Home » , » Tips membuat beatloop wav di fl studio tanpa export

Tips membuat beatloop wav di fl studio tanpa export

Cara buat beatloop
Membuat beatloop menjadi format wave di fl studio, 4 - 16 bar, biasanya dapat kita lakukan dengan cara di export dari pattern ke file dengan format wave. Tapi..Tahukah teman-teman bahwa membuat beatloop format wave bisa kita lakukan dari mixer. Yaitu dengan cara di record. Bagaimana caranya silahkan simak coretan di bawah ini.

1. Yang pertama  kita lakukan adalah membuat beat di patern seperti biasa, lengkap (kick, hi hat, snare, percusi dan lainnya sesuai selera).



2. Sesudah pattern beat di buat, letakkan ke playlist fl studio. Tapi lebih baik sebelumnya di mixing dulu tiap channel agar balance antara kick, snare, hi hat, dan lainnya.

3. Tampilkan mixer area (tekan F9), pilih slot selected kemudian klik kanan - pilih menu "open audio logger", vst edison akan muncul dan siap merekam. Lihat gambar di bawah:

Cara merekam beatloop di fl studio

4. Proses membuat beatloop wave : Play playlist Fl studio maka otomatis edison akan merekam pattern beat yang telah kita buat. 4 - 16 bar (sesuai keinginan), umumnya 8 bar untuk lagu dj. Jangan lupa klik Stop ( di edison / playlist) untuk mengakhiri proses record setelah "song jump kedua. Ini berarti mengulang kembali proses merekam ke bar awal.

5. Terakhir double klik titik kuning song jump seperti gambar di bawah (8 bar loop), untuk memilih loop yang telah di rekam. Dan selanjutnya drag ke playlist atau send to playlist seperti pada gambar yang ane tandai bulatan.

Cara merekam beat loop 8 bar

Tips cara membuat beatloop wave ini dengan cara di rekam melalui audio logger menu,  ke edison lebih bagus dari pada di export, karena hasilnya lebih sempurna untuk di gunakan sebagai beat loop dalam membuat lagu atau remix. Kualitas suara lebih tebal ketimbang dari pattern ( wah.. buka rahasia akhirnya).  Dan juga beat tidak lompat walaupun 1/2 detik jika di susun di playlist. Tidak percaya ??..silahkan coba..

Wah ane belum paham bro...? lihat video di bawah..


 Selain merekam beat di slot selected mixer, kita bisa juga merekam channel di setiap slot mixer yang ingin kita jadikan loop wave file. Tapi harus di link ke mixer channelnya...Video diatas hanya contoh silahkan ente experiment sendiri.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 06.25

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.