Home » , , » Tip dalam mencari nada dasar vocal lagu dengan bass note di FL

Tip dalam mencari nada dasar vocal lagu dengan bass note di FL

Bagi yang sudah paham nada pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam menentukan nada dasar pada sebuah vocal lagu, saat akan di remix . Cukup mendengarkan vocalnya saja sudah tahu ( major atau minor vocalnya), dan selanjutnya tinggal di olah pada software.

Nah untuk pemula Ane ada tip mudah dalam mencari nada dasar vocal lagu, yang mana nada dasar tersebut akan mencari progression untuk chord. Bisa dibilang ini teori dasarnya, yaitu dengan menggunakan "Bass note ".

Apa itu bass note ?


Arti simplenya : Bass note adalah sebuah nada yang panjangnya antara 1 bar - 8 bar lebih, tergantung pada nada vocal, yang dibuat untuk mempermudah mencari nada dasar vocal atau lainnya. Di buat untuk patokan chord lagu.

Biasanya bass note menggunakan instrument suara bass yang suaranya panjang, yang terdapat pada setiap Vst plugin instrument. Panjangnya suara mengikuti bar yang dibuat. Contohnya pada vst harmor bawaan Fl studio, preset "simple bass ". Preset simple bass jika di play akan menghasilkan nada yang panjang, begitu jika di batik di piano roll.

Nah, untuk mencari nada dasar vocal lagu, bagi sobat yang memakai FL studio bisa memakai preset simple bass di harmor ini untuk latihan cari nada dasar vocal. Seperti ini gambaran bass note :

Tip dalam mencari nada dasar vocal lagu

Pada gambar sobat lihat bahwa itu adalah bass note dari simple bass preset harmor. Untuk letaknya pada nada apa tergantung pada vocal. Bisa 1 bar panjangnya atau lebih tergantung pada vocal, diatas hanya untuk contoh saja.

Bagaimana cara mencari nada dasar vocal dengan bass note ?


1. Letakkan vocal lagu yang akan sobat cari nadanya ke playlist Fl studio, jangan lupa di beatmap / sycn dulu dengan beat agar temponya sama ( baca tips remix ). Sehingga pada saat mencari nada dasar dengan bass note tepat pada bagian bar nadanya ( bukan di 1/2 bar, tapi di antara 1 - bar ke 2 dan seterusnya ).

2.  Buat pattern untuk bass notenya, untuk awalan bisa gunakan Vst harmor - preset simple bass, dan letakkan di bawah vocal ( di track 2 atau 3 di playlist ). Pertama kali bikin nada panjang kira - kira 1 - 2 bar di piano roll, sebelum di letakkan di playlist, karena ini agar lebih mudah. Contohnya :

cari nada dasar vocal lagu dengan bass note


3. Play vocal ( tekan space ), kemudian menuju pattern bass note ( dobel klik pattern ) sambil didengarkan apakah nada bass sudah harmoni atau belum dengan vocal. Jika belum geser ke nada lain, misal ke nada E , G atau nada lainnya sampai antara vocal dan bass harmoni. Proses ini di lakukan dengan play dan stop di playlist sampai dapat.

4. Nah setelah ketemu nada dasar vocal lagu dengan menggunakan bass note, selanjutnya ente tinggal cari nada lainnya sesuai vocalnya. Jika nada dasar vocal lagu di G, maka nada selanjutnya biasanya diantara nada : A , E , C , B , D, F . Lihat urutan nada progression di sini tipnya , rumus untuk semua nada.

Kesimpulannya :

Jadi, setelah ketemu nada dasar vocal lagu yang akan sobat remix dengan bass note maka nanti akan ketemu nada lainnya. Dan selanjutnya tinggal bikin chordnya berdasarkan patokan bass note. Ini juga merupakan salah satu cara Ane saat remix lagu pada saat cari chord. Silahkan di coba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.54

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.