Home » , , » Cara mudah bikin acapella di Fl studio 12 pake plugin voice trap

Cara mudah bikin acapella di Fl studio 12 pake plugin voice trap

Salah satu bahan Remix lagu adalah acapella, yang mana acapella ini bisa kita dapat dari download atau membuat sendiri. Bikin acapella apabila kita tidak menemukan versi clean vokalnya sebab memang tidak ada yang share. Ini biasanya lagu Indonesia sangat jarang yang share, jadi kita harus membuatnya sendiri. Nah cara membuat acapella yang mudah di Fl studio sangat mudah yang akan ane share disini.

plugin untuk bikin acapella - hapus suara musik

 Cara mudah bikin Acapella di Fl studio 12


1. Download dulu plugin Voice trap 2.0 plugin kemudian install ke folder vst plugin

Cara install cukup copy paste file VoiceTrapV20.dll ke dalam folder C:\Program Files (x86)\VstPlugins atau folder lain yang biasa digunakan untuk mengatur plugin.

Download voice trap

2. Insert plugin voice trap ke dalam mixer Fl studio ( misalnya di insert 6 )

3. Masukkan lagu yang akan di buat acapella nya ke dalam playlist ( drag saja dari file explorer )

4. Set lagu tersebut ke mixer insert 4 yang mana sudah ada plugin Voice trap 2.0, selanjutnya tinggal atur atau biarkan saja jika suara drum dan lainnya telah hilang.


Saat Ane mencoba plugin voice trap 2.0 untuk membuat acapella terkadang tanpa di atur apapun plugin sudah otomatis menghapus atau mengisolasi suara selain vokal. Sehingga yang dominan hanya vokal saja. Canggih juga nih plugin..

Tapi cara yang benar adalah klik tombol remove isolate di sebelah kiri plugin voice trap, seperti pada gambar dibawah ini :


Cara mudah bikin acapella di Fl studio 12


Hasilnya menurut Ane 90% musiknya hilang, jadi tinggal vokal lagunya saja yang terdengar. Plus ada suara kaya flanger sedikit dan bisa di eq lagi agar benar - benar bersih menggunakan parametiq eq yang ada di Fl studio.

Lakukan Proses Eq agar sempurna hasilnya :

Fungsi dari Fruity parametiq eq 2 gunanya adalah untuk membuang frekuensi yang tidak dibutuhkan. Misalnya suara low terlalu besar atau hight, midle. Patokan untuk eq vokal adalah di frekuensi 100 start mulai aturnya karena bagian low tidak begitu dibutuhkan untuk vokal.  Lihat gambar di bawah :


cara eq vokal pake parametic eq 2 yang simple


Selain menggunakan fruity parametiq eq 2 untuk proses eq, kita bisa bisa gunakan plugin lainnya diluar fl studio. Misalnya Fabfilter pro q2 ( recommended harus punya ).

Ada kelemahan plugin voice trap 2.0 ini yaitu apabila vokal lagu ada di sebelah kiri atau kanan ( versi karaoke ), saat di pake plugin ini suara vokal malah hilang. Jadi plugin ini sangat bagus jika file lagunya suara vokal ada di tengah bukan di kiri atau kanan. Berbeda dengan adobe audition bisa keduanya. Hanya saja voice trap 2.0 lebih mudah penggunaannya karena bisa langsung dari Fl studio ( kategori plugin ).


Bagaimana caranya agar musik hilang 99 % ?


Menurut pengalaman ane selama ini dalam membuang suara musik pada lagu agar benar2 mendekati clean hasilnya yaitu dengan menggunakan file karaoke. Maksudnya cari lagunya yang versi karaoke akan tetapi cari yang vokalnya di sebelah kiri atau kanan. Yang clean 100 % ya gunakan saja studio acapella di jamin.

Kalian pasti pernah dengar lagu karaoke yang suara vokal ada di kanan atau di kiri. Di youtube banyak kalau mau cari.

Nah caranya cukup di extract ke kiri atau ke kanan tergantung file aslinya disebelah mana. Untuk proses extract ini yang gampang adalah dengan menggunakan software Adobe audition cs 4 ( baca ca ra buang musik pake adobe ).

Jadi jika ingin buang musik yang suara vokalnya ada di sebelah kanan atau kiri solusinya pake Adobe audition cs 4. Bukan dengan plugin Voice trap 2.0.

Tinggal pilih saja intinya mau gunakan adobe atau voice trap 2.0 untuk membuat acapella sendiri. Bedanya kalau adobe bentuknya software aplikasi dan harus di install, sedang voice trap cukup copy paste saja. Ya sudah silahkan dicoba ini lah cara mudah membuat acapella di Fl studio.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.48

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.