Home » , , » Cara set suara club basic kick jadi bulat dan tebal, bawaan Fl studio

Cara set suara club basic kick jadi bulat dan tebal, bawaan Fl studio

 Ok lanjut lagi ya bro.. Kemarin Ane share tentang cara bikin lagu Edm di Fl studio 20 secara detail. Nah sekarang lanjut tentang cara set / atur suara drum kit kick club basic template yang ada didalam FL studio. Karena ada beberapa teman yang menanyakan hal ini. Ente pasti sudah hafal ya pas pertama kali buka Fl template  club basic pasti ada 4 samples. Yaitu kick, snare, clab, hi hat. Tahu nggak sih kalau suara nya masing - masing channel bisa di bikin bagus ?

Tutorial hanya bagi yang ingin pakai samples bawaan Fl studio. 


Cara set suara club basic kick bulat dan tebal, bawaan Fl studio


Terutama suara kick nya. Karena aslinya terdengar kurang enak, terlalu mbleber suara nya.. hehee. kurang bulat jadi terdengar tidak enak dan kurang pas jika dipakai buat drum kit elemen lagu. Bagaimana cara nya agar suara nya jadi enak dan bulat ? Ini yang akan ane share di sini, jadi silahkan tonton aja videonya.


Cara set suara club basic kick bulat dan tebal, bawaan Fl studio


Lihat video ini :





Di dalam video yang Ane set hanya channel kick saja ya. Karena memang target suara kick saja yang di set agar jadi bulat dan terdengar galak. Nah untuk channel lainnya caranya sama saja. Misalnya suara clap atau snare.. Silahkan otak atik di bagian " star samples ", atau Star offset. Jika sudah dapat yang pas selanjutnya tinggal di mixing lewat mixer.

lalu bagian " out "

Tombol lainnya pada tiap channel properties bisa di atur lagi sesuai kebutuhan. Kalau Ane sendiri khusus untuk atur suara kick biar bulat hanya pada bagian "start samples"

Karena Ane sering bikin lagu progressive house dan Trance butuh suara kick yang low dan mid nya tepat. 


Kalian bikin lagu apa ?


Pengaturan itu berfungsi untuk mengatur pada titik start play poin manakah samples akan dibunyikan. Bagian depan atau mundur.. Ini tinggal kita atur bagaimana enaknya saja. Jangan terlalu kedalam nanti mid nya nggak dapat / ilang.

Gunakan pendengaran untuk dapat yang lebih pas sesuai keinginan Ente. Kira - kira mau terdengar seperti apa kicknya. hard atau soft dan yang penting bulat suaranya..


Apakah semua loop samples harus di set ?

Tergantung sih.. Kalau sudah terdengar enak Ane pikir nggak perlu. Kecuali mau experimen silahkan saja. Jika mau gunakan apa adanya, channel kick cukup di Eq saja biar lebih enak.


Oh ya ada bonus samples nih.. Buat Edm yaitu drum loop, fill, dan lainnya. Klik link di bawah mediafire




Silahkan gunakan seperlunya untuk membuat lagu atau remix. Mau samples buat edm dan lainnya yang keren - keren klik di sini


Jangan lupa channel kick nya nanti harus di eq lagi lagi lewat mixer seperti didalam video. patokan eq kick pada suara low dan mid. Kick tidak terlalu butuh high frekuensi. 


Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.14

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.