Home » , » Apa tujuan kamu ingin jadi DJ ? Tetapkan dan solusinya disini

Apa tujuan kamu ingin jadi DJ ? Tetapkan dan solusinya disini

Article ini sekedar buat wawasan saja buat kalian yang ingin jadi DJ agar tidak salah melangkah. Apa tujuan kamu ingin jadi dj ? Pertanyaan ini sebaiknya di pikirkan masak - masak agar setelahnya tidak mengalami kebuntuan. DJ juga seperti sebuah karir yang butuh perencanaan matang agar sukses menjadi dj yang profesional.

Tujuan masuk ke dunia dj setiap orang memang bisa berbeda - beda, ada yang hanya ingin sekedar nampang, buat gaul, di bilang keren, gaya hidup, dan lainnya.

Tapi menurut pengalaman Ane bisa di ambil kesimpulan ada beberapa tujuan mengapa menjadi DJ, yang mungkin bisa kalian jadikan pertimbangan untuk langkah selanjutnya. Agar tidak berhenti dijalan.

Ada 2 tujuan yang umum orang ingin jadi dj yaitu untuk mencari uang dan sekedar untuk fun / hobi. Mari kira bahas satu persatu dan solusi kedepannya.

Apa tujuan kamu ingin jadi DJ ? Dan solusinya
dj arch junior

(1) Jika tujuan menjadi DJ untuk mencari uang


Langkah pertama sudah jelas bahwa Ente harus belajar ke dj school, privat atau belajar sendiri sampai menguasai teknik djing yang benar, seperti yang pernah Ane bahas sebelumnya disini caranya. Silahkan pilih.

Untuk peralatan silahkan baca tips alat dj disini. Tentukan yang mana ingin digunakan untuk tampil. Punya alat dj sendiri atau tidak tergantung kondisi keuangan.

Setelah menguasai teknik Djing yang benar apa langkah selanjutnya ?

Yang harus kita lakukan adalah mencari relasi.

Karena relasi sangat penting agar bisa lebih mudah mendapatkan job djing, baik menjadi residen atau party. Punya skill dj yang jago, jika jalan sendiri untuk mencari job akan memakan waktu lama ( untung - untungan ). Relasi dalam dunia djing ini merupakan jalan pintas untuk proses dapat job manggung.

Bagaimana cara mendapatkan relasi yang mudah didunia dj?

Bagi belajar di sekolah dj mungkin masalah ini bisa teratasi dengan bantuan pengajar / guru dj. Cukup minta bantuan seorang instruktur tempat belajar. Tapi tentunya guru juga melihat kemampuan muridnya. Apakah sudah layak untuk tampil, dengan melihat skill yang sudah dikuasai.

Berbeda dengan para dj yang belajar autodidak. Punya uang lalu beli alat dj sendiri satu set lengkap, dan belajar sendiri lewat tutorial di youtube atau di blog dj dan musik ini.

Tips DJ yang belajar autodidak dalam hal cari relasi / partner tujuan untuk cari duit.


Nah cara mudah untuk mencari relasi di sini bagi yang belajar autodidak cukup simple tapi butuh sedikit dana. Ada 2 cara yaitu :

1. Cari dj school yang sudah ternama dan belajar kembali disana. Baik mengulang atau belajar teknik djing yang belum dikuasai. Tidak usah lama - lama misalnya 1 bulan saja. Ambil paket yang ada di dj school atau satu materi saja. Misalnya tentang ilmu scratching. Walaupun mengulang materi tidak masalah sebab pasti ada ilmu tambahan yang mungkin kita belum tahu.

Apa tujuannya ?

Yaitu agar kenal sama orang yang bisa membantu kita nantinya. Kok bisa ? Ya bisa karena disetiap sekolah dj baik yang sudah punya nama atau belum, biasanya akan membantu murid - muridnya. Apalagi sekolah dj yang terkenal. Sebab jika sang murid maju pasti akan membawa nama sekolah djnya juga. Kasus yang terjadi banyak dj nganggur karena tidak ada relasi, juga kurang punya kemauan kuat.

Jadi, jika tujuan kita ingin jadi dj untuk mencari uang maka sebaiknya perbanyak relasi yang banyak agar memudahkan proses dapat job. Kecuali Ente anak artis, tidak perlu repot kaya dj Al ghozali. Juga bergaullah dengan komunitas yang berhubungan / atau masuk kedalam label dj tertentu.

Baca postingan : Keuntungan dj masuk label

Solusi lain tanpa relasi :

Selain mencari relasi untuk mempermudah dapat job, ada cara lain jika ingin dapat uang dari job dj, silahkan baca postingan disini.

2. Private ke dj senior yang masih aktif walaupun bukan residen di club, dengan tujuan untuk mematangkan ilmu djing.

Di Indonesia ada dj senior yang cari duit dari job manggung dengan bekerja di club / menjadi residen dj ( 6 hari kerja ). Dan juga ada dj senior yang bekerja hanya pada hari tertentu, misalnya 2 hari job atau hanya main pada event tertentu saja.

Nah dj yang aktif ini kebanyakan punya banyak relasi. Jadi dengan belajar sama dia biasanya Ente akan dibantu soal job. Sudah umum kalau guru pasti ingin muridnya sukses. Tapi harus lihat - lihat juga siapa orangnya. Jangan sampai salah guru yang hanya mau enaknya saja. Harus selektif.

Jangan belajar sama Ane ya. Ane cuma ngajarin bikin atau remix lagu saja. Tapi kalau butuh recomend dj senior untuk private , Ane bisa bantu.

Itulah 2 solusi soal job jika tujuan ingin jadi untuk mencari uang.

Solusi lain mungkin masih banyak asal kita mau bergerak dan yakin. Ada banyak cara untuk mendapatkan relasi, tapi tidak ane bahas semuanya disini. Ane yakin kalian pasti akan tahu sendiri nantinya.

(2) Ingin jadi DJ tujuannya untuk hobi / fun

Sebagian orang memilih dj hanya sebagai hobby semata, untuk dan mengisi waktu luang setelah rutinitas kerja. Kalau sekedar hoby terserah pribadi masing - masing. Apa maunya, apakah akan tetap buat iseng dirumah mixing lagu ( dj bedroom) atau buat cari duit nantinya dari job manggung. Tapi yang jelas ente butuh lagu yang khusus buat dj / di mixing. Bukan mp3 yang biasa dijual di pinggir jalan.

Jika hanya untuk Fun tentu butuh modal yang tak sedikit untuk membeli alat sendiri. Persiapkan bugetnya, apakah ingin beli cdj player atau dj controler.

Ada kemungkinan juga dari sekedar hobi lalu ingin dapat job sampingan , maka lebih baik cari job yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Misalnya job manggung seminggu sekali khusus untuk hari sabtu malam. Seperti yang Ane lakukan dulu. Cukup seminggu main sekali atau 2 kali dan hari lainnya untuk pekerjaan lain yang lebih penting. Enak kan ?

Kesimpulannya : 

Jadi apa tujuan ente ingin jadi dj ? Pertimbangkan terlebih dahulu. Jangan hanya ikut-ikutan yang akhirnya berhenti ditempat.

Apa ingin menghasilkan uang atau sekedar hobi. Jika ingin dapat uang maka selain belajar sampai mahir, dan harus memperbanyak relasi. Cara seperti yang Ane bahas di atas. Karena ini memang kenyataan sekarang ini. Banyak dj menganggur karena tidak punya channel yang mendukung.

Ok sob.. Ini cuma sekedar sharing saja, ambil yang baiknya saja. Sorry kalau nggak rapi tulisannya. Ada yang mau menambahkan ?

Hendryal
Hendry Al Updated at: 05.17

9 comments:

  1. gan dj controller apa ya yang harganya kisaran 4 jt an butuh banget nih ane ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari diblog ini dah ada infonya... " dj controler harga murah

      Hapus
  2. ini baru tujuan sebenarnya yang pengen jadi DJ, mesti memperbanyak relasi untuk mendapatkan banyak job, thanks infonya bro

    BalasHapus
  3. dalam banget neeehhh....hahahahahaaa....good share suhu...

    BalasHapus
  4. Bagi relasi boleh bang hehehe

    BalasHapus
  5. Om dj, umur brp bs belajar jd dj? Anak sy umur 12 thn sudah minta di belikan launchpad ktnya utk belajar jd dj (memang bisa ya?). Thanks b4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 tahun dah bisa. yg penting di bimbing, di arahin..untuk umur segitu lebih baik belikan dj controller aja yang murah produk pioneer atau numark..

      Kalau launchpad bagusnya buat kreasi mainin lagu bagusnya.. bukan untuk proses mixing lagu.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.