Home » , » Cara menyimpan hasil kerjaan di Fl studio 10 ke wav atau mp3

Cara menyimpan hasil kerjaan di Fl studio 10 ke wav atau mp3

Sepertinya memang belum lengkap kalau topik cara menyimpan hasil kerjaan kita di Fl studio 10 atau render ke mp3, wav, belum ane bahas di sini. Yang mungkin sebagian teman-teman belum tahu bagaimana cara render pada setiap instrument yang kita buat di Fl studio, baik itu di bagian pattern atau seluruh track yang kita telah susun. Ok, langsung saja ane bahas bagaimana cara render ke mp3 atau wav di fl studio dan juga tipsnya:

Pada Fl studio ada 2 jenis metode Render / Export file:
Yaitu: Render pada PATTERN dan Render file pada SONG (seluruh track).

Export atau Render pada pattern:

Render pada pattern adalah meng-Export hasil instrument yang kita buat pada satu pattern saja. Sebagai contoh kita akan meng-export suara intrument di pattern 1, yang isinya adalah hanya Bassline ( atau step squencer lainnya). Maka hasil dari render/export tersebut adalah suara bassline saja, 4 bar atau 8 bar. Ini biasanya akan di olah lagi hasilnya ke software lain. Misalnya ke  Acid pro. Untuk render pada Pattern saja silahkan klik Mode PAT, kemudian tekan CTRL+R : Muncul Dialog box dan silahkan ente ketik nama file yang sesuai. Untuk format file, sebaiknya ke wav format agar hasil lebih bagus suaranya. Lihat gambar di bawah:

export file di fl studio wav or mp3

Untuk ke mp3, tinggal ganti save file type as, pilih mp3. Kemudian klik save. Cara lain klik menu File di fl studio kemudian pilih export--

Export atau Render pada Playlist track

Bagian playlist isinya adalah pattern 1 dan seterusnya yang telah kita susun di baris Track 1 - 99. Jadi semua pattern yang kita telah buat baik itu, bassline, melody, pad, rhythm, dan lainnya, termasuk vocal, dan juga audio clip lainnya. Jika kita akan Render di playlist-Klik mode SONG, seperti pada gambar di atas. Lalu tekan CTRL+R, langkahnya sama seperti di atas. Mode Song akan meng-export seluruh isi playlist yang telah kita susun menjadi lagu atau satu track. Sebaiknya sebelum export seluruh track channel harus kita mixing dulu suaranya di mixer chanel ( untuk balancing), agar kualitas suara lagu yang kita buat menjadi bagus hasilnya.

Ini langkah-langkah render atau export file ke wav, mp3 di fl studio 10. Sebaiknya set sound seting ke Assio sebelum proses. Baca cara setting audio di Fl studio.

- Klik mode PAT (jika bagian pattern saja yang akan di export ke wav or mp3
- Klik atau select mode SONG, jika akan render seluruh track yang kita susun di playlist fl studio.
- Tekan CTRL+R, atau klik menu file -- Export-Pilih wav/mp3
- Browse folder di komputer ente untuk menyimpan hasil rendernya agar gampang mencarinya. Atau ente bisa membuat Folder sendiri khusus hasil render: Ketik nama file-nya / Judul lagu. Kemudian Klik Save: Selanjutnya lihat gambar di bawah: Detailnya disini.

Cara simpan file di fl studio ke mp3

Pilih wav untuk save ke wav file format : Bagian depth pilih 16 bit (standar cd 44.1 khz), or 24bit. Detail tentang depth baca di sini. Bagian looping mode biarkan tetap leave remainder. Bagian Quality (sampler interpolation) Untuk Ram di bawah 2GB pilih linear or 64-point karena lebih cepat rendernya. Untuk Ram di atas 4GB, pilih nilai 128 - 512 pint sinc. Biasanya ada pesan akan membuat slow render jika kita merubah nilainya. Sesuaikan saja dengan Ram pc or laptop ente. Untuk hasil tiap perubahan nilai point sync ane juga lum paham banget. karena pas ane tes hasil file tidak jauh berbeda. Silahkan ente cari info soal interpolation.

Untuk ke File mp3 sebaiknya geser ke 320kbbs, jika nilai default 192kbbs. Karena 320kbbs lebih bagus kualitasnya. Pada pengaturan 'Alias free, hq for all plugin, disable max poly, pastikan active. Sedangkan untuk bagian Option, ikuti seperti gambar di atas. Tapi jika ingin di split hasilnya per track mixer ( semua channel harus di set ke mixer), ente bisa actifkan option Split mixer track ( ini jika akan kita mastering di software lainya). Klik START untuk proses Render atau export ke wav, mp3.

Tunggu prosesnya sampai selesai. Hasilnya bisa kita tes di folder tempat kita meng-export yang telah kita pilih. Ok, seperti itulah cara menyimpan hasil projcet  atau render lagu yang kita buat atau remix di Fl studio 10, ke format wav atau mp3. Semoga membantu. Tutorial fl studio lainnya silahkan baca postingan di bawah yang berhubungan. Harap sabar jika Belajar sendiri. Ada proses yang harus kita bayar.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 22.58

15 comments:

  1. kenapa ya setelah di save smwa plalist jadi mp3 , file mp3 nya jadi besar banget, tolong di jwb dong, tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang smua isi yg di playlist kalo dah disusun pasti jadi file mp3 or wav kalo di export..File mp3 kisaran 8 - 22mb size tergantung durasi. Kalo wav format tergantung 16bit - 24bit size tergantung durasi juga. Kisaran 30 - 200mb.. Kalo file besar bisa jd ente salah export ke wav bukan ke mp3..kalo mau kecil file sizenya turunin bitratenya ke 128kbbs di menu export

      Hapus
    2. ni mas bro ane msih bingung cra'a nyimpen'a...misalkn d patern 1 mw d save breng patern 2 ko yg k simpen cma patern 1 doank..low mw d simpen breng patern 2 gmna..??

      Hapus
    3. Kan udah jelas di atas sob..susun dulu patter2-nya di playlist..baru di export..baca lagi..

      Hapus
  2. kk aku mau nanya pass mau export file jadi mp3 ko malah gabisa yang ada malah gelap trus ada tulisannya close the program hehe itu kenapa ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba export ke wav dulu..biar enteng..mungkin ramnya kurang atau Fl studionya crash

      Hapus
  3. broo..aku mau nanya ni??
    kalo kita buat lagukan butuh waktu lama,,,
    jadi nie..bagai mana cara menyimpan lagu stengah jadi dulu.. agar besok bisa di lanjutin
    lagi ng-editnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Save project aja : Klik menu file - save project..isi bebas nama filenya..ntar kalo mau dilanjut tinggal klik menu file lagi..pilih open..or biasanya susah kelihatan nama project pas di klik menu file di fl studio..Kalo tidak bisa save projeck berarti Fl studionya masih demo..

      Hapus
  4. Waktu di copy k hp, kok tiba2 suaranya hilang

    BalasHapus
  5. bro mau tanya... ngerekam vokal, bisa bareng sama musik yg hasil rekaman nya gk.... jd biar pas ketukan nya ,,, gitu,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa..baca postingan terbaru..merekam di fl 12.. atau klik beranda / home, atau search aja di google box " merekam di Fl studio

      Hapus
  6. boss saya uda edit lagu di fl tapi pas saya save, saya putar koq bassnya tetap besar ya,, padahal saya uda turunin baas di power saya sampai habis,, suara bass dari lagu yg saya edit tadi tetap aja besar,, gimana si boss cara atur bassnya di fl biar waktu save suara bassnya bisa di atur di power manual,bisa kasi full dan kasi kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagunya di set dulu ke mixer Fl, nah disitu di kasih fx parametiq eq trus di bagian low di turunin..

      Hapus
  7. Nanya om,apakah bisa fl 9 digunakan untuk membuat style organ..caranya? Thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Style organ gimana maksudnya sob..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.