Home » , , , » Virtual DJ 8 : Kenapa lagu jadi pecah saat mixing ? mungkin Ini sebabnya

Virtual DJ 8 : Kenapa lagu jadi pecah saat mixing ? mungkin Ini sebabnya

Posting ini hanya untuk pencerahan saja untuk para newbie yang lagi belajar mixing lagu di Virtual DJ 8, biasanya tanpa ada guru pembimbing. Atau belajar otodidak, akhirnya asal cross lagu saja ( ganti lagu dari deck 1 ke 2 ). Yang penting mix lagu... Masalah kenapa lagu jadi pecah saat mixing live ini ada beberapa kemungkinan yang bisa Ane simpulkan penyebabnya.

Virtual DJ 8 : Kenapa lagu jadi pecah saat mixing ?

Ini  sebab kenapa lagu jadi terdengar pecah saat mixing di virtual dj 8 :


1. Belum paham dengan apa itu mixing lagu dalam dunia dj

Untuk yang sudah belajar di sekolah dj teori mixing lagu pasti di ajarkan. Misalnya istilah "buka tutup bass". Kapan harus ganti lagu, kapan harus turunkan volume channel lagu pertama di mixer dan sebagainya. Ini harus di kuasai. Sehingga proses pergantian lagu jadi halus.

2. Pecah karena pengaruh kualitas lagu yang di mainkan

Kualitas suara lagu untuk dj ini sangat penting, sebab mempengaruhi keluaran suara ke speaker. Jadi jika lagu yang digunakan kurang bagus, alias belum balance antara low, higt, mid.

Menurut pengalaman Ane lagu remix lokal biasanya sering terdengar pecah. Contohnya lagu breakbeat kota. Maklum mungkin pada saat mastering kurang teliti masalah balancing suara tiap instrument.

Tapi tidak semuanya. Re-mixer breakbeat banyak juga yang sudah jago mastering lagunya.

Atau terburu - buru sudah di share, padahal masteringnya belum sempurna. Terkadang ane temukan juga lagu buatan dj luar juga kurang bagus kualitasnya. Terutama yang bootleg.


Berbeda dengan lagu - lagu yang sudah di release public / di jual secara online. Untuk kualitas suara sangat perhatikan. Mastering lagunya dilakukan oleh para ahli di bidangnya.

Jadi agar lagu tidak terdengar pecah saat di mixing lebih baik gunakan lagu - lagu dj khusus yang kualitas suaranya bagus.

3. Tidak di dengarkan dulu lagunya sebelum di mixing ( langsung di load ke deck )

Mendengarkan lagu sebelum di gunakan sangat penting. Karena ini untuk mengetahui seperti apa kualitas lagunya. Apakah bagus atau mendem, pelan atau terlalu besar. Meskipun di virtual dj ada auto again, kadang - kadang kurang maksimal.

Terutama untuk suara beat ( low ), juga untuk mengetahui dibagian manakah pada lagu yang bagus untuk di cut pada saat mixing. Sebelum di mixing sebaiknya di dengarkan dulu lewat headphone.

4. Tidak melakukan proses Eq terlebih dahulu sebelum di cross ( pergantian lagu )

Mixer di virtualdj 8 - pengaturan eqProses Eq ini tujuannya adalah agar kedua lagu jadi balance baik itu frekuensi Low, mid, high. Saat mixing di virtual dj proses ini dapat dilakukan dengan menggerakkan tombol "Eq Low, Eq mid, eq high" yang terletak di mixer. Proses eq ini sangat penting dalam mix lagu. Semua dj pasti melakukannya.


Solusi :  Eq low lagu pertama harus di turunkan saat lagu kedua naik ( sejajar ) , agar tidak terjadi bentrokan frekuensi low pada kedua lagu. Ini yang sering membuat suara lagu jadi pecah saat mixing di Virtual dj 8 atau pun alat dj manual.

Baca juga : tips sebelum mix lagu di Virtualdj 8

5. Pengaturan crossfade belum di setting di option

Caranya : Klik gambar gerigi pojok kanan virtual dj 8 -- option-- audio -- rubah Crossfadercurve dari full ke "smooth". Lihat gambar dibawah.


Virtual DJ 8 : pengaturan crossfade

Pengaturan smooth akan membuat mixing menjadi lebih halus. Ini pengalaman Ane dulu saat memakai virtual dj.


5 sebab diatas kemungkinan salah satunya menjadi sebab kenapa saat mixing lagu di virtual dj suara lagunya pecah. Lainnya bisa jadi juga pengaruh sound card atau speaker.

Tapi yang paling sering terjadi adalah karena kualitas lagu dan juga tidak melakukan proses eq di mixer, pada masing2 lagu. Baik menggunakan dj controller atau tanpa controller. Semoga bermanfaat. Ada ide lainnya ?

Hendryal
Hendry Al Updated at: 00.31

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.