Home » , , » Rumus chord paling mudah di pahami pemula agar mahir

Rumus chord paling mudah di pahami pemula agar mahir

Rumus Chord : Untuk pemula dalam belajar bagaimana membuat lagu dance elektronik menggunakan software Daw Fl studio atau lainnya, dan tidak paham sama sekali tentang chord/ key tentu sangat menyulitkan. Bahkan bisa dikatakan mustahil sebab agar bisa membuat lagu atau remix dasar utamanya adalah memahami chord bukan sekedar nada saja. Mungkin bisa saja kita les piano atau belajar keyboard tapi tentu itu butuh biaya dan waktu yang tidak sebentar.

Nah untuk pemula Ane mau berbagi ilmu yang mudah tentang bagaimana memahami chord dengan menggunakan rumus chord paling mudah di pahami. Jadi dengan mudah kita bisa membuat chord walaupun sebelumnya buta banget.

Rumus chord paling mudah


Chord adalah : 2 - 4 nada dibunyikan secara bersamaan. Misalnya nada Do, Mi, Sol ( C Major )

Rumus chord paling mudah di pahami pemula agar cepat mahir


Sebelumnya harap di pahami bahwa dalam musik ada tangga nada major dan minor. Begitu juga dengan Chord ada major dan minor, dan keduanya sangat umum digunakan untuk proses composing lagu. Tidak menguasai ini tentu akan sangat kesulitan dalam membuat lagu.

Baca dulu article -- memahami tangga nada major


Rumus chord minor :

Minor : 0  -  3  -  7

Angka 0 adalah patokan nada jadi mulai menghitung dari patokan itu, yaitu 1 - 2  (3 ) - 7. Angka 0, 3 dan 7 adalah letak nada nya. Sehingga jika dibunyikan jadinya chord minor.

Sebagai contoh perhatikan dengan teliti gambar ini :


Rumus chord paling mudah di pahami pemula agar mahir
Rumus code chord minor di Fl 20
Silahkan langsung di praktekan di software Fl studio Ente agar lebih mudah memahaminya, tanpa praktek akan bingung.


Rumus chord major:


Major : 0  -  4  -  7

Cara tahu nadanya apa saja untuk chord major sama saja dengan yang chord minor, bedanya hanya angka 4. Jadi 0 sebagai nada awal 4 nada ke 2 dan 7 nada ke 3.

Jika melihat contoh gambar di atas makan cukup geser nada D# ke E, maka jadinya chord C major. Mudah bukan ??

Jadi misalnya mau tahu chord G nadanya apa saja cukup letakkan nada awal di G ( 0 ) lalu hitung dari 1 - 4 ( nada ke 2 ) - 7 ( nada ke 3 ).  Chord Gmajor : G B D

Jadi rumus membuat  chord major atau minor adalah :

Major : 0  -  4  -  7

Minor : 0  -  3  -  7

Silahkan di pratekkan langsung bagi yang belum paham soal membuat chord di Fl studio atau software lainnya. Cara ini berlaku untuk semua software Daw yang terdapat piano roll.

Setelah tahu chord apa langkah selanjutnya ?


Yaitu memahami chord progression agar tahu patokannya. Jadi misalnya mulai dari chord C, maka chord selanjutnya jadi paham. Seperti gambar dibawah ini.


Tangga nada major


Berdasarkan gambar diatas jika bermain dari Nada C/ Do, maka chord selanjutnya adalah D, E, F, - dst. Tetap nanti ketemunya pasti chord major dan minor. Jadi jika pas di lagu kok di chord major tidak pas berarti di chord minor. Gunakan rumus di atas agar lebih mudah membuat chord yang tepat.

Intinya jika kita tahu rumus chord major dan minor maka akan semakin mudah kita dalam belajar membuat lagu. Jadi kita bisa belajar secara otodidak. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.40

1 comments:

  1. hehe.. ane buka kelas private aja broo musik producer.. di Jak sel

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.