Home » , , » Virtual dj 8 : Fungsi fitur Pitch range dan cara merubah

Virtual dj 8 : Fungsi fitur Pitch range dan cara merubah

Dalam menggunakan aplikasi virtual dj 8 tentu saja harus melakukan pengaturan - pengaturan sendiri agar lebih mudah. Salah satunya adalah Pitch range. Fungsi dari pitch range di virtual dj adalah untuk mengontrol nilai pitch / tempo pada lagu. Seberapa besar sebuah lagu bisa di naik turunkan bpm / temponya, di control oleh pengaturan nilai Pitch range.

Jika di alat dj sama dengan master tempo ( +6, +10, 16 - wide ). Umumnya di cdj berada pada nilai +10 pada tempo. Makin besar nilai maka makin jauh jangkauan jumlah tempo / bpm bisa di naikkan atau turun. Tergantung genre lagu yang di mainkan. Dulu waktu masih aktif djing Ane biasa set ke +10, main genre progressive house.

Pengaturan tempo pada cdj 900
cdj 900 tempo set

Bedanya di aplikasi Virtual DJ nilai berupa percent ( 6 - 100  % ), yang terdapat di menu pitch range. Nilai percent mempengaruhi jumlah jangkauan bpm lagu. Misalnya lagu dengan bpm 100 harus naik ke 120, jika nilai pitch 12%, maka tidak akan bisa. Jadi harus merubah pengaturan pada pitch range agar sampai. Contoh kaya gambar dibawah. maunya ke 126 tapi tidak sampai.

Pitch tombol pada virtual dj 8

Dalam dunia DJ pitch range di atur agar lagu pada deck B misalnya bpm nya rendah, sedangkan di Deck A tempo / bpm tinggi. Jadi agar bpm lagu pada deck B bisa sama dengan lagu yang di Deck A, maka harus merubah nilai pitch range.

Tutorial cara merubah nilai pitch range /tempo pada Virtual dj 8 :

Sangat mudah, jika kalian belum tahu. Langkahnya cukup klik tombol bulat di bawah tombol - + seperti gambar di atas. Akan muncul menu termasuk pitch range.

Fungsi fitur Pitch range aplikasi virtual dj 8 dan cara merubah

Nah selanjutnya tinggal pilih nilai pitch range target sesuai kebutuhan. Secara default tanpa di rubah pada virtual dj 8 nilainya adalah 12 %. Jika main genre lagu yang bpm-nya tak jauh berbeda, tidak perlu merubah bagian ini.

Terkecuali di butuhkan. Misalnya mau mixing cross genre dari hip hop ke Electro house ( 2 genre ini punya perbedaan tempo yang jauh ).

Jadi intinya :

Jika kita ingin menaikkan atau menurunkan tempo / bpm lagu agar sesuai dengan yang kita inginkan, maka cara mudahnya adalah dengan merubah nilai pitch range ini. Ini berlaku tidak hanya pada aplikasi Virtual DJ 8 saja, tapi rata - rata semua software dj ada pengaturan ini. Semoga bermanfaat buat kalian yang lagi cari cara buat rubah pitch range

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 16.03

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.