Home » » Cara Mixing sound channel ke mixer Fl studio

Cara Mixing sound channel ke mixer Fl studio

Yang ane maksud mixing sound channel di fl studio adalah proses menempatkan chanel-chanel yang terdiri dari vst plugin atau channel audio ke Mixer di Fl studio. Penting kah proses ini? Tentu saja sangat penting karena sesudah kita meng-aransement musik di pattern, tidak semua suara yang di hasilkan dari tiap channel 'balance. Mungkin suara kick, snare, bass, lebih besar dari pada instrument lainnya. Dan itulah proses mixing sound di Fl studio sangat penting kita lakukan agar keluaran suara pada lagu yang kita buat menjadi balance. Jadi secara sederhana tahapan membuat lagu dj atau nge-remix lagu ada 3, yaitu: Composing (proses meng-aransement nada), Mixing (balance sound), Mastering (Finishing).


Untuk lebih jelasnya bagaimana mixing sound di Fl studio dan menempatkan ke mixer area lihat video di bawah ini caranya:



Dari video bisa ente lihat bagaimana setting tiap channel ke mixer fl studio. Tujuan dari mixing sound di mixer adalah agar suara tiap instrument atau channel menjadi seimbang, atau pas. Sehingga terdengar enak dan halus. Ane kasih contoh sedikit pada komponen drum kit dan bass dalam, video yaitu pada saat menurunkan volume snare dan hi-hat pada mixer.

Untuk setingan channel lainya caranya sama. Baik itu audio atau vst intrument. Yang terpenting adalah gunakan pendengaran dengan baik. Gunakan speaker pada saat proses balancing sound. Pengalaman ane kalau memakai headphone sering tertipu pada saat mixing sound. Ketika di dengarkan di heaphone suara sudah enak, tapi ketika di play di speaker kebesaran....PR..lagi dah..

Dalam video di atas ane memakai parametiq eq 2 karena di fl studio sudah di sediakan. Tapi ente bebas menggunakan vst plugin lainya. Tapi tetep di samping hardware speaker yang di gunakan untuk mixing sound hal yang terpenting adalah soal TELINGA, agar hasil suaranya lebih bagus. Harware adalah sarana pendukung, tetep tidak bisa mengalahkan pendengaran manusia.

Silahkan ente ber-experiment sendiri untuk hasil yang lebih bagus, dan sesuai seperti yang di inginkan. Jika ene punya buget, belilah speaker yang type FLAT. Karena akan lebih memudahkan saat mixing sound channel. Flat ( datar or no equlizer di boost).. Contoh speaker seperti yang ane gunakan yaitu merk, Esi near 05. Harga masih kejangkau untuk studio home. Sekitar Rp 3.350.000. Atau ente bisa pakai merk lainnya seperti merek behringer, KRK, Sonic dan lainnya. Yang penting type Flat speaker.

Proses mixing sound channel ke mixer Fl studio dalam video juga berlaku jika ente akan edit lagu yang sudah jadi / asli menjadi lagu dj yang nge-beat, dengan tujuan untuk menganti beat aslinya. Terlebih dahulu set ke Mixer lagunya kemudian gunakan Plugin untuk setting equalizer, Low, mid, hight, lagu yang akan di edit. Sehingga frequence tidak bertabrakan dengan beat yang di gunakan untuk menganti beat lagu asli. Selamat mencoba broo...terus ber-experiment. Kurang lebihnya mohon maaf. Tutorial Fl studio 10 lainnya silahkan baca di related article di bawah. Untuk tips mixing sound bisa ente baca2 dari site lainnya..Just googling

Hendryal
Hendry Al Updated at: 14.54

10 comments:

  1. gan mo nanya nih,,,
    setelah selesai w mixing ko di save.. suara lagu yg dah jadi.a malah kecil yah..
    knp yah gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya di mastering lagi..or mixing sound di fl agar balnce aja..untuk loudnya..bisa pake Fl studio or software lainnya..buat naikin gain n loud.

      Hapus
  2. kalau saya malah ingin mengeluarkannya dr mixer tpi caranya gmn ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau ngeluarin channnel dari mixer, klik aja channelnya kan ada propertiesnya..di pojok kanan ( label fx) di set ke 0 "--"

      Hapus
  3. Mas, nilai volume standar sblm diconvert ke mp3 brapa yah? Bbrpa projek yg sy bkin sering ga sm hasilnya jk dibndingkan dg lagu yg sdh profesional. Mohon pncerahannya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. standart di 0db..mungkin loudnes kurang..kalau mau nyamain lagu luar emang susah hardware mendukung...perhatikanjuga soundcard dan speaker yang ente pake buat mastering..

      Hapus
  4. gan ane setting di mixer insert 1 hardcore,tapi kaga aktif,semuanyaa ane setting sesuai standardnya dari asio..tapi kaga aktif..pencerahan gan di fl audio 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk aktif gimana.. nggak ngaruh gitu di kasih hardcore suaranya ? apa gk bunyi

      Hapus
  5. Gan berapa perbandingan sinyal frekuensi anatar kick, bass gitar dan vokal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sih biasanya bass itu di baawah kick -3 0r -5db.. kalo vokal nggak mesti. Tergantung keluarannya. Dengarkan aja untuk vokal untuk tau seberapa ukurannya.. dengar dari jauh n dari deket..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.