Home » » Dari mana saja DJ dapat uang ?

Dari mana saja DJ dapat uang ?

cara dj dapat uang
Pertanyaan dari mana  Dj dapat uang/duit, ane pikir sangat umum di tanyakan bagi para dj pemula atau yang lagi mau belajar jadi dj. Ini wajar, sebagian orang menjadikan profesi dj sebagai cara untuk mendapatkan income, ada juga yang hanya sekedar hoby, fun, penyaluran bakat. dan ini kadang membuat kita jadi ragu untuk melangkah..Timbul pertanyaan ketika mau kursus di Dj school. Apakah nanti saya dapat Job tidak ya, setelah lulus..? Artinya sudah takut duluan. Padahal sebenarnya di dunia ini tuhan telah menciptakan segala sesuatu itu berpasangan.


 Ada pintar ada bodoh, ada yang ahli dan tidak. Jadi intinya setiap keahlian pasti ada yang membutuhkan. Profesi Dj, baik baru bisa, maupun yan sudah mahir, tentunya ada pihak-pihak yang membutuhkan jasanya. So, jangan takut setelah lulus dari dj school atau private ente tidak dapat job, selama mau berusaha. Dan pastinya kita harus sudah bisa dulu. Jika teknik dj sudah kita kuasai berarti kita sudah siap. Untuk ente yang mau kursus, atau private tidak perlu pusing-pusing berfikir dapat job atau tidak. yang penting ente, belajar dulu sampai bisa. Jika kita sudah bisa berarti kita telah siap. InsyAllah rezeki pasti ada.

Dan kabar baiknya sebuah Dj school biasanya dengan senang hati mau membantu setiap lulusannya dalam mendapatkan Job (minimal job training). Karena ini memang pengaruh juga buat nama dj school itu sendiri agar dj schoolnya menjadi dikenal banyak orang, sang DJ lulusan membawa nama dj school-nya. Tapi tentunnya yang menurut mereka sang murid punya motivasi tinggi, dan telah punya skill yang cukup (standar/ advanced). Lalu dari mana Dj dapat uang / income secara umum??

Di bawah ini cara-cara mendapatkan uang dari profesi menjadi DJ:

1. Bekerja di sebuah club atau lebih umum di sebut Resident Dj. Uang di dapat dari gaji bulanan atau tergantung perjanjian. Jumlah ber-variasi tergantung nego dan club.

2. Private party :

Uang di dapat dari sekali main hitungan per-jam atau booking. Nilai bayaran juga tergantung nego. Bisa kira-kira 500rb, 1jt, 2jt atau lebih tinggi perjam / until end. Private party biasanya khusus acara-acara ulang tahun, reuni, fun, yang di lakukan oleh teman atau orang umum yang sengaja mengundang Dj agar party-nya menjadi meriah. Private party biasanya di lakukan di dalam Room. Baik room pribadi (house), club yang menyediakan Room untuk di booking. Ini yang sering di senangi para Dj selain event besar. Karena dapat duitnya lumayan besar dan cepat. Cara ini kita banyak membangun relasi. Salah atu caranya adalah dengan membagi-bagi mixtape gratis. Silahkan baca pentingnya membuat mix-tape.

3. Mengadakan event party sendiri.

Untuk cara ini biasanya kita membutuhkan label yang mana di dalam label tersebut terdapat 3 - 7 orang /bebas. Di dalam label masing-masing angota mempunyai tugas sendiri: Contoh, bagian maketing, desain, manager, artis/DJ/FDJ, dan lainnya. Kita bisa membuat sendiri nama label-nya, atau jika ada relasi / teman yang sudah punya, ente bisa mengajukan diri untuk bergabung. Tapi yang penting skill DJ harus di kuasai. Adapun profit dari mengadakan event ini biasanya di dapat dari sharing profit penghasilan dari event yang di adakan.

 Soal berapa persen itu tergantung kesepakatan pihak label dengan pihak club, jika tempat event adalah club yang biasanya membolehkan untuk di adakan event. Yang jelas win win solusion. Jika sepi event yang kita adakan itu sudah jadi resiko. Alias bisa jadi kerja bakti. Tapi tetep kita masih dapat keuntungan yaitu sebagai Dj minimal kita bisa tampil dan orang melihat perform kita. Maka tak heran kadang kita dapat broadcast dari bb teman tentang event mereka. Di situ pasti tercantum nama label. Ini cara mudah promo event yang kita adakan melalui blackberry.

4. Membuat lagu sendiri atau Remix - Remixer lagu : Dan Jual

Cara ini sangat umum di lakukan para Dj di dunia, contohnya Afrojack, tiesto, angger dimas, armin van buuren dan lainnya. Market internasional. Selain dapat bayaran dari perform/ show, selain di gunakan sendiri, mereka menjual lagu-lagu buatannya/remix secara online atau offline. Dari menjual lagu mereka dapat income tambahan. Kita mesti ingat bahwa setiap lagu DJ pasti ada yang membuatnya dan juga ada yang memainkannya. Tapi tidak semua DJ bisa membuat lagu atau remix, karena kendala waktu, mungkin  jadwal padat atau capek . tapi banyak juga yang punya waktu itu membuat lagu sendiri/remix.

Bagaimana membuat lagu DJ dan ngeremix silahkan baca postingan di sini , dan kembangkan sendiri. Tidak mau cepat silahkan berguru/kursus. Kalau mau private bisa hubungi ane menggunakan Fl studio. Sebagai langkah awal untuk menjual lagu kita bisa mengincar market local. Maksudnya pahami lagu-lagu yang hit di indonesia, kemudian kita buat. Tapi sebelumnya pahami juga gambaran langkah sebelum membuat musik dj, agar musik yang kita buat berkualitas.

Ok, cukup sekian saja beberapa tips dan infomasi dari mana dj dapat uang, dan selanjutnya keputusan ada di tangan ente/Anda apakah mau belajar dj, jika belum bisa. Atau menjadi pembuat musiknya. Keduanya juga menghasilkan income. Yakini kalimat ini "Setiap keahlian ada pasangannya" / ada yang membutuhkan. Tugas kita hanya mencari dan menemukannya. Jangan lupa berdo'a and action..Mau nambahin silahkan comment. Postingan ini hanya sekedar berbagi pengetahuan.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 06.37

2 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.