Cari di sini bro article-nya

Cari di sini bro article-nya
Custom Search

Cara ganti channel atau suara instrument di Fl studio 10

Kemarin ane posting tentang 3 tips ngeremix lagu yang mudah di Fl studio 10. Dan ada baiknya bagi ente yang baru belajar remix lagu atau belum lama memakai Fl studio dan masih belum jelas tentang feature yang di sediakan, kali ini ane bahas topik Channel. Yang ane rasa ini sangat penting karena pada proses ngeremix lagu ata membuat lagu, yang paling sering kita gunakan adalah Channel. Belum tahu apa itu channel ? Channel di fl studio sebenarnya mewakili setiap VST instrument yang kita pakai untuk membuat bassline, chord, audio, rhythm, lead, dan lainnya. Dan channel tersebut bisa kita rubah vst instrumennya. Kenapa channel kita ganti ? Dan bagaimana cara ganti channel atau suara instrument di Fl Studio 10 ? Di bawah ini alasan dan caranya:



Begini friend....Pengalaman Ane selama ini ngeremix lagu menggunakan Fl studio sering kali di awal proses belum menemukan suara yang tepat untuk lagu yang Ane remix. Misal: Ane membuat Pattern bassline dengan menggunakan Vst Harmles. Step bassline sudah jadi, selanjutnya Ane play berbarengan dengan beat, vocal, ketika di bunyikan berbarengan di playlist ternyata kurang pas untuk karakter vocal dan beat. Akhirnya Ane rubah suara bass dengan mencari preset bass yang lain di HarmLes. Dan ternyata tidak ketemu Bro...Yang pas. Akhirnya Ane ganti dengan Vst Nexus. Kan banyak tuh bass yang ajip di nexus..Jadi intinya ? Alasan ganti channel adalah untuk mencari karakter suara yang tepat.

 Maksud Ane di timpa vst-nya. Jadi kita tidak perlu copy / cut step di piano roll jika kita timpa atau Replace. Karena kalau kita insert channel vst baru, makin banyak yang di insert semakin berat juga beban Ram laptop atau pc kita, dan ini kadang membuat berat kerja komputer. Jadi, solusi yang baik adalah di timpa. Lihat gambar di bawah cara ganti channel tanpa insert. Klik kanan pilih replace dan silahkan pilih vst lainnya koleksi ente.

Ganti channel instrument yang bagus

Dari gambar di atas ente bisa coba suara bass yang cukup bagus di preset Just the sub  Harmles Vst bawaan Fl studio.  Jika tidak salah hanya ada pada fl studio v.9 keatas. Suara bass-nya bagus. Cucok kayaknya tuh buat ngeremix Funkot. Tapi kadang kurang pas dengan lagu yang akan ane remix, jadi Ane sering ganti atau timpa dengan vst nexus atau vst lainnya sampai benar-benar ketemu yang tepat. Kalau nggak nemu juga bro...? gw tinggalin tuh project ngeremix..! wahaa..Keluar dulu nongkrong di teras sambil ngerokok..bass busss..Kali aja nongol ide..hehe

Sebenarnya ini topik tutorial Fl studio yang penting gak penting sih..Karena ada yang menanyakan jadi Ane bahas agar lebih jelas tentang cara ganti channel atau suara instrument di Fl studio 10. Dan jika sudah terlanjur banyak insert vst banyak, ente tinggal DELETE saja yang tidak terpakai dari pada membuat berat PC. Cara delete channel klik kanan saja seperti pada gambar di atas dan pilih delete. Menu CLONE untuk duplicate channel atau Vst yang sama jika kita akan memakai suara instrument lain pada vst yang sudah kita insert di pattern. Karena setiap Vst selalu memiliki suara instrument yang banyak, seperti bass, Pad, lead, Arp, Fx dan lainnya. Seperti Vst Nexus v.2.4. Complere isi presetnya dan tinggal pilih yang mana yang pas dan tepat. Belum punya nexus ya..? Kasihan deeh..hehe.Oke..brooo...Semoga membantu. Selamat mencoba. Binggung comment saja.

Article terkait by Categories



1 comment :

  1. sob nomor lo berapa , email gue ye sob .. Ghilankadam281111@gmail.com

    ReplyDelete

thank for your comment, bro ! Jangan lupa subscribe by mail. Dan tolong bantu share articlenya ke teman lainnya.