Home » , » Tips mixing vocal dari Indra Q dengan softube plugin

Tips mixing vocal dari Indra Q dengan softube plugin

Mixing suara vocal memang bukan perkara yang mudah agar terdengar halus, tidak mentah dan menyatu dengan musik. Ada tips mixing vocal dari  Inda Q dengan menggunakan plugin Softube. Indra Q adalah salah seorang sound engineer yang sangat terkenal di Indonesia, banyak lagu - lagu terkenal di mastering oleh dia. Sudah punya plugin softube ? Jika belum punya silahkan download Via mbah google, karena plugin softube sangat bagus untuk olah suara dan banyak digunakan oleh para sound engineering termasuk Indra Q.

Tips mixing vocal dari Indra Q dengan softube plugin

Dia sangat  senang memakai plugin softube dan sangat merekomendasikan agar kita memilikinya. Tanpa panjang lebar silahkan lihat video di bawah ini :

Tips mixing vocal dari Indra Q memakai plugin Softube :


Video Tips mixing bass dari Indra Q memakai plugin Softube:


Plugin softube support dengan software Daw apa saja termasuk FL studio, Ane juga menggunakannya. Nah aplikasi daw yang digunakan oleh Indra Q dalam video diatas adalah Protool Hd. Dia jelaskan dengan detail dalam video tentang bagaimana mixing vocal yang benar dan juga fitur - fitur dari plugin produk softube, salah satunya adalah softube Focus equalizer. Bagaimana proses Eq, low pas filter, dan lainnya. Juga dia jelaskan penggunakan effect Reverb pada vocal. Hasilnya vocal sangat jernih, clean banget.  Nah dari video diatas tentu kita bisa belajar trik dia dalam mixing vocal dengan softube plugin.

Pada lagu - lagu yang Ane remix di souncloud rata - rata menggunakan plugin produk softube baik untuk kick, vocal dan lainnya. Tapi tidak semuanya, karena tergantung dari data source yang Ane gunakan. Terkadang ada drumkit samples yang tanpa di eq lagi hasilnya sudah bagus keluaran suaranya. Tutorial lainnya dari Indra Q silahkan lihat di channel youtube Vid Knob, milik dia.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.00

4 comments:

  1. Mas, saya mau tanya, kalo misalnya kita mau mastering lagu, tujuan nya untuk bikin album.
    nah lagu pertama dan kedua dst... di bikin agar sama besar suaranya gimana ya?
    jadi ga perlu membesarkan dan mengecilkan volume suara speaker lagi setiap kali lagu berganti...

    mohon saran dan bantuan nya..
    Terima Kasih.

    nb: saya juga menggunakan FL studio 11
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya sama aja..tiap lagu gain di 0, mixing seperti biasa tiap lagu..biasanya kalo gain di 0 suara akan rata.. Tapi kalo mau enak lagi bisa gunakan software mp3 gain ( ada normalize untuk album ) atau gunakan nero burning room.. di burn ke cd audio dan aktifkan fitur " normalize audio file".. di blog ini sudah pernah ane bahas.. gunakan google box " membuat cd audio "

      Hapus
  2. mas mau tanya gima cara install plugin softube nya..
    saya mengalami kesulitan krna meati ad licensenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu versi berbayar kalau minta ad lisence.. harus beli asli.. cari softube yg versi free aja via google

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.