Home » , » Cara cepat menaikkan atau turunkan nada dasar Fl studi 20 - transpose

Cara cepat menaikkan atau turunkan nada dasar Fl studi 20 - transpose

Terkadang saat mau isi vocal pada lagu yang sedang kita buat nada dasarnya ketinggian atau kerendahan sehingga vocal suara kita tidak sampai atau susah mengontrol suara. Jadi agar lebih mudah maka perlu atur untuk menaikkan atau menurunkan nada dasar lagu. Misalnya nada dasar awal ada C : DO, karena kerendahan maka harus naik ke nada D - A. Atau sebaliknya dari tinggi ke rendah. Berikut ini cara cepat menaikkan atau turunkan nada dasar di FL studio 20.

Cara cepat menaikkan atau turunkan nada dasar Fl studi 20 - transpose


Fitur transpose ini hanya ada di Fl studio 20 

1. Klik kanan pada pattern pada playlist yang akan dinaikkan nadanya kemudian pilih Transpose. 


cara cepat menaikkan nada dasar di flstudio 20


2. Isi nilai sesuai target nadanya. Misalnya dari nada E mau naik ke F, berarti cukup isi angka 1 kemudian enter. Karena jarak nada dari E ke F ada 1 nada. Jika mau naik ke nada yang lebih tinggi maka cukup di itung saja jaraknya.


Transpose untuk menurunkan nada :


3. Sedangkan untuk menurunkan nada dasar, pada kolom nilai ( transpose ) harus di beri tanda - , yang artinya nada akan turun. Misal dari nada dasar G turun ke F, maka pada nilai turun harus kita isi menjadi - 2 ( karena dari nada G ke F ada nada F# ).

Patokan menghitung seberapa akan naik atau turun adalah nada setelah / sesudahnya yang di hitung ( untuk mengisi nilai transpose ).

Misalnya dari nada C mau naik ke F berarti yang dihitung adalah dari C#, D, D#, E, F ( 5 nada ). Bukan di hitung dari nada C. Lihat gambar.


Cara hitung nilai naik atau turunkan nada dasar

Patokan hitungan naik dan turunnya nada


Gambar di atas untuk pemula yang belum hafal jarak nada sehingga lebih mudah untuk proses menaikan atau turunkan nada dasar di Fl studio 20.

Bisa saja sih menaikkan nada dari piano roll, dengan cara di pilih semua nada terus geser memakai mouse ke target nada. Tapi cara ini kurang efektif. 

Begitulah cara cepat menaikkan atau menurunkan nada dasar lagu yang sudah kita buat di fl studio 20 project. Yaitu melalui fitur transpose dari playlist langsung. Jadi lebih simple tidak harus melalui piano roll pada pattern. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.54

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.