitu bisa menggunakan vst effect virtual speaker.

Ada 2 vst Virtual Speaker yang sudah ane coba, yaitu :

1. Beyerdynamic Virtual studio ( gratis / freeware

Virtual speaker bagus untuk tes kualitas suara lagu

Vst beyerdynamic menyediakan virtual speaker untuk ruangan di dalam seteo studio, car, big venue dan sound 5.1. Jadi ketika kita aktifkan vst ini di master suara lagu yang kita akan seperti di dalam studio jika di pilih mode studio. Menarik bukan ?

Perlu di perhatikan  bahwa vst virtual speaker untuk tes kualitas suara lagu ini cocoknya digunakan saat kita memakai headphone, bukan pada saat kita mixing lagu yang output dikeluarkan speaker. Jadi intinya vst ini mewakili speaker yang ada di studio atau di rumah kita. Gitu sob..

Download gratis vst virtual studio beyerDynamic.

Isi email dan nama, kemudian centang persetujuan dan klik "senden. Tunggu, ente akan dapat link download yang dikirim ke email. Cara install vst ini setelah di extract cukup copy paste ke dalam folder vst plugin folder tempat ente biasa install vst, karena format file bukan installer bisa melainkan type .Dll.

2. Tb Isone v.3 ( Try before buy), bisa trial version

Tb insone vst ini tidak gratis, ane sudah coba dan cek feature yang di sediakan. Ternyata sangat banyak preset untuk sound design

Bagaimana cara menggunakan virtual speaker vst ?

Kedua vst tersebut diletakkan pada master mixer, dan didalam vst sudah di sediakan preset untuk tes pada tempat seperti ruangan : Stereo studio, Car, 5.1, big venue. Jadi dengan plugin virtual speaker ini kita dengan mudah bisa cek seperti apa kualitas suara lagu kita jika di play di mobil, dalam studio, dan tempat lainnya. Dengan ini kita bisa memperbaiki apa kekurangannya, apakah suara bass kurang gain, kick, dan element suara lainnya pada lagu.

Menurut vendor yang membuat vst virtual speaker ini sangat cocok buat musisi yang sering keluar kota dan bekerja dengan menggunakan laptop dan headphone. Jadi seolah-olah kita seperti mendengar suara lagu di ruangan studio atau mode lainya dari headphone. Ajib dah.

Bagi yang ingin mencoba Vst virtual speaker untuk tes kualitas suara lagu memakai headphone, silahkan download mumpung gratis. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.13

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.