Setting laptop buat ngeDJ

Cara seting laptop untuk ngeDJTengah malam di saat hantu pada keluar den Bagus datang ke kost san gw bawa laptop, langsung nanya. Bro, gw mo jadi dj modal laptop ini ma virtual dj software bisa gak?! Ya bisa lah yang penting spek laptop lo mendukung. Ramnya, processornya, hardisk, plus soundcard ama headphone. Spek Laptop yang bagus buat ngdj kaya apa enaknya bro?? Merk bebas bro, cuma lebih baik pake DELL, Thosiba or accer centrino, tahan panas and bandel.

kalo buat ngedj spek minimal:

Processor 1 - 2ghz ( lebih tinggi lebih bagus)
Ram 1 gb
hdd 320 gb - 3 Tb
vga 128
2 soundcard (onboard or usb sound)
Headphone pro dj
Koleksi lagu bahan buat runing (asli)
Virtual dj software, traktor, ableton dan lainnya.

Kalau ram 512 mb bisa gak bro?? bisa tapi paling-paling sering hang laptop lo..kecuali lo pake vdj v 4.3. kalau lo pake v 5.0, 5.0.7, 5.2 pro, v 5.3 lum keluar ada juga paling crack gak jamin kalo buat ngedj. gw pernah nyobain sering hang bro. Berat saat loading, and kadang-kadang lagu berhenti. Soalnya virtual dj tuh butuh ram yang lumayan gede biar lancar. Apa lagi buat mixing, pas lagi record yang ada jadi putus-putus.

Buat ngedj sih dah 50% cukup bro laptop lo. Tapi lo mesti tambahin satu/dua USB SOUND kalo satu sound gak bisa. Maksudnya??

Jadi gini bro:

Ngdj pake virtual dj itu ada dua metode, INTERNAL MIXER and EXTERNAL MIXER setting . Kalau lo punya duit banyak tinggal beli mixer hardware nya kaya TOTAL XONTROL MIXER banyak yang dah make. di glodok kalo gak salah ada tuh yang jual harga gw gak tau (wilayah jakarta). jadi lo setting ke external mixer.

Detailnya begini bro: Internal mixer itu Mixer dari virtul dj software langsung. kayak gini :

Internal mixer virtualDJ software
Gambar mixer 1.

Nah gambar ini yang gw kasih warna hijau itu internal mixer nya virtual dj Low, hight, mid, volume level, gain, crossfader, Deck 1 dan deck 2. Jadi saat djing or mixing lo cukup make mixer itu. ngatur bass, hight, mid pake mouse atau shortcut keyboard.Jika di mixer hardware itu berarti Chanel 1 or chanel 2. gituu.

Gw pake yang internal mixer aja bro biar ngirit. Maklum gw buat di kamar dulu gi belajar..he.he.
Ya udah lo tinggal beli USB SOUND yang murah terserah yang bagus juga malah keren. Knapa mesti pake 2 sound bro? Wah tumben lo pinter nanyanya..he.he. Simplenya begini bro.

Soundcard/ usb sound 1 buat ke headphone
soundcard/usb sound 2 buat ke speaker (lihat gambar seting sound)

Itulah makanya di mixer virtual dj software ada fungsi CUE MIX, itu gunanya buat dengerin dua lagu yang lo putar (kaya gambar di atas) nah disitu kita bisa tahu ketukan lagunya bledak bleduk apa sudah sama beatnya. makanya perlu 2 soundcard/ usb sound. Jadi jika memakai internal mixer setting lo cukup modal:

Laptop
Usb sound
Headphone
speaker aktif
kabel RCA setereo
Lihat gambar disini lengkapnya

Terus cara nyetingnya bro?? ini buat contoh aja ya anggap aja tulisan soundblaster pci itu 2 Usb sound sory di kost gw pake pc dengan 2 soundcard merk sama jangan bingung ya. lihat gambar setting internal mixer:

cara seting sound di laptop
Gambar 2.

Click config
pilih sound setup
Output pilih headphone kayak di gambar atas.
Soundcard(s) pilih 2
Di soundcard pilih mana yang mo dijadikan out ke speaker
Di bawah nya lagi itu buat ke headphone (onboard sound juga boleh)
click ok.

Selesai tinggal tes .
Gimana cara ngetesnya bro?? pake palu getok laptop lo bunyinya gimana!" cekakak.kak.kak.
Cara ngetes nya mudah saja bro. Langkahnya:

a. Colokin Jack setereo cable (gambar disini) ke soundcard/usb sound (lubang output) sesuai
settingan ke speaker.
b. colokin headphone ke soundcard/usb sound sesuai setingan
c. Load satu lagu ke deck 1 terus click play
d. load lagu ke deck 2 (jangan lupa turunin dulu volume level kaya gambar mixer 1 diatas di bawah low, hight, mid.) terus play.
e. Ambil headphone lo, pasang di kaki eh salah ya?
d Naikin CUE MIX (seperti gambar mixer 1 diatas ) ke tengah dengar 2 lagu kan di headphone??
kalo gak kedengaran cek settingan kembali , atau salah nyolokin. Cek juga di control panel laptop lo, Sounds and audio devices. Lihat propertisnya.

Sudah beres kan'
Duh mo nulis pa lagi ya gw. ngerokok dulu ah.. ssssssssssssstttt bussssh.
oya, skin yang enak apa bro buat pemula??
buat pemula bagus nya Dn-s3500 sugesstion internal mixer download disini denon skin, simple and mudah tombolnya. Support for all virtual dj version.

Terus cara ngedj pake virtual dj gimana tekniknya bro?
Teknik dasar ngedj Baca teknik ngeDJ disini.

Ya sudah itu dulu, bro. Begitulah cara setting laptop buat DJ, silahkan ente coba . Besok gw lanjutin molor dulu ya den bagus..Ada pertanyaan silahkan comment atau post di facebook page hendryal punya ane.


Baca juga : tips membeli laptop yang bagus untuk musik dan dj perform., ada beberapa alternatif merk laptop yang sangat recomended buat DJ dan multimedia. 

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.13

37 comments:

  1. bagus ini infonya bang kalo boleh tau software suara2 dj ada gak?

    BalasHapus
  2. lihat..di article "dj software bro"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bwt sampler yang nada nya ad sebutan nm kita tuh gmn caranya??

      Hapus
  3. klo soundcard nya di pke ke headphone, sedangkan onboard dijadikan out ke speaker bsa kaga bro?

    BalasHapus
  4. bisa...coba baja postingan ini---http://djhendryal.blogspot.com/2010/05/usb-sound-untuk-dj.html

    BalasHapus
  5. Malem DJ Hendry...first of all..wallaaah langsung aja ya..maturtengkiyu utk pelajaran ttg men-dj yg diberikan diblog ini, sangat gamblang dan blak-blakan (ini yg namanya mengamalkan ilmu dan wajib ditiru:))
    setelah membaca ttg usb sound,malem ini aq beli di toko acc computer dan ada..:) hrganya 25rebu, dan setelah disetting mengikuti cara yg ada diblog..its work..!!! dan enaknya skr aq bs mixing dgn mencocokkan beat tnp hrs kedengeran di speaker master :) caranya cukup mainin/nyetel headphone vol dan cue mix vol, setelah itu mixing n perpindahan lagu menggunakan crossfader (geser kanan/kiri) sedangkan volume level tetep manteng di max (y)..makasih ya dj...viva djhendryal.blogspot

    BalasHapus
  6. bang hendry kl dari laptop macbook pro + speaker + 1 external soundcard behringer + headphone tanpa xternal mixer apakha di headphonenya bisa privew lagu selanjutnya?apakah dengan 1 external soundcard behringer di headphone bis memecah suara dek 1 dan dek 2? tr kl install virtual dj dr internet apakah sdh full version? mohon dong infonya settingannya....email saya dendyhebatz@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sob..behringer kan dj controler buat ke software dah suport ke virtualdj..dah ada prieviewnya ke headphone. testing dulu aja..Tapi ente harus paakai yang virtualdj pro jangan yg home kalo mau ada priview di phone. Kalau lo pak soundcardnya saja cek apakah soundcard itu bisa dua output atau tidak. Kalo hanya satu output ente bisa gunakan onboard sound bawaan macbook pro lo. Kan dah ada tuh soundcardnya.

      Hapus
  7. Terima Kasih Pak .. artikel yang sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  8. BRO....mau nanya nic. Saya pake 2 soundcard tapi kenapa suara yg di headphone beatnya sama tp di speaker berantakan begitu jg sebaliknya. Mohon pencerahannya. Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake soundcard merk apa sob ente..ane gk pernah kasus gitu..ada kemungkinan emang beatnya/bpm lum sama/ lagunya lari2..atau juga ada delay di soundcard ente, biasanya usb sound yg biasa.

      Hapus
  9. soundcard buat headphone yg bawaan dr mainboard, soundcard yg buat speaker creative x-fi titanum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ente balik--onboard sound buat speaker..kalo masih beda..gk tau ane problemnya mesti liat langsung

      Hapus
  10. Bro... mau nnya nc. saya mau bwt nama sya DJ OSMOND d samples, tpi saya gk tw gimana cara bwtx. Mohon pencerahannya. Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di blog ini udah ane bahas sob..klik sitemap ada postingan tentang cara bikin vocal nama dj...or suara robot

      Hapus
  11. mas kira" klo pake netbook bisa kga ???
    klo bisa merek netbook apa mas yg bisa dipaki ??
    mohon saran'a yah mas hendra ;)

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. bisa..yg penting support (procesor, ram, hdd, soundcard)..layar 14inch minimal disarankan..Jika layar kecil seperti netbook, tidak nyaman di pake..dan software terkadang tidak mensupport resolusi screennya.

      Hapus
  13. bro, gue sering tuh buka partycloud.fm, tapi bingung car mix dua lagu gimana sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. partycloud mah otomatis..single output aja..nggak bagus kalo buat latihan mixing..yg bagus yg memiliki 2 output to speaker dan headphone..contoh software virtualdj n traktor dj..bisa di set 2 output..asala soundcardnya mendukung..

      Hapus
  14. Bang kalo mau school DJ brpa duit ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca postingan ini http://www.djhendryal.com/2014/06/informasi-dj-school-di-indonesia-kota.html call aja ada contactnya:

      Hapus
  15. Bang hendry, Skin Dn-s3500 suggestion internal mixernya gak bisa didownload.
    "This file does not exist, the access to the following file is limited or it has been removed due to infringement of copyright".
    Gimana bang?. Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..sory ane gk tahu kalo dah di hapus ma hostnya..ntar di uploadtin lagi skinnya..

      Hapus
  16. Makasih bgt buat djhendryal bermanfaat bgtselama ini ane jadi silent reader tapi ane sekarang coment karna artikel yang ditulis oleh dj hendryal emang bermanfaat n terbukti , makasih bnyk pokoknya

    BalasHapus
  17. gan mau nanya pertanyaan sepele nihh..
    jangan di bully ya :v
    jadi kalo menurut agan belajar mixing mending pake leptop apa pc ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo buat di rumah aja mending pc..bandel soalnya tahan panas terus soal soundcard bisa pake yg biasa dulu / yg murah..kalo buat perform keluar (mobile) ya mending laptop..butuh modal mayan bnyak..dari soundcard external plus lainnya..ya tergantung lonya sih buat di home aja pa gk

      Hapus
  18. gan ada software Pioneer buat DJ nggak???

    BalasHapus
  19. Bang, kalok lewat Android gimana bang? .. Aku udh mainin, hasilnya jlek Mulu .. Maklum masih tahap belajar. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dulu yang pake pc atau alat dj manual baru pake versi android...baca aja diblog ini infonya

      Hapus
  20. gan kalau netbook intel atom ram 2gb bisa nggak pake virutldj 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja sob..tp kemungkinan berat loading lagunya.. bagusnya minimal 4gb kalo virtualdj 8

      Hapus
    2. klau intel atom 4gb bisa nggak ?

      Hapus
  21. Gan, mau nanya kalo tampil dj misalnya di acara pentas seni kampus tapi cuma bermodal laptop & software virtual dj (tanpa deck) bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa sob.. Pake headphone yang khusus buat dj mixing, plus untuk soundcard usahakan yang 2 output, jadi bisa mixing di headphone juga. yg penting pede

      Hapus
  22. Bro bisa konsul private kaga?..
    Kaya nya abang hendry udah berpengalaman banget..
    Mnta kontak bbm atou lainya.. makasih

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.