Home » , » Cara sync data lagu di Google Drive ke komputer, atau sebaliknya

Cara sync data lagu di Google Drive ke komputer, atau sebaliknya

Google drive adalah fasilitas penyimpanan data apa saja, termasuk data lagu,  yang di sediakan oleh Google secara gratis sebesar 15 GB. Ini di sediakan untuk semua pengguna produk google, contohnya Gmail. Jadi syaratnya agar punya akun google drive adalah harus punya akun gmail juga. Jadi jika punya gmail pastinya punya G drive. Karena sekarang data file gmail di cover oleh google drive. Cara sync data lagu di google drive ke komputer sangat mudah, agar data bisa masuk ke Pc atau laptop tanpa harus download manual. Begini caranya :

Cara sync data di google drive ke komputer ( sinkronisasi ):

1. Download dulu app google drive desktop di sini - Backup and sync

2. Install setelah download,  nanti akan ada folder google drive di komputer dan di folder ini semua data akan masuk  secara otomatis setelah folder di google drive di sync.

Cara sync data lagu di Google Drive ke komputer

Pertama kali install setelah di load akan di minta login. Cukup isi username yang berupa alamat email ( gmail ) dan password.

3. Di halaman preference pada bagian "sync option " pilih salah satu. Sync everything ( semua data ) atau sync only this folder ( centang foldernya ). Seperti gambar di bawah :


Cara sync folder lagu di Google Drive ke komputer

4. Klik apply jika sudah di pilih. Selesai dan tunggu data akan otomatis masuk ke komputer. Proses dapat di lihat di sebelah kanan bawah layar.

Untuk membuka google drive web klik di sini.

Dengan di sync ini semua data yang kita masukan ke folder google drive di komputer, akan otomatis pula ter upload ke akun google drive. Dengan syarat aplikasi google drive desktop aktif.

Proses sync membuat upload dan download jadi mudah.

Bagi Ane google drive bagus untuk backup data - data penting seperti, lagu - lagu buat dj selection, software, video, dan lainnya. Karena lebih aman jika sewaktu - waktu harddisk ada yang rusak data bisa di download. Tanpa ada expired seperti di sendspace.com.

Upload size juga tidak dibatasi berapa giga pun hajar aja.. haha..

Ini juga Ane gunakan buat teman - teman yang beli lagu dj pengiriman via download. Tanpa bentuk fisik dvd yang biasanya Ane kirim lewat Jne.

Cara memasukkan data dari pengguna google drive lain ke akun kita :

Selain data kita sendiri yang kita sync, bisa juga data user lain kita masukkan ke akun google drive, yang biasa didapat dari proses invited collaboration.

Contoh :

Buka data acapella ini

--- Di pojok kanan atas ada icon drive+, "Add to my drive" / atau tekan tombol shift+Z - pilih folder target, lalu tekan tombol shift+Z. Pilih folder tujuan lalu klik Add.

--- Maka data akan masuk dan tersimpan ke akun G drive

Nah kalau sudah di add, jika app G drive desktop aktif maka data otomatis masuk ke komputer jika sync di pilih " sync everything"


Cara upload ke akun google drive via komputer :

1. Buka aplikasi google drive desktop yang sudah terinstall
2. Copy paste data file ke folder google drive di komputer seperti gambar di atas.

Tunggu atau biarkan saja data akan otomatis terupload ke akun google drive kita. Status proses lihat di pojok kanan bawah desktop, klik icon G drive. Ada tulisan complete jika selesai.

Upload via app ini lebih cepat jika data yang di upload size besar ( misal sampai 20 Gb ), atau banyak file. Tapi ini sebaiknya jika Ente upload menggunakan koneksi internet sendiri bukan di warnet.

Cara upload manual via web :

Dari dalam akun google drive web, klik kanan my drive pilih Upload files atau upload folder, selanjutnya browser lokasi datanya. Atau cukup drag langsung dari windows explorer ke web ( harus pake browser google chrome agar support drag drop).


Cara share data lagu ke orang lain agar di download :

1. Login ke google drive web

2. Klik kanan folder yang akan di share ke orang lain, pilih "get shareable link ". Link otomatis ke copy, selanjutnya paste dan kirim link via email, android, facebook, dan lainnya.

Ini berlaku untuk umum. Jadi siapa saja bisa buka dan download jika sharing option tidak di atur.

Cara sync folder lagu di Google Drive ke orang lain

3. Atau klik share kemudian masukkan email teman klik send, jika ingin berbagi file perorangan atau team.

Jika kalian punya projekkan lagu remix bersama bisa gunakan g drive agar proses pertukaran data lebih mudah dalam 1 folder. Cukup share dan masukkan email team, atur sharing option ke " can edit ". Jadi tiap orang bisa upload data di folder yang sama.

Keuntungan lain share data dari akun g drive adalah download tidak ribet, tidak iklan atau harus tunggu durasi sampai muncul tombol download, seperti di host uploaded, rapidgator, dan lainnya. Download nya juga cepat.

Kesimpulannya :

Jika ingin backup data lagu kita dengan mudah ke cloud, bisa gunakan fasilitas google drive yang gratis. Jika space kurang,  upgrade saja ke space yang lebih banyak. Ane aja cuma bayar 25rb/bulan space 100 gb.

Cara upload lagu yang mudah cukup di sync memakai app google drive desktop, seperti di atas langkahnya.

Bukan di sync pake tombol sync di controller Ya..hehe

Untuk bekerja dalam team proses pertukaran data jadi lebih mudah, dalam satu folder. Masing - masing bisa upload. Selamat mencoba bagi yang belum tahu cara sync data lagu di google drive ke komputer.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 15.34

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.