Home » , » Plugin bagus dari Psp, MasterQ 2 harus dicoba

Plugin bagus dari Psp, MasterQ 2 harus dicoba

Plugin bagus dari Psp, MasterQ 2 - Produk audio effec dan processor plug-in yang paling banyak digunakan oleh para musisi adalah MasterComp untuk mastering lagu. Kini PSP telah release plugin baru yaitu Psp MasterQ2, plugin ini adalah penerus atau versi lanjutan dari psp masterQ yang sangat disukai oleh para pemakainya. Maksud Q adalah singkatan dari Quality / kualitas, dan MasterQ2 merupakan plugin yang dirancang untuk kreatif mixing dan mastering yang bisa digunakan untuk banyak software Daw, termasuk Fl studio.

Plugin bagus dari Psp, MasterQ 2

Salah satu plugin buatan PSP yang juga Ane gunakan adalah Psp MasterComp untuk mastering lagu Ane yang ada di Soundcloud. Tapi tidak selalu menggunakannya, maklum Ane suka sekali mencoba plugin untuk eksperimen mixing, mastering, dan desain sound. Kelebihan dari MasterComp adalah menurut Ane membuat sound terasa terikat, rapat, tebal, dan terkesan menyatu.

Kembali ke Plugin MasterQ2 : Jika Ente ingin mencoba plugin ini bisa didownload disini, free demo selama 14 hari pilih sesuai OS ( Mac / Windows ), jadi kita bisa mengunakan secara gratis selama itu. Lumayan kan untuk eksperimen agar tahu perbedaannya. Harga plugin ini 149 usd termasuk Vat.

Jangan lupa saat install pindahkan ke folder tempat Ente biasa install plugin agar terbaca pada software daw yang digunakan. Karena jika tidak dirubah penempatan folder akan secara default merujuk ke folder steinberg. Pilih sesuai versi 32bit / 64 bit, atau install keduanya, juga type plugin tersedia dan support : AudioUnit, VST, RTAS dan Format AAX untuk Mac OSX dan VST, RTAS, Format AAX untuk Windows. Centang yang tidak perlu di install, cukup pilih Vst jika hanya ingin type itu yang di install.

Cara menggunakan plugin MasterQ2 :

Ane testing di Fl studio 11 : Cara menggunakan sebelum hubungan channel ke mixer Fl, selanjutnya tinggal tambahkan plugin ini dibagian effect ( sebelumnya di install dulu, refresh fast scan dan centang plugin ). Masterq2 ini bisa digunakan untuk single channel contohnya untuk desain sound kick agar tidak mendem. Jika kita ingin menggunakan presset bawaan yang ada, cara load presetnya cukup klik dibagian bawah plugin, lihat gambar yang Ane lingkari warna merah:

Cara menggunakan plugin MasterQ2

Tersedia banyak preset yang bisa kita gunakan untuk mixing sound, akan tetapi tetap harus melakukan beberapa di bagian eq, gain, dan lainnya agar hasil suara jadi bagus. Ane testing preset untuk kick seperti gambar diatas, hasilnya kick yang awalnya mendem jadi terangkat keluar, lebih berasa. Juga pada bass, hasilnya mantap, suara bass semakin tebal dan lebar.

Selain untuk single channel juga bisa diletakkan di master mixer untuk mastering semua suara lagu, terutama untuk setting loud, warm, stereo, balancing, dan lainnya pada lagu. Silahkan Ente download dan eksperimen sendiri agar tahu kegunaan plugin bagus masterQ2,  produk baru dari PSP. Baca juga Vst plugin dari waves untuk mixing dan mastering.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 14.36

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.