Home » , » Apakah harus mengikuti chord lagu asli dalam remix lagu ?

Apakah harus mengikuti chord lagu asli dalam remix lagu ?

Kemarin ada yang bertanya soal chord lagu saat remix lagu. Bingung apakah harus mengikuti chord lagu asli atau terserah kita ? Jawabannya Ya terserah yang ngeremix. Kalau mau mudah yang ikuti saja chord lagu aslinya. Ketika di google judul lagu, nama artis, chord pasti banyak yang muncul infonya dan silahkan saja patokan dari informasi itu chordnya. Tapi permasalahannya jika memakai chord lagu asli, alur lagu kadang jadi naik turun. Ini pengalaman Ane, jadi harus pinter olah nada.

Bagaimana jika chord terserah kita ?

Boleh saja asal masih masuk dan tidak fals, di sinilah tingkat kreativitas seorang remixer lagu harus bisa mengembangkan chord/ key sendiri pada sebuah lagu, agar memiliki karakter sendiri. Jika kita lihat para musisi / remixer lagu barat rata - rata jika mengerjakan project remix lagu pasti berbeda chordnya tapi nada dasar tetap sama. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan genre lagu yang di buat. Biasanya beda genre / aliran musiknya beda pula alur chord progressionya.

Apakah harus mengikuti chord lagu asli dalam remix lagu

Ane sering kali menemukan di data lagu DJ Ane, ada satu yang di remix banyak musisi dan setelah ane dengar chord berbeda akan tetapi masih masuk, tidak fals. Karena patokan nada dasar lagu aslinya. Termasuk Ane sendiri jika remix lagu sering tidak patokan chord lagu aslinya agar bisa mengembangkan dengan mudah. Juga tidak mendengarkan lagu aslinya karena takut ke bawa atmosfir musiknya. Lebih baik Ane download acapellanya dan langsung kerjakan.

Proses mencari chord lagu ane kerjakan langsung dari software Fl studio, memakai piano bawaan Fl atau kadang memakai gitar dulu.

Baca article : 2 tips cara cari chord lagu di Fl studio

Buat pemula lebih baik lihat dulu chord dasar lagu asli dengan melihatnya di site khusus chord lagu agar lebih mudah.

Tapi buat yang bagi yang sudah menguasai ilmu dasar musik dan paham akan chord progression lebih baik jangan mengikuti chord lagu aslinya. Karena yang selama ini Ane tahu vocal lagu clean kadang aslinya di major, tapi kita rubah ke minor tetap masuk tidak fals. Kadang di perlukan kemampuan untuk membuat chord sendiri agar bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan. Remixer lagu tingkat lanjut adalah di sini, yaitu bisa membuat chord sendiri.

Jadi kesimpulannya apakah harus mengikuti chord lagu asli atau tidak ?

Jika kalian ingin mudah dalam remix lagu lebih ikuti saja chord lagu aslinya agar cepat selesai ( lihat info chord lagunya dari google ). Dan bagi yang ingin membuat perbedaan dan ciri khas sendiri pada lagu yang sedang di remix lebih jangan berpatokan pada chord lagu aslinya. Juga apabila membuat lagu dj sangat penting memperhatikan chord agar lagunya tidak naik turun. Ok sededar wawasan saja postingan ini.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 23.41

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.