Home » , » Cara rekaman vokal agar tidak Fals hasilnya dengan autotune plugin

Cara rekaman vokal agar tidak Fals hasilnya dengan autotune plugin

Tidak selalu saat kita rekaman vokal itu hasilnya langsung bagus. Pastinya ada saja bagian yang fals apalagi bukan penyanyi professional yang belum bisa menempatkan nada vokal pada lagu. Tentunya banyak sekali lose pitch nya. Cara atasi vokal Fals bisa dengan di edit menggunakan software melodyne atau Newtone ( untuk edit note ). Tentunya ini makan waktu banget karena harus edit satu persatu note dengan menempatkan tiap vokal ke nada yang benar. Kalau sudah pernah pake Plugin Celemony melodyne pasti paham.. hehe

Nah.. Ada cara yang mudah agar vokal tidak Fals parah pada saat rekaman yaitu langsung menggunakan plugin auto tune pada software daw yang kita gunakan. auto pitch correction


Cara rekaman vokal agar tidak Fals hasilnya dengan autotune plugin


Selain untuk edit secara manual plugin auto tune bisa juga digunakan untuk live rekaman yang mana hasil dari rekaman tersebut jadi bagus. Pas sesuai nada lagu yang di inginkan.

Jadi begitu kita nyanyi langsung pas pitch / nada vokalnya sehingga hasilnya tidak fals. Syaratnya harus tahu range vokal Ente di nada apa. Misalnya dari Do : G maka, saat mulai nyanyi range vokal kita harus di G ( masukkan di nada G ) . Jadi jika ada lose pitch ( keluar dari tune dasar ) plugin auto tune akan otomatis mengedit ke nada yang benar.

Kasus nyanyi Fals menurut Ane adalah karena lose pitch ( keluar jalur nada ) atau memang tidak bisa nyanyi.. haha

Yang canggih dari plugin auto tune ini adalah sinyal suara yang masuk dari mic ke mixer langsung di olah sama plugin kemudian baru di rekam. Simple nya gini plugin ini memaksa supaya yang salah jadi benar.. gitu...

Tutorial penggunaan plugin ini silahkan cari di youtube

Proses cara live rekaman vokal menggunakan Auto tune Evo plugin di Fl studio :


1. Langkah rekaman di Fl studio baca di sini : Merekam di Fl studio

2. Tambahkan plugin Auto tune evo ke mixer yang berisi edison yang sudah di install sebelumnya

3. Atur nada di kolom Key ( pilih sesuai target nada ) di bagian retune speed sebelah atur ke 20 atau lebih tergantung kebutuhan. Usahakan biarkan dulu di nilai 20. Untuk create vibrato biarkan saja normal, kecuali nantinya jika ingin di otak atik lagi hasil rekamannya.

4. Langsung saja ke edison lakukan proses rekaman seperti biasa. Hasilnya langsung drag saja ke dalam playlist Fl studio.

5. Untuk yang memakai Fl studio versi 20.1 rekaman bisa langsung lewat playlist - Caranya klik kanan saja di playlist pilih insert - audio. Tapi tetap letakkan autotune di mixer


merekam suara edison plus auto tune

Gimana cara dapat plugin auto tune evo ?


Bagi Ente yang ingin beli bisa ke bukalapak, banyak yang jual murah baik versi asli atau pun bajakan. Ketik aja di kolom pencarian bukalapak atau tokopedia pasti banyak yang jual.

Kalau mau cari yang gratisan silahkan lewat google kata kunci "download auto tune evo vst ", mayan banyak kok yang share. Moga beruntung dapat versi full nya.


Download autotune disini   paswd: 3remix.com


Apa bisa di gunakan di software daw lainnya selain Fl studio ?

Bisa banget.. Karena ini vst plugin bukan kategori software, jadi support ke software Daw apa saja. Misalnya ke Abelton live, Pro tool, Studio one, Cubase.

Kesimpulan :

Cara rekaman vokal agar tidak Fals hasilnya dengan autotune plugin ini sebaiknya dilakukan jika memang suara vocalisnya atau Ente sendiri benar - benar suka lepas pitch nya. Kalau vocalis nya sudah profesional Ane pikir tidak perlu banget. Cukup pas mixing vocal nya aja di kasih effect auto tune ini. Sambil otak atik di bagian create vibra.

Atau bisa juga di edit menggunakan Melodyne secara manual jika ingin perbaiki vokal yang fals.

Ini Ane bagi pengalaman saja sebab pernah take vokal suara orangnya kabur terus pitch nya alias tidak sesuai nada. Fals habis.... Seharusnya ke nada E jadi ke F#.. Parahnya lagi harus pake suara dia lagunya. Mau tidak mau di akalin pake auto tune plugin ini pas take vokalnya ( langsung taruh effect ini di mixer ).. Dan hasilnya bagus meskipun tidak sempurna. Selamat mencoba

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.45

2 comments:

  1. Keren abis, share lagi ya tips-tips hebatnya, soalnya ane masih pemula banget. Tq bozz

    BalasHapus
  2. bang gimana cara download pluginnya

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.