Home » , » 2 tips cari chord lagu di Fl studio saat ngeremix

2 tips cari chord lagu di Fl studio saat ngeremix

2 tips cari chord lagu di Fl studio saat ngeremix : Hal yang paling sulit bagi seorang pemula ketika remis lagu di fl studio adalah tidak tahu chord lagu yang sedang di kerjakan. Apalagi buta soal musik alias cuma modal kuping saja, dan yang ada cuma meraba-raba nada saja lewat piano roll. Dan memang ane sendiri akui jika remix lagu full aransement sendiri dengan modal acapella clean di software fl studio di butuhkan kejelian dan tahu tentang chord/key. Ada 2 tips yang dapat ane share kali ini tentang cari chord lagu di fl studio saat remix :

1. Untuk pemula ( yang tidak tahu chord )

Cari chord/key lagu yang akan di remix melalui google karena banyak sekali yang share chord lagu dan terutaman lagu barat. Misalnya kata kuncinya : david gueta - Titanium chord atau alleso - heroes chord. Hasil pencarian pasti akan menunjukan halaman yang menulis chord lagu-lagu yang kita cari, nah selanjutnya tinggal kita terapkan di Fl studio project remix. Salah satu site untuk cari chord lagu adalah - www.chordie.com.

Silahkan baca postingan : cara menggunakan chord wizard fruity loop jika bingung.

2. Untuk yang bisa main gitar

Mencari chord lagu akan lebih cepat dengan menggunakan gitar, tapi jika steamnya belum standar tone : Steam/stel gitar ente standart samakan dengan oktaf nada-nada C5 / C4 di fl studio, cara mudahnya gunakan vst harmor, kemudian pilih preset simple bass dan buat pattern baru dan buat step panjang 1 bar , cara steamnya:

Cara steam suara gitar memakai Fl studio
1. Senar no 6

Samakan dengan suara bass E preset simple bass harmor vst, sampai benar-benar sama suaranya dan selanjutnya senar no 5. Jika senar no 6 sudah sama, geser note ke nada A,

2. Senar no 5

Play pattern di fl ( tekan space bar) yang telah di buat stepnya, lalu samakan suara / nadanya dengan nada bass A, jika sudah sama geser note ke nada D

3. Senar no 4

Geser / pindahkan step ke nada D, play pattern dan standarkan/ samakan suara nada dengan suara bass D, hingga betul-betul sama.

Dan untuk senar selanjutnya senar no 3 bisa patokan suara senar no 4 yang di tekan pada grip gitar ke 5. Untuk no 2 patokan suara senar no 3 , dan senar no 1, patokan senar no 2.

Dengan di steam/stel sama dengan nada di Fl studio ini akan lebih memudahkan kita saat cari chord lagu-lagu yang akan kita remix. Karena jika pada saat mencari chord lagu dengan gitar dan ketemu chordnya adalah G maka di Fl studionya pun key adalah G, dan seterusnya. Proses mencari chord menggunakan gitar lagu bisa di play dari software winamp atau windows media player dulu, atau langsung dari playlist Fl studio dengan cara insert audio.

Baca postingan :  2 cara masukin lagu ke Fl studio , jika belum tahu.

Ente juga bisa menggunakan alat musik lainya yang di kuasai, piano misalnya atau menggunakan keyboard player agar lebih cepat ketemu chordnya. Ok, itulah 2 tips cara mencari chord lagu di fl studio saat remix lagu, agar lebih mudah..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.59

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.