Home » , » Install plugin di Fl tapi tidak muncul bagaimana solusinya ?

Install plugin di Fl tapi tidak muncul bagaimana solusinya ?

Sekedar membantu teman -teman yang ternyata masih belum bisa install plugin di Fl studio, permasalahan biasanya terjadi ketika baru pertama kali install Fl studio dan ketika akan menginstall plugin Vst baru bukan bawaan. Setelah Install plugin di Fl studio tapi tidak muncul di daftar vst plugin channel. Apa masalahnya ?

Sebenarnya masalah plugin tidak muncul di Fl studio setelah di install hanya simple, yaitu folder tempat install vst plugin di Fl studio belum di atur konfigurasinya. Masih pada setingan default dari FL studio yaitu di folder C:\Program Files (x86)\Image-Line\FL Studio 11\Plugins\vst. Folder ini berisi semua plugin bawaan Fl baik generator vst atau Effect. Di bawah ini gambar letak folder plugin bawaan Fl pertama kali software di install.

Install plugin di Fl tapi tidak muncul

Nah, masalahnya pertama kali di install Fl juga membentuk folder baru selain bawaan yaitu di dalam program file : C:\Program Files (x86)\VstPlugins\ . Jadi kesalahannya waktu install plugin Vst baru, tidak memperhatikan ke folder mana plugin di Install. Biasanya hanya di next - next saja sampai finish. Nah karena hanya di next maka biasanya plugin masuk ke folder lain yaitu C:\Program Files (x86)\Steinberg\VSTPlugins. Karuan saja Fl studio tidak akan membaca datanya karena salah masuk folder patch. Makin bingung saja dah...

Jadi solusinya kenapa saat install plugin di Fl tidak muncul ?

Pertama : Ubah setingan plugin folder Fl studio seperti gambar di atas ke folder C:\Program Files (x86)\VSTPlugins, atau ke C:\Program Files (x86)\Steinberg\VSTPlugins. Pilih satu folder tersebut yang akan di jadikan sebagai tempat menginstall plugin baru dari luar. Selanjutnya apapun plugin baru yang di install tempatkan ke folder yang sudah Ente atur, baik itu plugin generator ( Instrumen) atau Vst effect.

Tapi jangan lupa, ketahui dulu yang Ente install itu jenis Vst plugin apa !" Apakah instrument atau effect, karena cara menampilkan berbeda. Jika plugin instrumen seperti Refx nexus, Slenth, stylus rmx, dan lainnya maka cara menampilkan di daftar channel yaitu melalui menu : Channel - Addone - More - klik Refresh - fast scan, selanjutnya centang plugin yang baru diinstall. Atau lihat video cara install refx nexus dibawah ini, untuk plugin lainnya sama saja agar muncul di daftar channel Fl studio : Skip ke durasi 3 menit.


Nah kalau yang di install adalah plugin Vst Effect makan agar muncul di channel fx di mixer, maka agar muncul kedalam list plugin Fx, caranya adalah tampilkan dulu mixer ( tekan F9). Kemudian klik bagian master atau insert 1, klik tanda panah bawah ( lihat gambar yang di lingkari merah di bawah) diarea tempat menambah Fx, pilih more. Langkah selanjutnya sama harus di Refresh dulu, pilih fast  scan.

plugin di Fl tapi tidak muncul
Contoh gambar untuk munculkan list Fx
Centang nama plugin yang baru di install, kemudian close. Sama seperti didalam video diatas hanya beda tempat saja. Ok, begitulah sob cara mengatasi plugin di Fl studio tidak muncul setelah di install, silahkan ikuti saja seperti diatas.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.04

3 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.