Home » , » Cara menggunakan Rekordbox 6 untuk atur lagu atau membuat playlist

Cara menggunakan Rekordbox 6 untuk atur lagu atau membuat playlist

Rekordbox kini telah berubah menjadi gratis full version hanya saja ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan jika kita akun free. Tidak ada lagi rekordbox dj seperti versi sebelumnya. Tapi biarpun gratis fitur yang disediakan sudah lengkap untuk performing atau sekedar membuat playlist lagu yang akan di mainkan di DJ controller. Karena sekarang ini alat dj controller produk pioneer telah di lengkapi dengan software ini, agar lebih memudah dj saat mixing dan mengolah lagu ( dj set ).  



Cara gunakan rekordbox 6 software gratis


Jangan lupa download dulu software rekordbox 6 ke site https://rekordbox.com/en/download/, Pilih agree sebelum download. Jangan lupa juga sebelum menggunakan software rekordbox ini kita harus membuat akun gratis terlebih dahulu. Sebab pertama dibuka kita harus login agar bisa ke buka dan digunakan. 

Siapkan Usb drive untuk tempat export playlist merk usb bebas, tapi kalau Ane biasa pake merk sandisk. Cara menggunakan rekordbox 6 sangat mudah. Di bawah ini detailnya.

Cara gunakan Rekordbox 6 untuk membuat playlist :


Setelah selesai proses install software akan muncul form login. Isi dengan email dan password yang telah dibuat sebelumnya. Pertama kali digunakan pada software rekordbox 6 akan muncul page wizard subscribe, pilih free plan "

Selanjutnya :

1. Pilih ke Export mode. Bukan perform mode.

Lakukan import database lagu yang ada di Hardisk atau External Hdd. Klik menu Import di software rekordbox kemudian pilih import ( track, folder, playlist ). Pilih Folder atau import track saja.
Setelah proses import data lagu maka semua data lagu akan masuk ke dalam folder collection di sebelah kiri. Seperti pada gambar dibawah.

 Jadi dengan proses import ini maka software rekordbox akan menyimpan database lagu dari hardisk untuk di analyze baik itu bpm, key, bar, dan lainnya. Seluruh struktur lagu akan di olah dan terlihat visual grafiknya dengan detail. 

Termasuk bagian dari fill lagu sampai drop. Akan terlihat grafik visualnya.. Jadi lebih mudah kan ?


Tunggu sampai proses analyze data lagu selesai ( proses membaca bpm lagu, key dan lainnya ). Proses ini tergantung dari laptop atau pc yang kita gunakan. Jika ram dan processor besar waktu analyze akan lebih cepat sampai visual grafik terlihat.


Seperti pada gambar di bawah ini jika untuk membuat playlist mode rubah ke export, tapi jika untuk performing langsung menyambung ke alat dj controller harus di rubah ke mode performing.
Saat pertama kali memakai rekordbox 6 ini ada fitur blank list. Nah tinggal rubah saja menjadi nama playlist yang sesuai ( double klik ).


Atau klik kanan pada menu playlist di sebelah kiri ( file browser ) , kemudian pilih add new playlist.


Cara gunakan rekordbox 6 gratis untuk bikin playlist


2. Drag lagu yang akan di jadikan playlist dari folder collection ke playlist yang sebelum telah dibuat. 

Bisa juga dengan klik kanan lagu nya dari folder collection kemudian pilih add to playlist ( pilih ke nama playlist yang telah di buat ).

Drag ke player A atau B untuk mengecek keseluruhan part lagu. Sebab jika di play biasa hanya untuk mendengar suara lagunya saja.


3. Proses membuat Cue point / Hot cue


Klik pada huruf A, B - H untuk membuat hot cue di rekordbox. Buat hot cue seperlunya.

Tapi sebelumnya klik pada bagian player untuk menentukan posisi nya ( rubah ke 1 player biar mudah ), lalu klik dan tahan di mouse dan arahkan tepat pada garis merah, lalu klik tombol A atau B, maka hot cue akan terbuat. 


Cara buat hot cue di rekordbox 6 gratis
cara buat hot cue

Tanda sudah terbuat hot cue nya adalah warna huruf berubah jadi terang dan jika di klik maka langsung play pada posisi cue pada lagu. Proses membuat hot cue lainnya sama saja. Cukup klik area lagu, geser, pass sin dan klik tombol B atau lainnya. 

Pada bagian ini tujuannya adalah agar lagu lebih mudah saat di mixing di alat dj controller, karena posisi play sudah kita buat di rekordbox. Jadi tidak perlu lagu membuat cue lagi ketika sedang perform. Pada alat dj controller nanti akan terbaca cue point nya. 

Jadi...

Begitu play awal lagi langsung ke beat ( duk )

Secara default setelah sudah di analyze sebenarnya posisi cue sudah benar dan pas. Hanya saja cue default otomatis mengambil posisi awal lagu. Nah.. masalahnya saat mixing kita tidak selalu patokan pada cue awal lagu, kadang harus mengambil pada bagian bar tertentu. Misalnya akan mengambil posisi lagu pada 8 bar. Jadi kita harus membuat sendiri cue ini secara manual menggunakan rekordbox.

Ini yang di sebut Hot cue.. 

Hot cue ini sangat penting di buat agar saat mixing posisi cue play nya pas dan tepat. Agar di alat dj nanti terbaca. Ini cara bikin hot cue. 


4. Cara mengatur susunan lagu di playlist rekordbox


Di dalam playlist klik kiri lagunya tahan kemudian drag ke nomor yang di tuju. Lakukan proses itu berulang agar lagu sesuai urutan.


5. Cara export ke usb disk dari rekordbox


Klik kanan nama playlist yang sudah di buat kemudian pilih " Export playlist dan pilih Usb. 

Tunggu proses selesai dibagian bawah software sampai 100%. Jangan di cabut usb nya kalo belum selesai nanti tidak kebaca semua lagu nya di alat dj controller. Misalnya di alat Xdj Rx2. Kadang karena tidak sabar langsung cabut usb nya, padahal lagu proses export belum selesai.

Setelah selesai export playlist dari rekordbox 6 ke Usb disk, silahkan safe remove usb dan bisa langsung di gunakan di alat dj Ente. Jangan langsung cabut ya, takut datanya error.


Kalau tidak di rekordbox dulu bagaimana ?


 Jadi mau langsung copy ke Usb saja lagu - lagunya.

Bisa saja tapi nanti di alat lambat loading lagunya. Ane pernah tes di Xdj Rx 2 jadi lemot loadingnya.  Terus pada saat mau mixing kita harus bikin cue manual dari alatnya langsung. Ini akan makan waktu dan bikin repot nantinya. Jadi sebaiknya lagu harus di rekordbox dulu sebelum di mainkan.


Jadi begitulah langkah dan cara menggunakan rekordbox 6 yang gratis untuk membuat playlist lagu sebelum di mixing di dj controller. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 00.06

2 comments:

  1. Bro ane baru di rekordbox nah ane partama x tuh salah export lagu banyak banget ane pengen hapus dari databasenya baru ane urutin lagi saran dong caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dalam collection remove aja dulu.. terus di load ulang ke playlis. Kalau salah export ke usb ya cukup di format aja usbnya ntar ilang semua database.. terus export ulang, tp di bikin playlist dulu biar nggak kebanyakan

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.