Home » , » 4 tips langkah remix lagu yang mudah

4 tips langkah remix lagu yang mudah

Sebenarnya ane mau cerita saja tentang pengalaman ngeremix lagu selama ini menggunakan Fl studio software. Pada awalnya banyak sekali mengalami kesulitan dalam karena memulai remix lagu secara acak, sehingga kehilangan feel/stuck. Kali ini ane berbagi sedikit langkah-langkah yang mudah saat remix lagu agar lebih mudah. Apa saja yang harus kita lakukan. Silahkan simak :

Pertama : Gambaran

Yang pertama ane lakukan sebelum mengerjakan aransement musik lagu yang akan di remix adalah mendengarkan terlebih dahulu vocal clean (acapela ). Dengan mendengarkan ini ane mendapat gambaran tentang seperti apa nantinya musik yang akan ane buat. Seperti : Lagu ini cocok jika di remix ke genre electro house, atau progressive house ?.

Mencari gambaran musik ini menurut ane sangat penting agar langkah selanjutnya lebih mudah, baik merujuk pada satu genre/ style lagu atau genre yang masih berkaitan.

4 langkah remix lagu yang mudah
Langkah remix lagu yang mudah

Kedua : Beat.

Setelah proses diatas dan gambaran telah ane dapat, selanjutnya langsung buka Fl studio. Set bpm/tempo project, lalu hal pertama dibagian ini ane cari suara Kick yang menurut ane cocok. Termasuk element lainnya seperti, snare, hi hat, percussy untuk membuat beat basic. Terkadang menggunakan beat loop yang ada di samples pack.

Ketiga : Beatmapper/ sync tempo, Beat dan vocal.

Istilah lainnya adalah beatmaching atau fit tempo ( proses menyamakan vocal dengan tempo / beat ). Pada proses ini bisa ane katakan gampang-gampang susah. Tergantung vocal acapella yang kita dapat.

Jika mendapatkan vocal studio acapella biasanya lebih mudah pada saat di beatmapper / fit tempo, karena saat take vocal sang penyanyi benar-benar mengikuti tempo lagunya. Dengan kata lain kita tidak terlalu banyak memotong vocal agar sama dengan beat.

Focus pada bagian ini dulu sampai antara vocal dan beat benar-benar sama temponya. Jangan kerjakan dulu proses lainnya, karena nanti akan menyulitkan.

Ke empat : Making instrument / membuat instrumen

Setelah langkah ketiga selesai, barulah kita memulai proses CHORD, mencari kunci nada dasar lagu yang kita remix. Bisa di mulai dari membuat bassline dulu atau instrumen lainnya. Atau untuk cari nada dasar bisa juga dengan teknik bass note dulu.

Ane sendiri kadang di mulai dari membuat leadnya dulu, baru bassline, lalu lanjut lainnya. Kadang juga membuat basslinenya terlebih dahulu.

Tergantung feel saja. Jika chord lagu sudah ketemu dan benar, maka selanjutnya kita akan mudah dalam membuat melody.

Itulah 4 tips langkah remix lagu yang mudah yang sering ane lakukan dalam ngeremix lagu. Dari proses di atas tinggal kita kembangkan agar menjadi sempurna. Jangan lupa baca juga tips 7 hal penting dalam remix lagu dj. Keep action. Ada yang mau nambahin tips ? Silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.55

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.