Home » , » Hapus vocal lagu memakai software, apa bisa ?

Hapus vocal lagu memakai software, apa bisa ?

Sebelumnya Ane pernah posting bagaimana menghilangkan suara musik memakai adobe audition cs, tujuannya untuk mengambil vocal lagu untuk di remix. Karena dari kemarin banyak yang tanya tentang cara hapus vocal lagu memakai software, bisa nggak sih ? Katanya mau buat karaoke di rumah karena tidak menemukan versi instrumental lagu yang disuka. Atau buat live PA saat DJ tampil bareng vocalis. Ya memang ada aplikasi seperti audicity, adobe audition yang terdapat effect remove vocal, tapi pengalaman Ane selama ini jika hapus vocal memakai software belum menemukan yang bisa sempurna.

Bisa dihapus vocal lagunya tapi musiknya jadi rusak, alias ikut terhapus juga sebagian. Jadi terdengar pelan meskipun vocal jadi kecil. Tapi Ane baru sedikit otak - atik fungsi effec di software untuk cari cara agar suara vocal benar - benar hilang tanpa rusak musiknya. Karena kalau membuat lagu untuk live Pa Ane biasa aransemen ulang sesuai genre lagu. Dan cara terbaik agar vocal hilang adalah di aransemen ulang, jadi tinggal ikutin saja chord lagu aslinya, dan juga gunakan versi asli lagu untuk gate / patokan.

Buat teman - teman yang mau coba hapus suara vocal pada lagu memakai adobe Audition cs 6, silahkan ikuti langkah ini :

1. Buka Adobe audition Cs6, kemudian load lagunya. Di sebelah kiri ada effect rack, kemudian pilih effec stereo imagery - center channel extractor.

Cara Hapus vocal lagu memakai software

2. Nah selanjutnya pilih vocal remove dan silahkan dengar dan atur sendiri hasilnya. Jika ingin menghapus vocal lebih baik block dulu bagian yang ada vocalnya saja, baru Ente kasih effec remove vocal.
Hapus vocal lagu memakai software

Hapus vocal dengan aplikasi gratis audacity:

Download software (di sini- posting cara merekam di cdj player), gratis tersedia untuk PC dan Mac Os, pada Audiocity juga tersedia effec vocal remove yang dibisa gunakan untuk hapus vocal. Ini caranya :

1. Load lagu ke audicity dari menu file - open, atau drag langsung dari windows explorer. format mp3 atau wave.

2. Klik menu Effect Vocal remover ( for center panned vocals), pada label remove choise pilih saja simple spectrum. Ane tes lagu pop hasilnya lumayan karena vocal terdengar kecil sudah cocok buat karaokean. Mungkin karena setingan lagunya untuk vocal berada ditengah jadi mudah dihapus walaupun tidak hilang bersih.

Itulah cara hapus vocal lagu memakai software adobe dan audacity yang bisa Ente lakukan, yang jelas untuk hasil pada tiap lagu pasti berbeda. Karena tidak semua lagu vocalnya bisa dihapus dengan mudah dan sempurna hasilnya. Silahkan dicoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.43

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.